5 Hal Terkait Keuangan yang Perlu Dibahas Bareng Calon Mertua, Biar Nggak Salah Paham!

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 19 Mei 2020 07:40
5 Hal Terkait Keuangan yang Perlu Dibahas Bareng Calon Mertua, Biar Nggak Salah Paham!
Hal-hal yang lebih baik disampaikan daripada menimbulkan kesalah pahaman.

Menjalin hubungan menuju ke jenjang yang lebih serius dalam pernikahan artinya kita nggak hanya melibatkan dua orang dalam hubungan tersebut, melainkan keluarga dari pasangan juga.

Banyak hal yang perlu dibahas sebelum kamu menuju ke jenjang tersebut. Salah satu yang paling krusial adalah perkara keuangan. Nggak sedikit intrik terjadi antara mertua dan menantu karena hal ini.

Untuk menghindari kesalah pahaman, hal-hal terkait keuangan apa saja sih yang harus kita bahas bersama calon mertua?

1 dari 5 halaman

1. Jumlah dan sumber penghasilan

Kendati topik tentang penghasilan adalah hal yang sensitif, namun saat memutuskan akan menikah kamu seharusnya sudah memberitahukan perkaran hal ini kepada calon mertua.

Selain besaran pendapatan, sumber penghasilan juga menjadi hal yang perlu kamu sampaikan agar calon mertua tau sumber penghidupan rumah tangga anaknya kelak datang dari mana. Ceritakan kalau kamu adalah seorang pegawai atau pengusaha karena itu akan cukup menjelaskan.

2 dari 5 halaman

2. Perencanaan masa depan

Setiap pasangan pasti punya gambaran akan apa yang dilakukan di masa depan dalam rumah tangganya. Entah berupa rencana jangka pendek ataupun jangka panjang.

Calon mertua biasanya akan menanyakan tentang hal ini, tentang bagaimana kalian akan mempunyai tempat tinggal, kendaraan, serta pendidikan anak di masa depan.

3 dari 5 halaman

3. Tabungan

Semua perencanaan harus dibarengi dengan usaha. Menabung adalah salah satu usaha untuk mewujudkan rencana yang dimiliki.

Dalam rumah tangga, biasanya tabungan dibagi ke dalam beberapa pos seperti tabungan rumah, tabungan kendaraan, pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Menjelaskan tentang tabungan bertujuan untuk memberikan pengertian pada calon mertua bahwa semua rencana yang kamu miliki sudah ada gambaran cara mencapainya.

4 dari 5 halaman

4. Gambaran anggaran keuangan

Anggaran keuangan adalah sesuatu yang harus dimiliki dalam rumah tangga. Fungsinya adalah untuk memperjelas kebutuhan mana yang perlu diprioritaskan.

Meski bersifat privasi, tidak ada salahnya untuk menyampaikan hal ini terhadap calon mertua.

5 dari 5 halaman

5. Uang bulanan untuk mertua

Menjadi kewajiban untuk anak membalas kebaikan orang tua di masa lalu dengan memberikan sebagian dari penghasilan. Terlebih kita yang hidup dengan budaya timur yang mengedepankan balas budi.

Jelaskan pada calon mertua tentang jumlah yang akan kamu berikan setiap bulannya, tentu dengan penjelasan apa saja kebutuhanmu sebelumnya. Tujuannya adalah menghindari ketersinggungan dari calon mertua saat kita memberikan uang bulanan.

Beri Komentar