4 Opsi Prioritas yang Bisa Kamu Ambil Sebelum Putuskan untuk Berutang

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 30 Mei 2020 16:40
4 Opsi Prioritas yang Bisa Kamu Ambil Sebelum Putuskan untuk Berutang
Sebelum berutang, ada empat opsi yang bisa Moms pertimbangkan lebih dulu. Apa saja kah itu?

Berutang adalah salah satu langkah darurat yang biasa dilakukan saat ada kebutuhan yang mendesak namun kondisi finansial kurang memadai.

Dalam keluarga, berutang bisa jadi hal yang sangat lumrah dilakukan. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Moms pertimbangkan sebelum berhutang, misal tentang seberapa mendesak kebutuhan tersebut dan seberapa mampu membayarnya ke depan.

Berutang bisa dikatakan sebagai pilihan terakhir. Oleh sebab itu, sebenarnya ada beberapa opsi yang bisa diprioritaskan untuk dilakukan sebelum memutuskan untuk berutang. Apa saja kah itu?

Yuk disimak, Moms!

1 dari 5 halaman

Ambil tabungan

Setiap rumah tangga pasti memiliki uang yang disisihkan setiap bulannya di luar kepentingan untuk kebutuhan pokok. Tabungan tersebut bisa dimanfaatkan terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk berutang. Pastikan tabunganmu termanfaatkan dengan maksimal.

2 dari 5 halaman

Jual aset

Saat tidak memiliki uang sama sekali, sebenarnya kita tidak benar-benar dalam kondisi kekayaan yang nol. Berbagai barang yang kita miliki seperti rumah, kendaraan bermotor, atau perhiasan bisa tergolong sebagai aset yang bisa dijual di saat membutuhkan dana cepat. Tas dan sepatu branded juga termasuk lho, Moms.

3 dari 5 halaman

Cairkan investasi

Kalau ternyata tabungan dan aset yang Moms miliki masih belum bisa memenuhi kebutuhan, masih ada opsi untuk mencairkan investasi jangka pendek yang dimiliki seperti emas, saham, atau asuransi.

4 dari 5 halaman

Gunakan dana darurat

Jika tiga pilihan di atas juga tidak bisa juga memenuhi kebutuhan, Moms bisa menggunakan dana darurat. Berbeda dengan tabungan, dana darurat adalah uang yang disimpan sebagai jaring pengaman di saat-saat genting. Dana darurat dapat berupa deposito berjangka atau tabungan yang dipisahkan dari rekening utama.

5 dari 5 halaman

Berutang bukanlah hal yang buruk, terlebih kalau dilakukan untuk alasan yang produktif. Meski begitu, jika ada cara yang lebih baik, kenapa tidak?

Sekarang menjadi PR untuk Moms sekeluarga yang belum sampai dalam kondisi harus berhutang, yakni menyiapkan kondisi keuangan agar setidaknya bisa menggunakan salah satu dari keempat cara di atas.

Semoga membantu, Moms!

Beri Komentar