31 Cara Mengusir Semut di Meja Makan yang Efektif dan Cepat pakai Bahan Dapur Sederhana

Reporter : Aditia
Rabu, 8 Februari 2023 08:00
31 Cara Mengusir Semut di Meja Makan yang Efektif dan Cepat pakai Bahan Dapur Sederhana
Usir dengan cara mudah dan bahan sederhana!

Di musim hujan dan serba lembab, semut jadi lebih banyak populasinya. Pernah gak sih Diazens baru meninggalkan makanan sebentar di atas meja, setelah kembali harus merelakan makanan dimakan oleh semut. Menyebalkan bukan? Nah, penting nih untuk tahu cara mengusir semut di meja makan.

Cara mengusir semut di meja makan jadi life hacks yang harus diketahui supaya semut juga tidak makin banyak mengerubungi meja dan memakan semua makanan yang ada. Tahu kah kamu, kalau semut juga bisa membawa penyakit lo. Hal ini karena semut bisa datang dari mana saja, misalnya tempat sampah, kotoran, dan tempat yang menyimpan bakteri dan juga virus lainnya.

Cara mengusir semut di meja makan rupanya juga cukup mudah. Bahkan, bahan-bahan mengusir semut juga bisa dari bahan-bahan dapur.

Nah, berikut ini cara mengusir semut di meja makan dengan langkah yang mudah dan ampuh bikin semut tak kembali.

1 dari 32 halaman

Garam

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Garam © Diadona

Memang ya, bumbu seribu guna ini bisa juga melumpuhkan jenis-jenis serangga seperti semut. Cara mengusir semut di meja makan ini dikenal sejak lama untuk menjauhkan semut dari meja makan.

Gak perlu takut meja jadi reget, nih mimin kasih tahu cara yang efektifnya. Larutkan garam ke dalam air rebusan hingga rata. Masukkan ke dalam botol semprotan yang kamu punya. Lalu, semprotkan ke arah meja tempat semut bergerombol.

Kamu juga bisa menyemprotkan larutan garam ini ke arah di mana semut masuk dalam rumah.

2 dari 32 halaman

Jeruk

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Jeruk © Diadona

Salah satu buah yang bisa dijadikan cara mengusir semut di meja makan adalah jeruk. Diketahui, serangga yang satu ini tidak menyukai aroma dari buah jeruk yang menyengat dan dapat merusak penciuman mereka.

Cara menggunakan buah jeruk untuk mengusir semut ini adalah campurkan air hangat dan kulit jeruk kemudian masukkan ke dalam botol spray, semprotkan ke area meja makan dan makanan yang dirubungi semut.

Kamu juga bisa langsung menaruh kulit jeruk di meja atau dekat makanan yang berpotensi dimakan oleh semut.

3 dari 32 halaman

Lemon

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Lemon © Diadona

Cara mengusir semut di meja makan selanjutnya adalah menggunakan lemon. Sama halnya dengan jeruk, lemon juga tidak disukai semut karena aromanya.

Caranya masih sama, cukup tambahkan perasan air lemon dan air untuk disemprotkan di meja makan.

Rupanya, semut memang sangat membenci bau yang asam dan juga pahit. Nah, kamu juga bisa nih meletakkan irisan lemon di area meja makan atau di atas tutup makanan.

4 dari 32 halaman

Kapur

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Kapur © Diadona

Pasti Diazens sudah tahu ya beberapa produk kapur yang memang digunakan untuk cara mengusir semut di meja makan.

Kapur mengandung kalsium karbonat yang dapat mengusir semut. Kamu juga bisa mencoba cara praktis dengan melarutkan bubuk kapur ke air lalu semprotkan ke arah semut masuk.

5 dari 32 halaman

Arahkan Semut ke Alam Bebas

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Arahkan Semut ke Alam Bebas © Diadona

Bagi kamu yang tak suka membunuh semut, cara mengusir semut di meja makan yang paling aman adalah dengan menggiring kawanan semut kembali ke alam bebas.

Nah, caranya kamu bisa memancing kawanan semut tadi dengan secuil makanan ke arah alam bebas seperti kebun, taman, dan semak.

6 dari 32 halaman

Agen Pembasmi Serangga

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Agen Pembasmi Serangga © Diadona

Tak mau repot mengusir semut langsung, cara mengusir semut di meja makan adalah dengan memanggil langsung agen pembasmi serangga.

Agen pembasmi sendiri pastinya memiliki pembasmi racun yang bisa mengusir semut dengan ampuh dan aman untuk lingkungan.

7 dari 32 halaman

Zat Kimia

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Zat Kimia © Diadona

Cara mengusir semut di meja makan selanjutnya, kamu bisa langsung menggunakan zat kimia langsung yang dapat mengendalikan semut.

Kamu bisa menemukan jenis bahan kimia ini di toko racun terdekat. Gunakan sesuai anjuran dan aturan pada deskripsi produk.

Umumnya zat kimia pembasmi serangga ini mengandung imiprothin dan cypermethrin.

8 dari 32 halaman

Boraks

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Boraks © Diadona

Cara mengusir semut di meja makan yang lain adalah dengan memakai boraks atau asam borat.

Berbahaya untuk makanan, karena memang bahan kimia yang satu ini juga berbahaya bagi serangga kecil seperti semut.

Tak cuma kawanan semut saja, ratu dan larva semut juga bisa musnah hanya dengan menggunakan boraks dalam waktu 3 minggu.

Kamu bisa menaburkan langsung ke arah semut atau menyemprotkan larutannya ke spot datangnya semut. Cara lainnya adalah dengan memasang perangkap berupa toples yang berisi sedikit gula yang diberi asam borat atau boraks. Dan tunggu semua semut berkumpul lalu buang perangkap beserta semut yang telah mati.

9 dari 32 halaman

Jebakan Makanan

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Jebakan Makanan © Diadona

Cara mengusir semut di meja makan yang satu juga tips yang lumayan efektif. Mengingat semut sangat menyukai makanan manis, cobalah buat jebakan berupa makanan untuk memusatkan kawanan semut di satu tempat perangkap makanan.

10 dari 32 halaman

Pestisida Khusus Semut

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Pestisida Khusus Semut © Diadona

Selain perangkap, ada trik agar kawanan semut ini tidak kembali lagi ke rumahmu dan menjadi cara mengusir semut di meja makan.

Gunakanlah pestisida khusus semut dan semprotkan sepanjang jalan semut masuk hingga ke sarangnya.

Namun perlu diingat, zat kimia, asam borat, hingga pestisida ini sebaiknya jauhkan dari makanan dan hewan peliharaan.

11 dari 32 halaman

Ketahui Jalan Masuk Semut

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Ketahui Jalan Masuk Semut © Diadona

Terkadang, berbagai cara mengusir semut di meja makan telah kita lakukan, namun semut masih saja kembali ke rumah. Jika sudah seperti ini, maka cara yang paling ampuh adalah menemukan jalan masuk dan sarang semutnya.

Sebab memang mustahil untuk menutup semua sudut dan celah agar semut tidak datang kembali.

Semut akan menyebar hingga ke tempat tidur apabila terus dibiarkan. Ini bisa menganggu tidurmu dan menyebabkan gatal-gatal pada anak.

12 dari 32 halaman

Bersihkan Perabotan

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Bersihkan Perabotan © Diadona

Tak cuma karena makanan yang ada di meja makan. Semut juga suka mengerubungi remahan dan sisa makanan yang masih nempel pada perabotan dan furniture.

Kebiasaan makan di kasur dan sofa tanpa membersihka remahannya bisa jadi penyebabnya.

Nah, cobalah untuk membersihkan beberapa perabotan rumah seperti kasur, sofa, meja makan, tempat makan hewan peliharaan, tempat sampah, hingga perkakas sehabis masak dan makan.

13 dari 32 halaman

Buang Sumber Makanan yang Dimakan Semut

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Buang Sumber Makanan yang Dimakan Semut © Diadona

Selain dengan membersihkan perabotan yang dijatuhi oleh remahan makan, buanglah makanan yang sudah dikerubungi dan dimakan oleh semut.

Meski terlihat masih utuh dan layak makan, namun makanan yang dihinggapi semut sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Hal ini berbahaya sebab semut bisa saja membawa berbagai penyakit, virus, hingga bakteri dari tempat lain ke makanan tersebut.

Membuang makanan yang sudah dimakan semut juga mencegah semut untuk kembali lagi ke rumahmu.

14 dari 32 halaman

Tutup Lubang Rumah

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Tutup Lubang Rumah © Diadona

Meski terdengar cukup mengeluarkan banyak usaha, cara yang satu ini bisa dianggap efektif. Tak harus menutup segala lubang penting seperti ventilasi. Cukup tutup jendela yang berada di dekat tempat yang lembab, semak, kebun, dan tempat sampah.

15 dari 32 halaman

Timun

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Timun © Diadona

Tak cuma kucing yang disinyalir takut dengan timun, semut juga terbilang tak menyukai jenis sayur yang satu ini.

Cara mengusir semut di meja makan dengan timun pun cukup mudah, cukup potong timun menjadi irisan kecil dan taruh di titik masuk semut seperti jendela, dapur, dan sekitar lubang ventilasi.

16 dari 32 halaman

Kayu Manis

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Kayu Manis © Diadona

Gak ada hal yang lebih nyebelin ketimbang baru saja meletakkan makanan, eh sudah dimakan oleh semut. Alhasil tidak jadi menikmati makanan yang baru saja ditaruh tersebut.

Kayu manis bisa jadi solusi agar meja kamu tidak didatangi oleh koloni semut.

Kayu manis memiliki bau yang menyengat dan membuat semut tidak tahan. Taburkan sekitar meja dan kotak makananmu. Jika dirasa terlalu bikin meja kotor, cobalah minyak kayu manis essensial lalu oleskan di meja makanmu.

17 dari 32 halaman

Tepung Maizena

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Tepung Maizena © Diadona

Cara mengusir semut di meja makan juga bisa lo dengan menggunakan tepung maizena atau tepung jagung ini.

Taburkan saja tepung maizena ke arah semut. Semprotkan air di atasnya. Ini akan membuat semut terperangkap dalam balutan tepung. Kamu juga bisa menggunakan penyedot debu sekalian tanpa harus membuat meja jadi basah.

 

18 dari 32 halaman

Air Panas

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Air Panas © Diadona

Kalau sudah terlanjur sebal dengan keberadaan semut, apa saja bisa dilakukan agar semut segera pergi dari rumah. Apalahgi kalau semut sudah sangat mengganggu seperti menggigit, bikin gatal, hingga memakan semua bahan makanan.

Apabila sudah begini, Cara mengusir semut di meja makan adalah dengan mencari sumber gerombolan serangga satu ini dan menyiramnya dengan air panas.

Meski tak benar-benar melenyapkan semut, cara ini tak salah untuk dicoba untuk membuat semut kapok dan berpindah dari area tempat tinggalmu.

19 dari 32 halaman

Cuka

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Cuka © Diadona

Tak cuma garam yang bisa jadi bumbu seribu guna, cuka juga salah satu bumbu dapur yang bisa dijadikan cara mengusir semut di meja makan.

Larutkan 50 banding 50 air dan cuka putih lalu semprotkan pada semut.

Semprotkan pada meja makan, kasur, hingga sofa di mana biasanya semut merah kecil suka berkeliaran.

 

20 dari 32 halaman

Lemon Eucaplyptus

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Lemon Eucaplyptus © Diadona

Minyak essensial satu ini disebut mampu melenyapkan semut dengan efektif. Ini karena mengandung serai yang biasanya digunakan sebagai lilin terapi untuk mengusir serangga terbang seperti nyamuk.

Ini juga efektif mengusir serangga lainnya seperti semut dan kecoa.

21 dari 32 halaman

Minyak Tea Tree

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Minyak Tea Tree © Diadona

Cara mengusir semut di meja makan selanjutnya adalah dengan menggunakan tea tree oil.

Minyak pohon teh yang satu ini memang dianggap ampuh mengusir serangga seperti semut.

Caranya, campurkan 5 hingga 10 tetes minyak teh dalam 2 cangkir air lalu semprotkan pada meja makan atau jadikan cairan untuk membersihkan meja.

22 dari 32 halaman

Minyak Peppermint

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Minyak Peppermint © Diadona

Selain minyak tea tree, minyak essesial seperti minyak peppermint ampuh mengusir semut di meja makan.

Kamu bisa gunakan dengan cara mengolesnya di meja, menyemprotnya, atau gunakan saat membersihkan meja.

23 dari 32 halaman

Bubuk Lada

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Bubuk Lada © Diadona

Lada memiliki aroma dan rasa yang pedas. Ini untuk mengusir semut karena dapat membuat penciuman semut jadi pedas dan terganggu.

Cara ini juga cukup aman, karena lada sendiri tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

24 dari 32 halaman

Minyak Kayu Putih

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Minyak Kayu Putih © Diadona

Apabila kamu tak memiliki ketiga minyak essensial di atas, kamu juga tetap bisa mengusir semut di meja makan dengan menggunakan minyak akyu putih.

Tuangkan sedikit di meja makan, ratakan di sekitar meja dan tempat kamu menyimpan makanan.

25 dari 32 halaman

Sabun Cuci Piring

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Sabun Cuci Piring © Diadona

Kandungan dalam sabun cuci piring dianggap racun bagi semut. Ini akan membuat semut menghindar dari rumah dan meja makanmu.

Cukup larutkan sabun cuci piring dan air lalu semprotkan di area meja, kaki meja, hingga bawah meja.

26 dari 32 halaman

Air

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Air © Diadona

Salah satu hal yang paling semut hindari adalah air. Air bisa membahayakan bagi semut apabila terlalu banyak.

Nah, untuk menghalangi semut naik ke meja makanmu dan memakan hidanganmu. Taruhlah baskom berisi air di kaki meja kamu. Buatlah 4 baskom yang ditaruh di masing-masih kaki meja sehingga akan menghalangi semut merayap di kaki meja karena terhalang oleh air.

Dengan catatan, jangan letakkan meja kamu di dekat dinding, karena semut akan mencari jalan alternatif melalui dinding.

27 dari 32 halaman

Racun atau Obat Nyamuk

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Racun atau Obat Nyamuk © Diadona

Tak cuma untuk mengusir nyamuk, semprotan atau racun nyamuk juga bisa digunakan untuk membasmi semut.

Jika kamu ingin mengusir semut di meja makan dengan menggunakan semprotan yang satu ini, pastikan kamu telah mengosongkan meja makand dari segala jenis makanan, lalu jangan lupa membersihkan sisa-sisa racun yang menempel setelah membersihkan semutnya.

 

28 dari 32 halaman

Cengkeh

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Cengkeh © Diadona

Semut amat tidak menyukai aroma cengkeh. Ini jadi Cara mengusir semut di meja makan yang efektif sekaligus tak perlu mengotori meja makanmu.

Cukup taruh sekitar 7 hingga 10 butir cengkeh di area meja makan. Diamkan hingga semut pergi dari meja makanmu.

29 dari 32 halaman

Bubuk Kopi

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Bubuk Kopi © Diadona

Tak cuma bisa digunakan untuk mengusir cicak dan tokek di rumah, bubuk kopi juga bisa digunakan untuk membasmi semut.

Bubuk kopi memiliki aroma kuat yang juga bisa mengganggu sistem penciuman semut. Ini akan menganggu navigasi semut mencari makanan.

Taburkan bubuk kopi di meja makan, diamkan hingga semut pergi jauh dan tak kembali lagi.

30 dari 32 halaman

Bawang Putih

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Bawang Putih © Diadona

Bawang putih jadi rahasia bumbu masakan jadi lebih lezat karena aroma dan rasanya. Namun, siapa sangka, aroma bawang putih justru tak disukai oleh semut.

Iris bawang putih, belah jadi dua, lalu taruh di meja makan. Semut dijamin akan pergi satu per satu karena tak menyukai keberadaan bawang putih.

31 dari 32 halaman

Bubuk Cabai

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Bubuk Cabai © Diadona

Selain lada, semut juga tidak menyukai aroma pedas seperti cabai. Nah, bubuk cabai jadi solusi cara mengusir semut di meja makan.

Langkahnya pun tidak terlalu riber, kamu cukup menaruh bubuk cabe di sebuah wadah. Lalu taruhlah di tempat kamu menyimpan makanan. Taruh juga di area seperti pojok, dinding, dapur hingga tempat sampah.

 

32 dari 32 halaman

Nah, itu lah 31 cara mengusir semut di meja makan dengan bahan yang mudah dan sederhana, tentunya ini harus dibarengi dengan niat dan usaha agar semut tidak kembali ke rumahmu. Selain itu, tetaplah jaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarmu untuk menghindari serangan hewan dan serangga lainnya ya Diazens!

 

 

Beri Komentar