5 Cara Menghilangkan Karat pada Besi di Permukaan Peralatan dan Motor

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 25 September 2020 20:51
5 Cara Menghilangkan Karat pada Besi di Permukaan Peralatan dan Motor
Cara menghilangkan karat pada besi bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan yang kamu miliki di dapur

Bisa dibilang, karat adalah musuh terbesar barang-barang dari logam. Nggak cuman membuat penampakan barang tersebut jadi nggak lagi indah, tapi juga membahayakan kesehatan. Apakah itu berarti barang tersebut kudu dibuang? Nggak dong, ada beragam cara menghilangkan karat pada besi pada besi dengan bahan-bahan rumahan yang kamu bisa lakukan sendiri.

Senyawa karat terbentuk ketika oksigen bereaksi dengan besi karena adanya air atau uap air. Penggunaan peralatan berkarat seperti untuk makan, peralatan dapur dan yang lainnya bisa berbahaya untuk kesehatan. Karat juga dikaitkan dengan infeksi tetanus, infeksi fatal yang memengaruhi sistem saraf.

eh tapi perlu diingat kalau tetanus disebabkan oleh infeksi bakteri, yang paling sering ditemukan pada kotoran hewan dan tanah, tetapi bukan karat itu sendiri.

1 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Karat pada Besi di Peralatan

Cara Menghilangkan Karat pada Besi © Diadona

Saat air bisa mengenai permukaan logam dan berada di sana selama beberapa hari, hasilnya adalah proses oksidasi yang membuat permukaan logam itu jadi berkarat. Ini pasti terjadi pada salah satu alat di rumahmu, ya kan?

Tapi tenang aja, ada beragam metode dan cara menghilangkan karat pada besi yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Apa aja nih?

Soda Kue

Cara menghilangkan karat pada besi dengan soda kue yakni pertama, bersihkan logam dengan air trus keringkan. Lalu taburkan soda kue, pastikan menutup semua area yang berkarat. Diamkan selama kurang lebih satu jam, trus gosok dengan sabut baja atau sikat loga untuk merontokkan karat-karat tersebut.

Soda kue sebagai cara menghilangkan karat pada besi ini paling baik diaplikasikan pada karat yang nggak terlalu parah. Misalnya loyang kue, cincin yang berkarat tipis dan yang lainnya. Metodenya juga murah, kamu bisa mendapatkan soda kue di mana aja, kan?

Sayangnya, kamu harus mendaimkannya selama satu jam. Udah gitu kunci dari cara menghilangkan karat pada besi ini ada pada penggosokan, jadi siap-siap pegel deh.

Rendam Cuka

Merendam barang-barang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada besi lho. Permukaan yang berkarat harus terendam seluruhnya trus diamkan semalaman. Nggak mau kehilangan cuka terlalu banyak? Gini caranya, kamu bisa menggunakan kain yang udah basah karena cuka trus lilitkan ke benda tersebut. Trus diamkan selama kurang lebih semalaman.

Metode ini bisa kamu lakukan pada perkasan atau barang yang semuanya terbuat dari baja dan bisa terendam tanpa mengurangi integritasnya. Gampang banget kan, karena kamu tinggal rendam-rendam aja trus baru dibersihkan keesokan paginya.

Kentang dan Sabun Cuci Piring

Kedengaran aneh ya, kok bisa sih kentang jadi cara menghilangkan karat pada besi? Bisa dong. Pertama, potong kentang menjadi dua dan tutup ujung yang terbuka dengan sabun cuci piring. Artinya, kentang ini bakalan menggantikan fungsi kain gosong. Perhatiin deh, karat tersebut bakalan memudar saat bereaksi dengan sabun dan kentang.

Cara menghilangkan karat pada besi dengan kentang dan sabun cuci piring cocok digunakan untuk noda karat kecil yang nggak terlalu membandel di permukaan yang mudah dijangkau.

Asam Sitrat

Penggunannya sebagai cara menghilangkan karat pada besi bisa kamu dapatkan dengan mencampur air pans dan 1-3 sendok makan asam sitrat ke dalam mangkuk, trus rendam barang-barang yang berkarat selama semalaman. Trus bilas dengan air, gosok noda yang tertinggal, bilas dan keringkan.

Cara menghilangkan karat pada besi dengan asam sitrat ini bisa dibilang juara banegt sih, meski bahan ini nggak selalu tersedia di rumah dan kamu harus membelinya di toko bahan kimia.

Lemon dan Garam

Pertama, lapisi area yang berkarat dengan garam trus potong lemon menjadi dua. Nah, peras air lemon tersebut di atas garam. Biarkan campuran ini mereseap, trus gosok karatnya dengan kulit lemon tersebut.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Karat pada Besi di Tanki Bahan Bakar

Karat juga sangat mungkin timbul di bagian dalam tangki bahan bakar. Coba deh perhatikan permukaan tangkin bensin kamu, ada karathya nggak?

Karat ini bisa menimbulkan risiko langsung berupa kerusakan mesin motor bila terjadi dalam waktu yang lama. Puing-puing karat juga bisa mengelupas trus menyumbat filter bahan bakar.

Cara menghilangkan karat pada besi tangki bahan bakar bisa kamu lakukan dengan mengganti tangki dengan tangki bensin motor OEM atau bisa juga dengan menggunakan jasa profesional.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Chrome

Cara Menghilangkan Karat pada Besi © Diadona

Chrome adalah lapisan komponen motor yang ngasih efek modern dan futuristik pada motor. Komponen ini rentan banget berkarat. Kalau udah begini, tentu aja penampilannya udah modern lagi ya kan?

Cara menghilangkan karat pada chrome sepeda, antara lain:

Cuci bagian yang berkarat dengan menggunakan sabun.

Gosok bagian tersebur dengan kertas aluminium dan seidkit air. Beberapa orang sih percaya kalau Cola bisa digunkan sebagai cara menghilangkan karat pada besi pada besi pada besi, padahal sebenarnya kertas aluminium foil lah yang melakukan tugas tersebut.

Aluminium yang digosokkan pada permukaan berkarat akan menciptakan sedikit panas yang pada akhirnya bakal menghasilkan reaksi kimia dengan aluminum. Nah, hasil dari reaks inilah yang akan memecah karat.

Terus gosok dengan lembut jangan sampai menggores permukaan chrome. Sebenarnya prinsip dari cara menghilangkan karat pada besi ini adalah pada reaksi kimia yang ditimbulkan, bukan karena gesekan antara kertas dnegan permukaan chrome tersebut. Maka penggosokan dilakukan dengan lembut dan jangan sampai menggores permukaan chrome.

Bilas, trus bersihkan dan ulangi tahapnya di bagian yang membandel.

Kalau udah selesai, kamu bisa menggunakan cat krom untuk membaut permukaannya jadi kinclong dan melindunginya dari karat lebih lanjut. Ingat ya kalau lapisan chrome ini tipis banget jadi ketika kamu menggunakan pemoles yang agresif, ini bakalan merusak lapisan tersebut.

Cara menghilangkan karat yang udah Diadona share tersebut bisa kamu coba dengan hati-hati ya, jangan sampai terluka atau malah merusak permukaan benda tersebut.

Beri Komentar