14 Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar dan Dalam, Efektif Meredam Kebisingan

Reporter : Aditia
Rabu, 17 Januari 2024 19:21
14 Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar dan Dalam, Efektif Meredam Kebisingan
Dijamin suara gak kedengeran!

Ruangan yang kedap suara khususnya kamar adalah dambaan bagi para penikmat kesunyian dan kesendirian. Cara membuat kamar kedap suara dari luar rupanya bisa dilakukan dengan beberapa tips yang mudah. Tentunya, hanya membutuhkan beberapa alat yang mudah ditemui.

Cara membuat kamar kedap suara dari luar ini bisa kamu terapkan apabila kamu sedang ingin menyendiri, mengadakan pesta sendiri di dalam kamar dengan suara musik yang keras, atau sedang berkumpul ria dengan teman-teman. Apalagi jika kamu tinggal di kost, tentunya suara keras kamarmu tak ingin terdengar mengganggu para tetangga.

Cara membuat kamar kedap suara dari luar berguna juga bagi kamu yang sedang menjalani kuliah atau kerja secara online atau WFH (work from home). Ini akan membantu kamu jadi lebih fokus, apalagi jika ada rapat online atau kuliah online yang membutuhkan kesunyian. Gak lucu kan kalau lagi presentasi eh ada suara tukang bakso dengan teloletnya.

Nah, inilah pentingnya cara membuat kamar kedap suara dari luar. Tak cuma kedap dari dalam, beberapa cara ini juga akan meredam suara dari luar.

Penasaran? Berikut tips dan cara membuat kamar kedap suara dari luar.

1 dari 15 halaman

1. Pasang Panel Akustik untuk Membuat Kamar Kedap Suara

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Cara membuat kamar kedap suara dari luar yang pertama adalah dengan menggunakan panel akustik. Panel akustik adalah jenis material yang dikenal sebagai bahan peredam suara. Biasanya jenis bahan material ini kerap digunakan di studio musik.

Namun, kamu juga bisa menggunakannya di kamarmu agar kedap suara baik dari dalam dan luar. Biasanya, panel akustik ini berbentuk papan dan kain terdiri dari material inti padat yang dipasang di dinding. Panel akustik ini akan mencegah suara memantul dari dinding dan juga menghalangi seluruh gelombang suara memasuki ruangan melalui pintu dan jendela.

2 dari 15 halaman

2. Gunakan Gypsum untuk Bikin Kamar Kedap Suara

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Salah satu cara membuat kamar kedap suara dari luar adalah melapisi ruangan dengan gypsum, terutama area langit-langit kamar.

Tambahkanlah gypsum untuk melapisi bagian plafon kamar kamu. Pilih ketebalan gypsum yang kamu inginkan untuk meredam suara.

3 dari 15 halaman

3. Pasang Glasswool Efektif Bikin Kamar Kedap Suara

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Selain gypsum, cara membuat kamar kedap suara dari luar adalah menggunakam glasswool di atap kamarmu.

Glasswool terbuat dari materi insulasi fiber yang telah diproses sehingga bertekstur seperti wol domba. Tak cuma meredam suara, glasswool juga bermanfaat untuk meredam panas seperti matahari, suhu tinggi, dan sebagainya.

4 dari 15 halaman

4. Pasang Rockwool untuk Memblokir Suara dari Dalam Kamar

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Cara membuat kamar kedap suara dari luar selanjutnya adalah menggunakan rockwool. Hampir mirip dengan glasswool. Namun keduanya sebenarnya memiliki perbedaan.

Glaswool memiliki fungsi untuk isolasi AC, peredam suara partisi dari ruangan mesin atau genset, serta ruangan yang biasa dipakai untuk industri, dan meredam panas.

Sedangkan rockwool merupakan mineral ringan terbuat dari bebatuan yang dirancang sebagai bahan peredam suara, meredam panas, namun juga memberikan kelembapan terhadap udara. Kamu juga bisa menggunakan kedua jenis material ini di plafonmu agar kamarmu makin kedap.

5 dari 15 halaman

5. Pasang Insulasi Pemblokir Suara Ruangan

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Ingin hasil yang maksimal dalam cara membuat kamar kedap suara dari luar. Kamu bisa langsung saja memasang insulasi pemblokir suara. Biasanya, insulasi ini dipasang pada seluruh permukaan kamar untuk mencegah kebisingan dari dalam dan luar kamar.

Insulasi ini terbuat dari gabungan meterial absorber ringan, lunak, serta berpori. Karena bahan-bahannya tersebut, insulasi ini dapat menyerap suara dan memblokir segala jenis kebisingan.

Tak cuma memblokir suara, insulasi ini juga bisa melindungi kamar dari panas matahari, jadi bisa sekaligus memberikan kesejukan dan mengurangi paparan sinar UV ke rumahmu.

6 dari 15 halaman

6. Pakai Cat Dinding Peredam Suara Ruangan

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Loh emangnya ada cat dinding yang bisa bikin ruangan kedap suara? Eits, ada loh. Ada cat dinding yang memang diformulasikan khusus agar melapisi dinding jadi kedap kebisingan.

Cat peredam suara ini dibuat untuk melapisi dinding dan menghalangi polusi suara masuk dan keluar dari ruangan dengan maksimal.

Terdengar asing bagi kamu yang baru dengar, tapi biasanya kamu bisa tanya atau menemukan jenis material cat ini ke toko bangunan terdekat rumahmu.

Juga, cat ini hadir dengan berbagai warna cantik. Jadi meski fungsi utamanya meredam suara, interiormu juga dibikin mewah dengan cat satu ini.

7 dari 15 halaman

7. Pasang Wallpaper Kedap Suara

Cara Membuat Kamar Kedap Suara © Diadona

Wallpaper jadi salah satu cara membuat kamar kedap suara dari luar. Tak cuma dijadikan hiasan dinding yang bikin kamarmu cantik dengan motif dan warna yang bisa dipilih, kamarmu juga akan lebih sunyi dan tenang dengan wallpaper satu ini.

Wallpaper satu ini memang dibuat khusus dari busa tebal yang membantu meminimalisir segala kebisingan dari luar dan dalam.

8 dari 15 halaman

8. Pakai Tirai Peredam Suara Kamar

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Material lainnya yang bisa kamu gunakan untuk cara membuat kamar kedap suara dari luar adalah tirai khusus peredam suara.

Tirai kedap suara ini terbuat dari kain dan bahan yang tebal, tak cuma bisa dipasang pada bagian jendela, tirai satu ini bisa juga dipasang di area pintu. Pemakaian tirai kedap suara ini akan memblokir kebisingan dari dalam, juga suara berisik lalu lintas jalan, atau tetangga yang memotong keramik.

9 dari 15 halaman

9. Gunakan Rak untuk Membuat Kamar Kedap Suara

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Kamu juga bisa menggunakan furniture untuk membuat kamar jadi lebih hening. Salah satu cara agar kamar kedap suara dari luar adalah dengan memanfaatkan rak untuk menutupi dinding.

Dengan adanya rak yang menutupi dinding ini, maka suara otomatis akan terblokir baik dari luar dan dalam. Pemilihan rak ini juga dimanfaatkan untuk menaruh buku-buku atau perabotan hiasan sesuai seleramu.

10 dari 15 halaman

10. Gunakan Lemari untuk Memblokir Suara Kamar

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Selain rak, lemari juga bisa digunakan untuk cara membuat kamar kedap suara dari luar. Adanya furniture berat dan tinggi yang memblokir dinding atau pintu akan mencegah kebisingan masuk atau keluar dari kamarmu.

Caranya sama dengan rak, kamu cukup letakkan lemari di dinding sebelah mana pun sumber bising berasal.

11 dari 15 halaman

11. Pakai Karpet Lantai agar Suara Kamar Jadi Kedap

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Cara membuat kamar kedap suara dari luar lainnya adalah melapisi permukaan lantai kamarmu dengan karpet tebal.

Karpet tebal ini akan menyerap suara yang juga meredam suara berisik di kamarmu. Terutama untuk kamu yang tinggal di kamar jenis apartemen atau rumah tingkat. Tips yang satu ini cocok untuk kamu terapkan.

12 dari 15 halaman

12. Aplikasikan Underlayer yang Bisa Meredam Suara Kamar

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Selain menggunakan karpet untuk menutupi kebisingan, cara membuat kamar kedap suara dari luar kamu bisa gunakan underlayer sebelum memasang karpet.

Underlayer ini akan membuat kerja karpet menutupi suara lebih maksimal. Selain itu underlayer ini berfungsi untuk membuat karpet tidak menggelembung dan tertata rapi.

13 dari 15 halaman

13. Melapisi Dinding dengan Rubber Mat

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Cara agar kamar kedap suara dari luar selanjutnya adalah dengan melapisi dinding kamar untuk memblokir suara.

Nah, kamu bisa menggunakan rubber mat atau karpet karet yang ditempel pada permukaan dinding. Dengan begitu, dinding akan meminimalisir keluar dan masuknya suara bising.

14 dari 15 halaman

14. Tutup Celah Pintu agar Kamar Kedap Suara

Cara agar Kamar Kedap Suara dari Luar © Diadona

Hal simple yang bisa kamu lakukan sebagai cara agar kamar kedap suara dari luar adalah dengan menutup celah pintu. Celah kecil di bawah atau samping pintu menjadi sarana gelombang suara keluar dan masuk.

Nah, cobalah untuk menutupnya menggunakan seal yang terbuat dari karet. Tak cuma meredam suara, seal ini juga bisa mencegah masuknya debu, serangga, hingga laron.

Beri Komentar