10+ Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket serta Tips Menjaga Keawetan Material Batuan

Reporter : Aditia
Senin, 6 Februari 2023 14:42
10+ Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket serta Tips Menjaga Keawetan Material Batuan
Perawatan yang tidak boleh asal-asalan~

Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket jadi tutorial yang lagi banyak dicari oleh pemilik rumah yang memiliki lantai dengan bahan baku batuan intrusif ini. Desain rumah modern kini lebih banyak menggunakan lantai dengan bahan granit. Selain kuat dan kokoh, jenis bahan lantai satu ini dikenal dapat memberi tampilan rumah jadi lebih mewah.

Tampilan elegan dan estetik tersebut justru harus dibarengi dengan keteguhan pemilik rumah untuk rajin memberikan perawatan dan kebersihan pada jenis lantai granit. Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket juga tidak sembarangan, harus dilakukan dengan penuh hati-hati dan memperhatikan detail-detail yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Lengket saat mengepel lantai granit bisa disebabkan oleh adanya goresan akibat gesekan, salah memilih alat pembersih, dan jarang mengecek permukaan lantai.
Lantai granit jadi jenis bahan yang mudah kotor dan dapat rapuh apabila dirawat dengan asal-asalan. Nah, jika kamu pemilik rumah dengan lantai satu ini, kamu perlu tahu cara mengepel lantai granit agar tidak lengket.

Berikut ini cara mengepel lantai granit agar tidak lengket yang mudah dan praktis.

1 dari 12 halaman

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Sama dengan cara membersihkan bagian-bagian rumah lainnya, cara mengepel lantai granit agar tidak lengket juga membutuhkan perhatian khusus.

Berbeda dengan lantai biasa, lantai jenis granit ini butuh beberapa langkah, tutorial, hingga hal yang tak boleh kamu lakukan untuk menjaga keawetan lantai.

2 dari 12 halaman

1. Cara mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket dengan Baking Soda

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket yang pertama adalah dengan menggunakan bahan dapur seribu manfaat, baking soda.

Untuk tahu cara mengepel lantai granit agar tidak lengket dengan baking soda, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

- Larutkan 10 sendok teh baking soda ke dalam satu liter air. Gunakan ember sebagai wadah.

- Masukkan atau celupkan kain pel dengan catatan gunakanlah kain pel yang memiliki bahan yang lembut. Masukkan pada larutan baking soda sampai kain pel basah.

- Peras kain pel, lalu gunakanlah untuk mengepel lantai garnit.

 

 

3 dari 12 halaman

2. Alkohol

Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket yang kedua adalah dengan menggunakan alkohol. Alkohol yang dimaksud di sini adalah jenis alkohol yang difungsikan untuk kebersihan rumah dan disinfektan.

- Larutkan 240 ml alkohol ke dalam satu liter air dalam ember.

- Masukkan sedikit sabun pel agar keseimbangan kadar pH tetap terjaga.

- Celupkan kain pel ke dalam larutan, peras, dan gunakan untyk mengepel lantai garnit.

4 dari 12 halaman

3. Memoles Lantai Garnit

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket adalah dengan memolesnya dengan rutin. Cara memoles lantai garnit bisa menggunakan dua cara di atas yaitu dengan menggunakan baking soda dan alkohol.

Dua cara tersebut merupakan langkah mudah dan praktisnya. Namun, apabila hal tersebut dirasa cukup repot, kamu bisa juga memanggil jasa tukang poles lantai garnit.

5 dari 12 halaman

4. Bersihkan Setiap Hari

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket yang perlu kamu perhatikan adalah tetap menjaga kebersihannya setiap hari.

Ini dilakukan untuk menjaga lantai tetap bersih dan tidak mudah terkena noda yang membuatnya lengket.

Kamu dapat membersihkan lantai garnit dengan produk pembersih lantai maupun produk pembersih khusus garnit.

Membersihkan garnit setiap hari juga mencegah terjadinya penumpukan kotoran yang dapat membuat perubahan warna pada lantai garnit.

6 dari 12 halaman

5. Alat Pel Khusus

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Selain rutin perawatan, kamu juga perlu memilih alat khusus untuk cara mengepel lantai granit agar tidak lengket. Selain itu produk pembersih yang akan digunakan haruslah produk yang tidak merusak bahan granit.

Beberapa pemilik rumah kerap menggunakan life-hacks menggunakan produk pencuci piring untuk digunakan sebagai pembersih lantai. Sayangnya, cara yang satu ini justru tak boleh dilakukan jika kamu pemilik rumah dengan lantai garnit karena dapat meninggalkan sisa-sisa sabun dan busa yang justru akan jadi plak kotoran.

Selain itu, kamu juga harus menghindari jenis produk dan alat berikut ini agar tidak merusak lantai garnitmu.

a. Hoover, alat pembersih satu ini tidak cocok digunakan di lantai berbahan garnit karena memiliki roda dan bantalan kasar yang dapat membuat goresan pada lantai.

b. Pembersih Keramik. Meski sama-sama pembersih lantai, sayangnya pembersih keramik justru tidak cocok digunakan pada lantai garnit karena dapat menimbulkan penumpukan residu.

c. Pembersih yang tinggi asam dan basa. Pembersih yang memiliki dua kandungan ini terlalu tinggi dapat merusak granit yang merupakan jenis batuan alam.

7 dari 12 halaman

6. Langkah Dasar Pembersihan

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Tak cukup hanya membersihkan. Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket ini juga tak bisa asal-asalan. Kamu perlu memahami langkah pembersihan dasar, di antaranya:

- Sapu lantai garnit dari debu dan kotoran.

- Gosok atau poles permukaan lantai granit apabila terlindungi dengan produk pelapis lantai.

- Gunakanlah pel dengan bahan kain yang lembut di larutan air hangat dan produk khusus pembersih granit.

- Jaga lantai tetap basah saat bekerja.

- Peras air dari pel dan poles hingga kering.

- Ulangi untuk menghilangkan sisa kelebihan air pada lantai granit.

 

 

8 dari 12 halaman

7. Sediakan Keset

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Salah satu penyebab lantai granit kotor dan lengket saat dibersihkan adalah karena granit mudah menyerap noda dan kotoran seperti debu dan partikel kecil lainnya.

Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket yang paling mudah untuk membuat lantai jenis satu ini tetap bersih adalah dengan menaruh keset di depan pintu agar siapa pun pemilik rumah maupun tamu dapat membersihkan kaki sebelum menginjak lantai granit kamu.

 

9 dari 12 halaman

8. Jangan Taruh Furniture Tajam di Atas Lantai

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Guna menghindari goresan dan penumpukan kotoran, cara mengepel lantai granit agar tidak lengket adalah jangan membiasakan meletakkan furniture dengan alas yang tajam seperti kursi kayu di atas lantai granit.

Ujung furniture yang tajam dan kasar hanya akan meninggalkan goresan pada lantai.

10 dari 12 halaman

9. Jangan Gunakan Penyedot Debu

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Tak cuma harus teliti dalam memilih alat pel. Kamu juga diharuskan untuk menghindari mesin penyedot debu di lantai granitmu.

Hal ini karena roda dari mesin penyedot debu dapat beresiko merusak dan meninggalkan goresan pada lantai granit.

Alih-alih menggunakan penyedot debu, kamu cukup gunakan sapu dengan bahan yang lembut untuk menghindari noda dan goresan yang bisa merusak lantai granit.

Ini juga jadi cara mengepel lantai granit agar tidak lengket karena tidak ada bekas goresan yang membuat susah untuk dibersihkan.

11 dari 12 halaman

10. Periksa Lantai Secara Rutin

Cara Mengepel Lantai Granit agar Tidak Lengket © Diadona

Memilih granit sebagai bahan lantai memang membuatnya tampak mewah dan cantik. Namun, butuh ekstra perhatian pada lantai kamu agar keawetannya tetap terjaga, ini juga dilakukan untuk cara mengepel lantai granit agar tidak lengket.

Cobalah periksa rutin apabila lantai kamu terdapat retakan atau goresan pada permukaannya. Jika ada, segera ganti atau poles, jangan menunggu lantai benar-benar pecah sebab ini akan membuat kamu lebih kerepotan nantinya.

Kamu juga bisa menggunakan sealant di lantai granit untuk mengembalikan kilau batuan yangs satu ini.

12 dari 12 halaman

Nah, itulah tadi 10 Cara mengepel lantai granit agar tidak lengket. Lantai granit memang menjanjikan tampilan kemewahan untuk rumah, namun granit perlu perhatian ekstra agar keawetan dari batuan ini tetap memberikan sisi elegan interiormu.

 

 

 

Beri Komentar