6 Sumber Pengeluaran yang Sering Nggak Disadari Bikin Budget Membengkak

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 27 Mei 2020 10:40
6 Sumber Pengeluaran yang Sering Nggak Disadari Bikin Budget Membengkak
Sedikit-sedikit lama-lama dompet menjerit.

Mencatat pengeluaran wajib dilakukan untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih rapi. Meski sudah dicatat, kadang masih ada saja pengeluaran nggak terduga yang luput dari pencatatan. Parahnya, pengeluaran tersebut berjumlah besar dan cukup menguras budget.

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada enam sumber pengeluaran yang sering nggak kita sadari. Apa aja sih? Berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

Delivery makanan

Saat ini, melakukan pemesanan makanan sudah menjadi hal yang sangat mudah. Layanan pesan antar dengan berbagai cara pembayaran semakin memudahkan akses kita untuk membeli makanan.

Oleh karena kemudahan tersebut, biaya yang keluar untuk membeli makanan lewat layanan pesan antar ini sering tidak terkontrol.

2 dari 7 halaman

Kopi dan boba

Kopi dan boba kini sudah lebih dari sekedar minuman. Keduanya sudah masuk menjadi bagian dari gaya hidup. Menjamurnya kedai kopi dan booth boba di berbagai sudut adalah buktinya.

Pengeluaran untuk kopi dan boba memang nggak besar, tapi intensitasnya lah yang membuatnya tanpa sadar cukup menyedot isi dompet.

3 dari 7 halaman

Biaya administrasi

Uang yang kita simpan di dalam rekening terkena potongan biaya adminsitrasi tambahan setiap bulannya. Potongan ini seringkali luput dari perhitungan pengeluaran. Belum lagi kalau kamu cukup sering melakukan transaksi antar rekening bank atau e-wallet.

4 dari 7 halaman

Kebutuhan rumah tangga

Kebutuhan rumah tangga meliputi bahan pangan, produk kamar mandi, sampai kebutuhan kebersihan. Berbagai kebutuhan ini sering luput dari perhitungan dan juga bisa tiba-tiba membengkak.

5 dari 7 halaman

Membership yang jarang dipakai

Pernahkah kamu mendaftarkan diri untuk menjadi anggota di suatu tempat (misalnya gym), membayar sejumlah uang untuk sejumlah layanan, namun justru nggak kamu manfaatkan?

Sebenarnya tidak masalah mendaftarakan dan membayar untuk menjadi anggota gym selama memang kamu manfaatkan dan ada anggaran yang cukup. Namun beberapa orang mendaftarkan diri hanya karena ikut-ikutan yang berujung nggak benar-benar dijalankan. Pada akhirnya uang pendaftaran hanya terbuang sia-sia.

6 dari 7 halaman

Langganan layanan online

Apa aja layanan online yang kamu ikuti sekarang? Streaming platform? Game? Perpustakaan online?

Semakin banyak pilihan penyedia layanan online membuat kita tanpa sadar banyak mengeluarkan biaya dalam hal tersebut. Sama halnya menjadi membership gym, beberapa layanan online juga nggak kita manfaatkan dengan maksimal setelah berlangganan.

Lakukan penyortiran layanan mana yang memang paling sering kamu gunakan untuk merampingkan pengeluaran dalam hal ini.

Beri Komentar