Pengertian Pertumbuhan Ekonomi dan Teorinya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 12 Juni 2020 11:31
Pengertian Pertumbuhan Ekonomi dan Teorinya Menurut Para Ahli
Pengertian pertumbuhan ekonomi adalah keadaan ekonomi suatu negara yang menuju keadaan lebih baik dari periode sebelumnya.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi banyak ditemukan di berbagai teori yang dibuat dengan indikatornya. Secara sederhana kedua kata ini disusun untuk menunjukkan peningkatan perekonomian dalam skala besar.

Sebab, suatu perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan, kalau jumlah produksi barang dan jasanya meningkat.

Oleh karena itu, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah kegiatan ekonomi masyarakat yang menyebabkan kenaikan produksi barang atau jasa pada pendapatan nasional.

1 dari 5 halaman

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi © Diadona

Pada dasarnya, pengertian pertumbuhan ekonomi menjelaskan tentang kemajuan ekonomi di suatu negara. Sedangkan menurut para ahli mengartikannya berbeda-beda, adapaun diantaranya:

1. Prof. Simon Kuznet

Pengertian pertumbuhan ekonomi adalah adanya kenaikan ekonomi pada suatu negara dalam waktu jarak panjang.

2. M. P. Todaro

Sedangkan menuru M. P. Todaro, pengertian pertumbuhan ekonomi ialah proses terbangunnya perekonomian yang semakin meningkat dari barang ataupun produk dalam suatu negara.

3. Budiono

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Budiono ialah suatu proses pertumbuhan output perkapita jangka panjang yang sumbernya dari proses intern perekonomian itu sendiri.

4. Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno, pengertian pertumbuhan ekonomi merupakan perubahan tingkat kegiatan ekonomi dari tahun ke tahun.

2 dari 5 halaman

Pengertian Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi © Diadona

Umumnya, pembangunan ekonomi diartikan sebagi usaha yang dilakukan secara terencana dalam upaya meningkatkan pendapatan per kapita dari penduduk di suatu negara.

Menurut Prof. Meier, pembangunan ekonomi merupakan proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam suatu jangka waktu yang panjang.

Sedangkan pengertian pertumbuhan ekonomi adalah sebuah upaya dalam meningkatkan jumlah produksi barang atau jasa pada sebuah negara.

Lalu, apa yang membedakan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi? Perbedaannya dari pertumbuhan ekonomi keberhasilannnya lebih bersifat kuantitatif.

Selain itu perbedaan dari pembangunan dan pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu yang sering dipertimbangkan untuk menghindari pada problem makro ekonomi.

3 dari 5 halaman

Pengertian Laju Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi © Diadona

Pengertian laju pertumbuhan ekonomi adalah ukuran pertumbuhan ekonomi dari satu periode ke periode lainnya dengan menggunakan persentase.

Dalam praktiknya, ini merupakan pengukuran tingkat perubahan yang dialami Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara di tiap tahunnya.

Namun, Produk Nasional Bruto (GNP) juga bisa digunakan kalau ekonomi suatu negara sangat bergantung pada pendapatan asing.  Tingkat perekonomian inilah umunya diperiksa setiap triwulan.

Tetapi tingkat pertumbuhan ekonomi bisa diamati dalam rentang waktu yang lebih besar, seperti tahun ke tahun (YoY), atau dekade ke dekade. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi memberikan wawasan tentang besarnya ekonomi secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

Pengertian dan Teori Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi © Diadona

Teori pertumbuhan adalah acuan dalam memahami makna dan tujuan dari pertumbuhan ekonomi negara. Sehingga banyak teori yang dikemukakan oleh para ahli perihal ini.

Teori pertama dijelaskan oleh Adam Smith, ahli ekonomi yang menyatakan dalam bukunya bahwa laju pertumbuhan ekonomi suatu negara dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu:

- Jumlah stok barang-barang modal yang akan diperjual belikan
- Luas tanah
- Kekayaan alam
- Tingkat teknologi yang digunakan

5 dari 5 halaman

Teori kedua datang dari pakar ekonomi David Ricardo, bahwa laju pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk.

Sedangkan menurut Joseph Schumpeter, bahwa peran pengusaha dalam negara lah yang bisa mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi.

Singkatnya, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah keadaan ekonomi suatu negara selama periode tertentu yang diihat berdasarkan beberapa indikator.

Beri Komentar