3 Tips dan Trik Memasang Gorden yang Benar Sesuai dengan Jenisnya, Wajib Tahu Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 3 Desember 2020 13:00
3 Tips dan Trik Memasang Gorden yang Benar Sesuai dengan Jenisnya, Wajib Tahu Moms!
Gak bisa asal pasang, berikut adalah tips dan trik memasang gorden sesuai dengan jenisnya Moms.

Gorden atau tirai rumah adalah salah satu elemen dekorasi yang sebaiknya ada di dalam setiap hunian. Bukan hanya difungsikan sebagai pelindung rumah dari terpaan sinar matahari yang menyilaukan serta menghalau pandangan orang yang berads di luar rumah, namun gorden juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu elemen dekorasi untuk mempercantik hunian.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, terdapat banyak sekali jenis dan model gorden rumah yang dijual di pasaran. Kendati demikian, tak semua gorden yang ada itu akan selalu cocok dengan konsep rumah yang Moms miliki.

Tak hanya itu, setiap tipe dan model gorden akan memiliki cara yang berbeda dalam pemasangannya. Melansir dari 99.co pada Kamis (3/12/2020), berikut ini adalah tips dan trik cara memasang gorden yang sesuai dengan janisnya.

1 dari 4 halaman

Memasang Gorden Biasa

Gorden © Diadona

Gorden biasa adalah jenis yang sering ditemukan di pasaran. Ukmumnya, gorden ini adalah berupa selembar kain yang dijahit pada bagian tepinya atau kain berlapis yang dijahit.

Tak hanya itu saja, tekstur pada tepi kain biasanya lebih tebal daripada dengan kain lainnya, Bukan tanpa sebab, hal itu sengaja dilakukan agar dapat tetap kokoh ketika digantungkan pada rel gorden.

Hal pertama yang harus Moms lakukan untuk memasang gorden biasa ini adalah dengan mengukur kerangka bagian atas jendela lalu tandai kedua ujung jendela untuk memasang penyangga rel. Pasangkan juga penyangga rel di titik yang telah ditandai lalu pasang gorden pada rel.

Perhatikan apakah rel memiliki lubang untuk memasukkan rel atau harus digantung ke rel menggunakan bantuan cincin. Jika menggunakan rel, masukkan rel ke lubang gorden. Sementara itu, jika menggunakan cincin, masukkan cincin gorden ke rel dan pasang kait satu persatu di tempat yang sudah disediakan. Kemudian gantung gorden dengan mengaitkan kait ke cincin di rel.

2 dari 4 halaman

Memasang Gorden Berponi

Terdapat dua tahapan dalam, emmasang gorden model poni ini. Yap, Moms harus memerhatikan saat akan memasang bagian tirai dan poninya. Hal pertama yang harus Moms lakukan adalah memasang penyangga rel khusus yang dapat menampung dua rel atau lebih.

Selanjutnya, pasang gorden seperti yang sudah dijelaskan pada cara memasang tirai biasa. Gantungkan rel pertama di penyangga rel yang bersinggungan dengan jendela.

Siapkan rel kedua untuk poni gorden, masukkan rel ke lubang untuk rel dan gantung poni gorden di penyangga yang paling depan. Rapikan gorden dan poninya agar lipatan dan lekukannya tersebar merata ketika gorden tertutup.

3 dari 4 halaman

Memasang Gorden Kupu-Kupu

Gorden © Diadona

Gorden jenis kupu-kupu ini memasng sangat cocok digunakan pada jendela yang tinggi dan sempit. Moms dapat memasang gorden ini pada berbagai ruangan di rumah, seperti di ruang tamu atau kamar tidur.

Untuk memasang gorden kupu-kupu, Moms harus menyiapkan dua pasang penyangga dan rel pada bagian atas dan bawah tirai. Walau terlihat rumit, cara memasang tirai kupu-kupu ternyata terbilang mudah kok.

Pertama pasang dulou penyangga rel pada sisi atas dan bawah jendela secara sejajar atau sesuai dengan panjangnya tirai. Telusurkan satu rel di tepi atas gorden dan pasang penyangga di sisi atas jendela.

Telusurkan rel kedua di tepi bawah gorden dan pasang penyangga di sisi bawah jendela. Kaitkan ujung gorden ke ujung rel agar gorden tidak bergeser-geser dan atur gorden agar lipatannya tersebar rata. Ikat gorden dengan rapat di tengah menggunakan tali hias, pita, atau sabuk gorden.

4 dari 4 halaman

Tips Memilih Gorden di Rumah

Biar ruangan makin pas dengan kehadiran gorden, ada beberapa tips saat memilihnya. Hal pertama adalah dengan mengukur terlebih dahulu jendela agar dapat menemukan ukuran tirai yang sesuai dengan kebutuhan jendela rumah.

Pastikan pula batang tirai memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran jendela. MOms juga disarankan untuk memilih jenis besi batang tirai yang kuat supaya mampu menahan beban kain tirai. Jangan lupa pula untuk menyetrika tirai sebelum dipasang di jendela.

Bagaimana Moms, sudah terbayangkan cara memasang gorden sesuai dengan jenisnya untuk hunian. Semoga membantu ya.

Beri Komentar