7 Tips Menata Bumbu Dapur biar Rapi, Bersih, dan Nggak Bikin Bingung saat Memasak

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 17 Februari 2023 13:45
7 Tips Menata Bumbu Dapur biar Rapi, Bersih, dan Nggak Bikin Bingung saat Memasak
Tips menata bumbu dapur emang sulit ya? Nggak juga sih, di artikel ini mudah kok.

Sudah bukan rahasia lagi, bumbu dapur adalah komponen penting dalam masakan. Tanpa bumbu, masakan akan terasa hambar dan tidak lezat. Sudah barang pasti jika bumbu dapur ini memiliki banyak jenis dan harus ditata dengan baik agar tidak kesuliatn saat membutuhkan.

Tips menata bumbu dapur agaknya tidak begitu rumit dan sulit kok. Misal nih, beri nama dan kelompokkan bumbu dapur sesuai jenis. Tujuannya adalah untuk memudahkan kamu saat memasak nantinya.

Diadona membuat artikel khusus buat kamu tentang tips menata bumbu dapur biar rapi, bersih, dan nggak bikin bingung saat memasak. Seperti apa tipsnya? Yuk tengok bareng-bareng poin-poinnya di bawah ini!

1 dari 4 halaman

1. Buat daftar bumbu yang sering digunakan

Tips Menata Bumbu Dapur © Diadona

Pertama, sebelum memulai menata bumbu, buatlah daftar bumbu yang sering kamu gunakan dalam memasak. Dengan ini, kamu bisa memastikan bahwa bumbu-bumbu tersebut selalu tersedia di dapur dan mudah diakses.

2. Kelompokkan bumbu berdasarkan jenisnya

Yang kedua, kelompokkan bumbu-bumbu dapur berdasarkan jenisnya. Misal nih, kelompokkan semua bumbu masakan Asia ke dalam satu wadah dan kelompokkan semua bumbu masakan Barat ke dalam wadah yang berbeda.

Dengan begitu kamu dapat dengan mudah menemukan bumbu yang dibutuhkan tanpa perlu mencari-cari di seluruh dapur. Ya kali mau masak harus bingung cari bumbu dulu.

2 dari 4 halaman

3. Gunakan wadah yang tepat

Tips Menata Bumbu Dapur © Diadona

Selanjutnya, kamu bisa memilih wadah yang tepat untuk menata bumbu dapur. Wadah yang ideal untuk menata bumbu dapur adalah wadah yang dapat menutup rapat dan kedap udara. Jadi kamu bisa memastikan bahwa bumbu akan tetap segar dan tahan lama.

4. Beri label setiap wadah bumbu

Ini juga cukup penting nih Diazens, setelah menempatkan bumbu-bumbu dalam wadah yang tepat, pastikan untuk memberi label pada setiap wadah bumbu. Dengan memberi label, kamu kan dengan mudah menemukan bumbu yang dibutuhkan tanpa harus membuka satu per satu wadah bumbu.

3 dari 4 halaman

5. Gunakan Toples dan Rak Vertikal

Tips Menata Bumbu Dapur © Diadona

Lanjut ya, untuk membuat dapur terlihat lebih rapi, gunakan toples dan rak vertikal untuk menyimpan bumbu dapur. Nah, toples ini bisa kamu tempatkan di atas meja atau di dalam rak khusus seperti rak vertikal.

Di sinilah gunanya rak vertikal. Rak vertikal sangat cocok untuk menyimpan botol-botol bumbu seperti saus, minyak goreng, atau bumbu masakan lainnya. Gak hanya itu, kamu juga tetap bisa menjaga kebersihan dan kualitas bumbu lebih lama serta membuat dapur terlihat lebih rapi.

6. Letakkan bumbu yang di tempat yang mudah dijangkau

Kemudian yang nggak kalah penting nih, letakkan bumbu yang paling sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Tempatkan saja di atas meja atau rak bumbu yang terletak di dekat kompor. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mengambil bumbu yang dibutuhkan tanpa harus mondar-mandir di dapur.

4 dari 4 halaman

7. Buang bumbu yang sudah kadaluwarsa

Terakhir ya, pastikan untuk membuang bumbu yang sudah kadaluwarsa. Bumbu yang sudah kadaluwarsa dapat membahayakan kesehatan dan juga dapat merusak rasa masakan. Periksa tanggal kadaluwarsa pada setiap bumbu dan pastikan untuk menggantinya jika sudah melewati tanggal tersebut.

Jadi itu ya Diazens beberapa tips menata bumbu dapur agar tetap rapi selalu. Cocok banget deh ini buat kamu yang punya dapur minimalis agar tetap terasa dapur tetap terasa lega. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar