7 Elemen Penting yang Perlu Moms Perhatikan Saat Akan Merenovasi Rumah

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 18 Oktober 2020 13:15
7 Elemen Penting yang Perlu Moms Perhatikan Saat Akan Merenovasi Rumah
Enggak asal pasang dan dekorasi, beberapa elemen di bawah ini perlu diperhatikan lebih teliti!

Apakah saat ini Moms sedang berencana untuk merenovasi rumah? Tak asal mendekor, beberapa hal juga perlu dipertimbangkan lho Moms.

Interior merupakan bagian dalam ruang sebagai media untuk menilai atau pembandingan beberapa faktor, seperti keseimbangan, ritme, dan kesatuan. Tak hanay itu, interior juga digunakan sebagai alat untuk meningkatkan nilai estetis pada ruang.

Nah, berikut iini 7 elemen yang perlu Moms perhatikan saat akan melakukan renovasi rumah.

 

1 dari 8 halaman

1. Dinding

Update Suasana Hunian Jadi Baru Lagi dengan 6 Ide Warna Cat Tembok Trendy!Update Suasana Hunian Jadi Baru Lagi dengan 6 Ide Warna Cat Tembok Trendy! © © MEN

Dinding rumah bisa didesain dengan berbagai konsep seperti diolah menjadi masif (solid) dan berongga (void), memainkan tekstur dengan membuat karakter lembut atau kasar, membuat dinding transparan, membuat tinggi-rendah dinding, dan lain sebagainya. Konsep ini perlu diperhatikan lebih jeli lantaran dinding merupakan dasaran penting untuk proses dekorasi serta renovasi pada elemen selanjutnya.

2 dari 8 halaman

2. Lantai

Aplikasi Material Lantai dengan Keramik atau Parket, Mana yang Lebih Baik?Aplikasi Material Lantai dengan Keramik atau Parket, Mana yang Lebih Baik? © © MEN

Lantai dapat digunakan untuk menciptakan suatu tertentu, seperti menciptakan kesan penutup lantai yang bersifat keras dan dingin digunakan bahan keramik. Namun, jika Moms ingin menghadirkan kesan mewah dan sejuk bisa menggunakan marmer. Berbagai efek pada lantai dapat diciptakan, tergantung bahan elemen yang digunakan.

3 dari 8 halaman

3. Langit-langit

Dekorasi PlafonDekorasi Plafon © 2020 https://www.instagram.com/mrkate

Langit-langit dapat dimanfaatkan sebagai mempertegas fungsi, suasana, bahkan harmoni pada ruang. Jika Moms ingin menciptakan kesan mewah dan elegan, bahan gipsum yang diberi warna putih (netral) dengan permainan lampu (lighting) yang sesuai bisa jadi pilihan tepat. Namun, jika ingin menciptakan suasana lembut dan berkesan sejuk, plafon dapat dibuat datar tanpa permainan bentuk, kemudian dipadu dengan lampu down light yang akan memberikan efek nyaman.

4 dari 8 halaman

4. Elemen Furnitur atau Perabot

Bikin Konsep Cerdas Hemat Ruang dengan Furniture Built In, Sesuai Kebutuhan dan Kapasitas Moms!Bikin Konsep Cerdas Hemat Ruang dengan Furniture Built In, Sesuai Kebutuhan dan Kapasitas Moms! © © MEN

Elemen perabot juga perlu diperhatikan Moms. Hal ini mencakup segala jenis perabot yang digunakan dalam desain interior, seperti meja, kursi, lemari, dan sofa. Jenis perabot dapat dipilih berdasarkan kesan yang diinginkan.

5 dari 8 halaman

5. Elemen Estetis

Dekorasi PlafonDekorasi Plafon © 2020 https://www.instagram.com/dominomag

Elemen estetis berfungsi untuk menciptakan keindahan dan aksesoris. Contoh elemen estetis dan aksesori yang dapat ditambahkan pada suatu ruang seperti hiasan dinding, hiasan meja, dan sebagainya.

Upayakan penambahan elemen estetis dan aksesori supaya bisa sinkron dengan ketiga prinsip desain, yaitu fungsi ruang, suasana yang ingin diciptakan, dan harmoni yang akan diangkat dalam ruang tersebut.

6 dari 8 halaman

6. Elemen Warna

Dekorasi PlafonDekorasi Plafon © 2020 https://www.instagram.com/dominomag

Warna menciptakan kesan dan suasana ruang. Misalnya jika ingin menciptakan suasana cerah, gunakan warna biru muda atau putih (netral). Namun, jika Moms ingin suasana dingin dan sejuk gunakan tema warna hijau muda. Sebaliknya jika ingin menciptakan suasana riang dan enerjik, warna-warna terang seperti oranye, beige, maupun merah adalah pilihannya.

7 dari 8 halaman

7. Elemen Pencahayaan

Jasa Desain Interior Beneran Penting?Jasa Desain Interior Beneran Penting? © shutterstock

Pencahayaan bisa memperkuat dan membentuk suasana juga Moms. Untuk suasana terang dan akrab terhadap lingkungan luar dapat menggunakan dinding transparan berupa kaca. Namun, jika ingin menciptakan suasana hangat, dapat memperkecil bukaan ruang seperti jendela atau sejenisnya. Tambahkan lampu sesuai keperluan, sehingga cahaya dari luar dapat dikendalikan dan dipadu dengan cahaya buatan dari lampu.

Beri Komentar