Cara Atur Gaji yang Cair Lebih Cepat, Biar Berkah Nggak Jadi Awal dari Musibah

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 20 Mei 2020 09:40
Cara Atur Gaji yang Cair Lebih Cepat, Biar Berkah Nggak Jadi Awal dari Musibah
Gaji cair lebih cepat bisa bermanfaat asal pinter ngaturnya kok, Mom!

Saat ini, banyak perusahaan yang memajukan pencairan gaji pegawai menjadi beberapa hari lebih cepat. Ada beberapa alasan, tanggal gajian berbenturan dengan hari besar atau ada kondisi darurat lainnya.

Di satu sisi, gaji yang datang lebih cepat bisa menjadi berkah apabila kita pandai mengaturnya. Namun di sisi lain akan menjadi musibah kalau kita nggak benar-benar cermat. Apalagi buat Mom yang harus tetap menjaga pengeluaran bulanan di saat ada pengeluaran tambahan untuk belanja barang atau makanan menyambut Lebaran.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk memperlakukan gaji yang cair lebih cepat? Intip tipsnya yuk Mom!

1 dari 4 halaman

Pisahkan dari gaji bulan lalu

Gaji yang datang lebih cepat akan menimbulkan ilusi seolah-olah uang di rekening menjadi lebih banyak dari biasanya. Padahal itu terjadi karena adanya penumpukan dengan gaji di bulan sebelumnya yang belum banyak terpakai.

Jangan lepas kontrol, Mom! Sebaiknya langsung pisahkan gaji bulan sebelumnya dengan gaji yang baru didapat untuk menghindari pemakaian tanpa sadar.

2 dari 4 halaman

Bayar utang, cicilan, dan tagihan

Setelah dipisahkan, yang pertama harus dilakukan adalah langsung mengalokasikan gaji yang baru didapat untuk pembayaran utang, cicilan, dan tagihan di periode selanjutnya. Utamakan utang dan cicilan yang bisa segera dibayar, misal cicilan rumah atau kendaran.

Sementara itu pastikan juga alokasi untuk tagihan rutin seperti biaya sekolah anak, listrik, air, internet, dan lain sebagainya sudah aman. Biaya sewa tempat tinggal untuk keluarga yang masih mengontrak juga masuk di sini ya Mom.

3 dari 4 halaman

Amankan biaya hidup sehari-hari

Biaya kehidupan sehari-hari di sini meliputi biaya belanja bahan pangan, transportasi, dan biaya tak terduga lainnya. Pastikan alokasi dana untuk kebutuhan tersebut sudah tersedia dari gaji yang baru didapat, Mom.

4 dari 4 halaman

Gimana Mom, mulai punya bayangan gimana mengatur gaji yang cair lebih cepat?

Semoga tips di atas bisa membantu agar jalannya bulan ke depan bisa tetap lancar tanpa harus dipusingkan urusan finansial.

Keuangan aman, Lebaran bersama keluarga pun jadi lebih tenang.

Beri Komentar