Cara Menentukan Ukuran Pintu Kupu Tarung yang Tepat, Bikin Rumah Tampak Luas dan Estetik

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 21 Februari 2024 15:00
Cara Menentukan Ukuran Pintu Kupu Tarung yang Tepat, Bikin Rumah Tampak Luas dan Estetik
Jangan sampai salah ukuran dan desain, bisa-bisa mengganggu estetika rumah secara keseluruhan~

Pintu kupu tarung adalah model pintu dengan dua daun atau panel yang bergerak secara terpisah. Biasanya, jenis pintu yang satu ini dipasang sebagai pintu utama masuk ke gedung atau sebagai pintu interior rumah.

Pintu kupu tarung dan kusennya, bisa dibuat dari beragam bahan. Kamu bisa memilih bahan kayu, metal, uPVC, atau kaca, untuk didesain dalam beragam gaya, sesuai preferensi arsitektur dan dekoratif yang digunakan.

Pintu rumah dengan model 2 daun atau yang lebih dikenal dengan sebutan pintu kupu tarung, memberi kesan elegan dan luas pada rumah itu sendiri. Tipe pintu yang satu ini memungkinkan pemiliknya untuk memasukkan segala jenis perabotan yang besar dengan lebih mudah.

1 dari 6 halaman

Ukuran Pintu Kupu Tarung

Ukuran Pintu Kupu Tarung © Diadona

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), terdapat standardisasi pada ukuran pintu rumah dua daun, yakni mempunyai lebar dan tinggi dengan kisaran (120,150) cm x (200, 210, 240) cm. Meski demikian, bentuk pintu kupu tarung yang disukai masyarakat biasanya memiliki ukuran ideal 120x210cm dengan ukuran masing-masing daun pintu 60 cm.

Selain itu, kusen pintu kupu tarung memiliki ukuran dan level ketebalan yang seragam, yakni sekitar 6 cm pada setiap sisinya. Dalam praktiknya, ada pula versi mungil dari ukuran pintu rumah kupu tarung, yakni ukuran 65x220 cm atau 75x240 cm.

2 dari 6 halaman

Cara Menentukan Ukuran Pintu Kupu Tarung

Ukuran Pintu Kupu Tarung © Diadona

Penentuan ukuran pintu kupu tarung harus benar-benar dilakukan tepat. Sebelum merancang dan mengganti pintu rumah menjadi pintu kupu tarung, berikut ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

1. Lebar Ruangan

Pertimbangkan lebar ruangan di mana pintu kupu tarung akan ditempatkan. Pastikan ukurannya tidak terlalu lebar, supaya tetap ada ruang untuk perabot dan sirkulasi.

2. Tinggi Ruangan

Ukur jarak antara lantai hingga langit-langit. Pintu kupu tarung sebaiknya tidak terlalu tinggi, agar tetap muat di ruangan tersebut. Pastikan juga memberi cukup ruang di atas pintu untuk pemasangan engsel.

3. Fungsi Pintu

Tentukan fungsi dan tujuan pemasangan pintu kupu tarung. Di manakah peletakannya? Pintu utama, pintu ke teras, atau pintu ke halaman belakang? Fungsi pintu berkaitan dengan pemilihan ukuran yang tepat.

4. Kebutuhan Akses

Penting juga untuk mempertimbangkan jenis barang yang akan melewati pintu tersebut. Jika cukup sering membawa perabot besar, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih ukuran yang agak lebar.

3 dari 6 halaman

Ukuran Pintu Kupu Tarung © Diadona

5. Desain Pintu

Pilihlah desain pintu yang sesuai dengan konsep dan gaya rumah secara keseluruhan. Biasanya, desain juga berpengaruh pada ukuran pintu. Pastikan desain dan bentuknya masih cocok dengan estetika rumah secara keseluruhan.

6. Kemudahan Penggunaan

Selanjutnya, pertimbangkan apakah kamu ingin pintu kupu tarung ini bisa terbuka sepenuhnya atau hanya sebagian. Pemilihan ini akan memengaruhi lebar pintu buka.

7. Kualitas Bahan

Untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya pilih pintu kupu tarung yang memiliki bahan kokoh dan tahan lama. Sesuaikan pula dengan kusen, agar kesatuannya tetap kuat dan kokoh.

8. Anggaran Dana

Yang satu ini nggak bisa dilewatkan. Tentukan dulu anggaran untuk pintu kupu tarung. Setiap ukuran dan desain biasanya mematok harga yang berbeda. Untuk itu, jangan lupa sesuaikan dengan anggaran yang kamu siapkan.

4 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Pintu Kupu Tarung

Ukuran Pintu Kupu Tarung © Diadona

Sebelum memutuskan memasang pintu rumah kupu tarung, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan perlu dipertimbangkan. Berikut ulasan singkatnya.

Kelebihan:

  • Hemat Ruang: Pintu Kupu Tarung memungkinkan penggunaan ruang yang lebih efisien, terutama di area yang memiliki keterbatasan ruang untuk pintu yang membuka ke dalam atau ke luar.
  • Estetika: Desain pintu Kupu Tarung sering memberikan tampilan yang modern dan stylish pada rumah.
  • Pencahayaan dan Pemandangan: Dengan pintu yang dapat sepenuhnya dibuka, kamu bisa meningkatkan aliran cahaya alami ke dalam ruangan dan memperluas pemandangan luar rumah.
  • Fleksibilitas: Pintu Kupu Tarung dapat digunakan dalam berbagai situasi, baik untuk pintu masuk utama, pintu teras, atau pembatas antara ruang dalam dan luar ruangan.

5 dari 6 halaman

Ukuran Pintu Kupu Tarung © Diadona

Kekurangan:

  • Perawatan: Pintu jenis kupu tarung cenderung memerlukan perawatan lebih lanjut karena memiliki lebih banyak bagian yang bergerak dan rentan terhadap keausan atau kerusakan.
  • Ketahanan terhadap Cuaca: Pintu Kupu Tarung mungkin tidak sekuat pintu tunggal dalam menahan tekanan angin yang kuat atau cuaca ekstrem, terutama jika terbuat dari bahan yang lebih ringan atau kurang tahan terhadap elemen.
  • Keamanan: Pintu ini cenderung memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah daripada pintu tunggal yang solid, karena sambungannya yang lebih banyak dan sistem pembukanya yang dapat menjadi titik masuk potensial bagi pencuri atau intruder.
  • Isolasi Termal dan Akustik: Pintu Kupu Tarung mungkin tidak memberikan tingkat isolasi termal dan akustik yang sama baiknya seperti pintu tunggal, terutama jika memiliki celah antara lipatan atau sambungannya.

6 dari 6 halaman

Pintu rumah bergaya kupu tarung memang menampilan desain yang estetik dan kesan rumah yang luas. Namun, jangan sampai salah pilih ukuran dan desain, karena akan merusak estetika rumah secara keseluruhan.

Beri Komentar