Cara Mengatasi Lemari Berjamur, Bersih dan Awet Tahan Lama Hanya dengan Bahan Alami Lho!

Reporter : Arifina
Jumat, 5 April 2024 16:00
Cara Mengatasi Lemari Berjamur, Bersih dan Awet Tahan Lama Hanya dengan Bahan Alami Lho!
Bye jamur, lemari pun selalu bersih.

Cara mengatasi lemari berjamur ternyata tidaklah sulit. Jika lemari bersih maka pakaian atau barang-barang tentunya akan lebih aman, dan tetap terjaga kondisinya.

Kondisi lemari yang gampang berjamur adalah yang terbuat dari kayu. Biasanya, lemari kayu akan cepat memunculkan jamur bila berada di tempat yang lembap.

1 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Lemari Berjamur © Diadona

Ruangan yang dingin dan lembab membuat potensi jamur meningkat lebih tinggi untuk muncul pada lemari kayu. Kondisi tersebut tentu saja membuat tidak nyaman pemiliknya, karena akan dihantui was-was dan khawatir terhadap kondisi bajunya.

Namun, bukan berarti kemunculan jamur pada lemari ini tidak dapat dicegah lho! Dengan mengikuti beberapa tips yang dilansir dari Cleanipedia, kamu bisa melawan munculnya jamur pada lemari. Apa saja? Simak yang berikut!

 

2 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Lemari Berjamur

Jamur yang tumbuh di dalam lemari kayu harus segera bersihkan jamur tersebut. Jika kamu menjumpainya, pastikan untuk segera mengosongkan lemari sebelum membersihkan jamur.

Berikut cara mengatasi lemari berjamur:

Gunakan Alkohol

Alkohol menjadi salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi jamur pada lemari. Alkohol dapat membunuh jamur dan mencegahnya tumbuh kembali.

Caranya mudah, tuangkan alkohol dengan kadar sekitar 70 persen ke selembar kain lap. Selanjutnya, gosokkan kain lap tersebut ke seluruh permukaan lemari, baik yang berjamur maupun yang tidak. Jamur yang masih tersisa setelah dilap akan mati terkena alkohol.

 

3 dari 7 halaman

Larutan Jeruk Nipis dan Garam

Punya jeruk nipis dan garam di rumah? Maka ini bisa menjadi salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi lemari dari jamur.

Cukup campurkan air perasan jeruk nipis dengan garam untuk membuat larutan. Kemudian, gosok permukaan lemari menggunakan sikat pembersih yang dicelupkan ke dalam larutan tersebut.

Jeruk nipis dan jamur ini terbilang cukup efektif digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur di lemari.

4 dari 7 halaman

Gunakan Obat Anti Jamur

Lemari Pakaian © Diadona

Cara lainnya untuk mengatasi lemari berjamur dengan menggunakan obat anti jamur. Obat ini sudah bisa dijumapi di toko-toko online.

Nama obat tersebut adalah biosida, dan dinilai ampuh menghilangkan jamur pada lemari. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada produk untuk tata cara penerapannya ya.

Biasanya, kamu cukup mengoleskan larutan biosida ke seluruh permukaan lemari. Dijamin jamur akan menghilang dan tak datang kembali.

 

5 dari 7 halaman

Tips Mencegah Pertumbuhan Jamur di Lemari

Meski sudah dibersihkan dengan tepat, bukan berarti jamur tidak dapat kembali. Perlu dijaga perawatannya agar jamur tidak datang dan mengganggu.

Berikut beberapa tips untuk mencegah pertumbuhan jamur pada lemari:

Atur Sirkulasi Udara dan Paparan Sinar Matahari

Pertumbuhan jamur biasanya disebabkan oleh tempat yang terlalu lembap. Oleh karena itu, penting untuk menjaga sirkulasi udara segar di dalam ruangan dan pada lemari penyimpanan.

Biasakan juga untuk membuka lemari secara berkala agar bisa terpapar sinar matahari. Sehingga, area dalam lemari bisa bernafas,

6 dari 7 halaman

Gunakan Produk Penyerap Air

Produk ini juga dikenal sebagai dehumidifier. Produk tersebut berfungsi untuk mengurangi kelembaban di suatu tempat dengan menyerap kelebihan air.

Cukup letakkan produk ini di dalam lemari maka jamur akan bisa dihindari untuk datang. Pastikan selalu mengganti dehumidifier secara berkala ya.

Bersihkan Lemari Secara Rutin

Jaga lemari dari munculnya jamur berkaitan dengan perawatannya. Biasakan untuk selalu membersihkan lemari dengan rutin.

Keluarkan semua barang dari lemari, dan periksa apakah terdapat pertumbuhan jamur. Hindari menyimpan makanan di dalam lemari kayu, terutama roti yang rentan terhadap pertumbuhan jamur.

 

7 dari 7 halaman

Pakai Kapur Barus dan Silica Gel

Ilustrasi Lemari Pakaian © Diadona

Guna menjaga kondisi lemari terbebas dari jamur, kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti kapur barus dan silica gel. Kedua bahan ini sangat ampuh untuk mencegah jamur muncul.

Cukup letakkan beberapa kapur barus di ujung-ujung lemari atau siloca gel bersama pakaian. Maka kondisi lemari akan terbebas dari jamur.

Itulah cara mengatasi lemari berjamur yang bisa kamu terapkan di rumah. Dengan beberapa langkah di atas, maka lemari pakaian akan bersih setiap saat dan terbebas dari jamur. Selamat mencoba!

Beri Komentar