10 Tips Membersihkan dan Menata Rumah Menyambut Lebaran, Buat Momen Bersama Keluarga Lebih Nyaman dan Estetik

Reporter : Arifina
Kamis, 4 April 2024 16:07
10 Tips Membersihkan dan Menata Rumah Menyambut Lebaran, Buat Momen Bersama Keluarga Lebih Nyaman dan Estetik
Rumah bersih dengan mudah dan buat acara Lebaran makin nyaman deh!

Tips membersihkan dan menata rumah menyambut Lebaran kiranya bisa diperhatikan dengan baik. Sebab, jika asal, kamu justru akan merasa kelelahan dan menjadikan moment bersih-bersih rumah kurang nyaman.

Kegiatan bersih-bersih dan menata rumah mulai dari mengepel lantai, hingga membersihkan keseluruhan ruangan memang cukup melelahkan. Namun, penampilan rumah yang indah dan segar sangat dibutuhkan di momen Hari Raya Idul Fitri.

Terlebih, jika saat Lebaran tiba rumahmu akan menjadi tempat berkumpulnya keluarga besar. Untuk itu, membersihkan rumah secara menyeluruh menjelang Lebaran harus dilakukan dengan tepat agar tak makan waktu dan membuat tubuh terlalu lelah, namun hasilnya tetap cantik sempurna.

Berikut ini tips membersihkan dan menata rumah menyambut Lebaran dilansir dari berbagai sumber!

 

1 dari 10 halaman

Buatlah Jadwal

Ilustrasi Pasangan Membersihkan Rumah © Diadona

Sebelum memulai membersihkan rumah, alangkah baiknya untuk membuat jadwal yang bisa dilakukan dengan seluruh anggota keluarga. Membersihkan rumah saat puasa jika dilakukan sendiri akan sangat melelahkan, karena itu kamu bisa membagi pekerjaan itu kepada anggota keluarga secara merata.

Tetapkan hari senggang untuk bisa maksimal dalam membersihkan dan menata rumah. Hindari melakukan proses pembersihan di waktu produktif, karena justru fokus akan terbagi dengan kegiatan yang lain.

Dengan membagi tugas maka kamu tidak akan merasa kelelahan. Membersihkan rumah pun akan lebih ringan.

 

2 dari 10 halaman

Buat Daftar Prioritas

Mulailah dengan membuat daftar prioritas pekerjaan pembersihan rumah apa yang perlu kamu lakukan. Hal ini akan membantu untuk tetap fokus pada tugas-tugas yang benar-benar penting dan menghindari kelelahan atau kebingungan.

Buat daftar area ruangan mana saja yang diprioritaskan. Termasuk barang-barang yang perlu dibersihkan.

Cara ini akan membantu kamu memeriksa mana saja yang sudah dan belum dikerjakan menjelang Lebaran.

 

3 dari 10 halaman

Bersihkan Barang yang Tidak Diperlukan

Saat membersihkan rumah, lakukan sekaligus untuk sortir barang-barang di setiap ruangan. Buang atau sumbangkan barang yang tidak terpakai lagi.

Hal ini membantu meringankan proses pembersihan dan membuat ruangan lebih lega. Cara ini dapat mengurangi tumpukan barang yang tidak perlu.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan penataan barang yang perlu saja lebih teratur dan rapi.

 

4 dari 10 halaman

Urutkan Area yang Ingin Dibersihkan

Tips Membersihkan dan Menata Rumah Menyambut Lebaran © Diadona

Jangan membersihkan keseluruhan rumah sekaligus bersamaan. Sebab, selain memakan waktu, hal ini akan membat fokusmu terpecah.

Alangkah baiknya untuk mengatur ruangan mana saja yang harus dibersihkan lebih dahulu. Lalu, bersihkan satu per satu di tiap ruangan.

Misalnya, mulai dari area umum seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Kemudian lanjutkan ke area kamar tidur, kamar mandi, dan area lainnya.

 

5 dari 10 halaman

Bersihkan Area Halaman Rumah

Selain bagian area dalam rumah, kamu juga perlu memperhatikan bagian luar. Halaman rumah adalah hal penting yang harus selalu terlohat bersih.

Maka lakukan pembersihan dengan seksama, mulai dari menyapunya. Kamu juga bisa memotong rumput-rumput liar agar lebih rapi dan merawat tanaman.

Ciptakan suasana halaman rumah yang asri dan nyaman menyambut Lebaran tiba ya!

 

6 dari 10 halaman

Beri Pengharum Ruangan

Dalam membersihkan rumah, hal yang juga penting diperhatikan adalah wewangian. Maka, selalu berikan pegharum ruangan atau kamu bisa menggunakan bunga alami untuk suasana rumah lebih wangi dan segar.

Namun, pilih aroma yang netral dan tidak berlebihan agar tak menjadi pengganggu penciuman ya. Kamu bisa memilih pewangi ruangan atau diffuser yang lebih simple dan praktis digunakan.

 

7 dari 10 halaman

Jangan Lupakan Jendela dan Pintu

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Sudah membersihkan seluruh area ruangan, jangan lupakan jendela dan pintu. Biasanya keduanya ini menajdi sarang debu dan kotoran.

Karenanya sangat penting untuk juga membersihkan jendela dan pintu dengan baik. Sehingga, sirkulasi udara yang masuk rumah juga lebih segar.

Pastikan membersihkan area jendela dan pintu dengan hati-hati ya agar nodanya tidak menempel pada dinding.

 

8 dari 10 halaman

Lakukan Penataan Furnitur dengan Tepat

Membersihkan area ruangan keseluruhan memungkinkan kamu untk fokus pada area yang biasa terlewatkan, seperti furnitur berat, bawah karpet dan sudut-sudut rumah yang rumit.

Maka pindahkanlah sejenak area furnitur dari tempatnya, dan mulai bersihkan perlahan. Dengan begitu kamu akan membuat ruangan lebih bersih dan bebas dari debu, bahkan jamur.

Lalu, lakukan penataan ulang, agar kamu bisa menampilkan tatanan dekorasi ruangan yang lebih estetik, elegan dan rapi.

 

9 dari 10 halaman

Cat Ulang Rumah dengan Warna Cerah

Momen Lebaran biasanya menjadi ajang untuk menjadikan rumah terlihat lebih fresh. Maka, kamu bisa mengganti warna cat dengan lebih cerah.

Pilih warna krem, putih, atau warna pastel lainnya agar kondisi rumah juga terlihat terang. Warna-warna ini bakal memberikan kesan luas dan menjadikan rumah tampak lebih estetik.

Menambahkan beberapa ornamen untuk cat dinding juga cukup menarik untuk menambah keindahan rumah ya!

 

10 dari 10 halaman

Dekorasi Ruangan Bertema Lebaran

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana © Diadona

Untuk menambah semarak Hari Raya Idul Fitri, kamu bisa menambah aneka dekorasi yang menarik. Misalnya, dengan menambah lentera, ketupat hingga hiasan dinding bertema Lebaran.

Pilih tatanan dekorasi yang sesuai dengan tema ruangan di rumah. Dengan begitu, rumah menjadi lebih berwarna dan cantik.

Itulah tips membersihkan dan menta rumah menyambut Lebaran yang bisa kamu praktikkan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu kegiatan bersih-bersih dan menata rumah dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Rumah yang bersih dan nyaman akan membuat momen Lebaran bersama keluarga dan kerabat semakin berkesan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar