Unik, Rangkaian Pohon Natal Indah dari 50 Kain Batik Pamekasan

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 27 Desember 2020 15:31
Unik, Rangkaian Pohon Natal Indah dari 50 Kain Batik Pamekasan
Sebatang pohon natal dari 50 helai kain batik pamekasan, Kamis (3/12/2020) dipamerkan untuk melengkapi perayaan Natal di Quest Hotel Darmo Surabaya.

Pohon natal setinggi 3,5 meter ini menyambut setiap tamu hotel, karena terletak tepat di lobby hotel, dan dilengkapi dengan ornamen berkilauan.

Dengan motif kupu-kupu dan bunga, kain batik Pamekasan Svarnabhumi menjadi daya tarik tersendiri. Warna merah, hitam, putih, hijau, coklat, kuning dipadu dengan lampu hias membuat Batik Svarnabhumi Pamekasan semakin mewah, elegan dan unik.

1 dari 3 halaman

Embran Nawawi sebagai Desainer

Ilustrasi Pohon Natal Batik © Diadona

Embran Nawawi, seorang desainer sekaligus pengajar yang mengarahkan dan membangun pohon natal batik ini, mengatakan bahwa merupakan suatu kehormatan baginya untuk dipercaya merakit dan membuat pohon natal dengan menggunakan bahan batik Svarnabhumi Pamekasan.

“ Setiap warna memiliki kekhasan tersendiri. Dan warna yang dihadirkan Batik Svarnabhumi Pamekasan ini juga sangat luar biasa. Warna-warna untuk pohon natal ini juga penuh makna. Hijau melambangkan kesuburan dan merah adalah keceriaan. Luar biasa sekali, dan pengalaman ini menyenangkan, ”kata Embran Nawawi, Kamis (3/12/2020).

2 dari 3 halaman

Masukan Unsur Budaya Tradisional

Ilustrasi Pohon Natal Batik © Diadona

Dengan konsep mix and match, Embran mencoba memasukkan unsur budaya tradisional nusantara ke dalam pohon natal yang terbuat dari kain batik. Tentu sangat unik.

Bersama timnya sendiri, dibantu oleh tim Quest Hotel Darmo, Embran mengerjakan pohon natal tersebut tanpa ada kendala berarti. Rangkaian kain batik sepanjang sekitar 100 meter, dengan warna-warna menawan, juga menjadi hiasan Natal yang istimewa.

3 dari 3 halaman

Lestarikan Warisan Budaya

Ilustrasi Pohon Natal Batik © Diadona

“ Selama bulan Desember, pohon natal Batik Svarnabhumi Pamekasan akan menyambut dan ikut memeriahkan Natal di Quest Hotel Darmo Surabaya, ” tutup Embran.

Sementara itu, Melly Aruni, Public Relation Officer Quest Hotel Darmo menambahkan, setiap tahun ada tema yang dipilih untuk menyambut dan merayakan Natal di Quest Hotel Darmo.

“ Tahun ini kami undang Embran Nawawi dan Batik Svarnabhumi Pamekasan berkolaborasi. Dan kami juga ingin melestarikan warisan budaya Nusantara untuk memeriahkan Natal. Dan hadirlah pohon Natal Batik Svarnabhumi Pamekasan, ” kata Melly Aruni, Kamis (3/12/2020).

Beri Komentar