7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Lantai Vinyl, Simak Juga Cara Pasang dan Keuntungannya

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 3 Februari 2024 09:37
7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Lantai Vinyl, Simak Juga Cara Pasang dan Keuntungannya
Jangan asal pilih kalau nggak mau hasilnya zonk~

Zaman sekarang, lantai vinyl sudah menjadi pilihan utama untuk dekorasi rumah. Selain itu lantai vinyl ini juga merupakan lantai yang praktis sekaligus estetis. Nggak heran kalau menjadi pilihan banyak orang. 

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk  mengganti lantai rumah dengan vinyl, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Hal ini semata-mata agar kamu mendapatkan sesuatu sesuai dengan kebutuhan. 

Nah, Diadona telah merangkum lengkap mengenai hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih lantai vinyl. Jangan lupa simak sampai habis ya!

 

1 dari 7 halaman

Apa itu Lantai Vinyl?

Ilustrasi Lantai Vinyl © Diadona

Lantai Vinyl adalah jenis lantai yang terbuat dari material sintetis, biasanya berbentuk lembaran atau plakat. Material utamanya adalah polivinil klorida (PVC) dan beberapa lapisan tambahan untuk meningkatkan keawetan dan tampilan estetika. 

Lantai vinyl umumnya dirancang untuk meniru tampilan dan tekstur material alami seperti kayu atau batu. Sehingga memberikan opsi yang lebih terjangkau dibandingkan dengan material asli. Lantai ini sangat populer loh Diazens.

2 dari 7 halaman

Hal Penting sebelum Memilih Lantai Vinyl

Ilustrasi Lantai Vinyl © Diadona

Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti lantai rumah, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan terutama saat memilih lantai vinyl. Meskipun lantai vinyl sedang tren, tetaplah berhati-hati ya Diazens.

Ketahui Jenisnya

Pertama, kamu harus tahu dulu jenis dari vynil yang hendak kamu gunakan. Lantai vinyl memiliki beberapa jenis, antara lain luxury vinyl tile (LVT) dan luxury vinyl plank (LVP). Masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk tekstur, ukuran, dan daya tahan.

Singkatnya, LVT meniru tekstur dan tampilan ubin keramik, sementara LVP lebih menyerupai kayu asli. Jadi kamu tinggal memilih vinyl yang sesuai dengan desain dan interior yang sudah ada di rumah kamu. 

Keawetan dan Ketahanan

Hal penting selanjutnya yakni  memperhatikan tingkat keawetan dan ketahanan lantai vinyl. Pastikan untuk memilih lantai yang dapat menanggung aktivitas harian, termasuk tahan terhadap goresan, noda, dan tekanan.

Periksa rating ketahanan lantai vinyl yang hendak kamu pilih, seperti AC (Abrasion Class), untuk menentukan sejauh mana lantai dapat bertahan di area yang akan dipasang. 

Warna dan Desain

Hal penting lainnya yang yang harus kamu perhatikan sebelum memilih vinyl adalah aspek desain dan warna. Desain dan warna lantai vinyl dapat memengaruhi tampilan keseluruhan ruangan. Pertimbangkan gaya dekorasi ruangan yang ada dri rumah kamu dan pilih warna serta desain lantai yang cocok. 

Lantai vinyl hadir dalam berbagai pilihan warna dan motif, sehingga dapat menyesuaikannya dengan tema ruangan atau gaya furnitur yang sudah ada. Tinggal pilih aja apakah kamu ingin tampilan yang menyerupai kayu, batu, atau keramik.

3 dari 7 halaman

Tipe Pemasangan

Next, ada beberapa metode pemasangan lantai vinyl, termasuk pemasangan lekat, klik, dan plak. Pilih tipe pemasangan yang sesuai dengan tingkat keterampilan yang kamu kuasai. Atau, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan jasa tukang jika diperlukan. 

Pastikan untuk memahami proses pemasangan dan peralatan yang diperlukan sebelum memutuskan tipe pemasangan yang akan kamu gunakan. Tapai kalau kamu memakai jasa tukang, ya kamu bisa beli bebas dengan tipe pemasangan apapun.

Cara Perawatan

Hal penting yang nggak bisa kamu lewatkan adalah mengetahui cara perawatan lantai vinyl. Pastikan untuk membersihkan noda segera, menggunakan produk pembersih yang sesuai, dan menghindari penggunaan bahan kimia yang dapat merusak permukaan lantai.

Sederhananya, Ikuti petunjuk perawatan yang disarankan oleh produsen untuk hasil terbaik. Sayang kan kalau sudah beli mahal-mahal tapi nggak bisa merawatnya.

Harga yang Sesuai

Kamu pasti tahu kalau harga lantai vynil ini sangatlah beragam. ada berbagai pilihan harga, mulai dari yang terjangkau hingga premium. Jadi,  Tentukan anggaranmu sebelumnya dan cari produk yang memberikan nilai terbaik sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

In the end, kamu memang harus riset dulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli atau mengganti lantai rumah dengan vinyl. Pokoknya jangan paia sudah terlanjur beli tapi akhirnya keliru.

 

4 dari 7 halaman

Cara Memasang Vinyl

Ilustrasi Lantai Vinyl © Diadona

Memasang lantai vinyl sebetulnya relatif mudah jika kita mengikuti langkah-langkah yang benar. Nah, berikut adalah panduan umum untuk membantu memasang lantai vinyl dengan mudah:

Persiapkan Permukaan

Pastikan bahwa permukaan lantai yang akan dipasangi vinyl bersih, rata, dan kering. Bersihkan debu, kotoran, dan noda yang mungkin mengganggu pemasangan.

Ukur dan Potong

Ukur ruangan dengan teliti dan tentukan tempat memulai pemasangan. Gunakan pengukur dan pensil untuk menandai area yang akan dipasangi lantai vinyl.

Gunakan pisau atau benda tajam lain atau gunting vinyl untuk memotong lembaran vinyl sesuai dengan ukuran ruangan.

Pemilihan Metode Pemasangan

Pilih metode pemasangan yang sesuai dengan jenis lantai vinyl yang kamu miliki: lembaran penuh, plank (lembaran panjang), atau tile (lembaran persegi).

Vinyl biasanya dapat dipasang dengan perekat, sistem kunci penguncian, atau perekat ganda.

5 dari 7 halaman

Perekat atau Pemasangan Tanpa Perekat

Jika kamu menggunakan lembaran vinyl dengan perekat, aplikasikan perekat sesuai petunjuk pemasangan.

Jika kamu menggunakan sistem kunci penguncian, pastikan untuk mengunci setiap plank atau tile dengan rapat.

Pemasangan

Mulailah dari pusat ruangan dan bekerja ke arah dinding. Ini membantu menciptakan tampilan yang lebih simetris di seluruh ruangan.

Tekan dengan lembut permukaan vinyl untuk memastikan adhesi yang baik.

Potong Sekitar Rintangan

Potong vinyl di sekitar pintu, tiang, atau objek lainnya dengan hati-hati menggunakan pisau atau gunting.

Finishing

Setelah pemasangan selesai, tekan kembali tepi dan sudut vinyl untuk memastikan adhesi yang kuat.

Pasang molding lantai di sekitar tepi ruangan untuk memberikan tampilan yang rapi dan menutupi celah di antara lantai dan dinding.

6 dari 7 halaman

Keuntungan Menggunakan Lantai Vinyl

Ilustrasi Lantai Vinyl © Diadona

Bukan tanpa alasan, menggunakan lantai vinyl ini memiliki banyak keuntungan loh dari pada yang lain. Berikut ini untuk beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

  1. Tahan Air. Vinyl tahan terhadap air, membuatnya ideal untuk penggunaan di area yang lembap di dalam rumah. Ini juga membuatnya mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda air.
  2. Tahan Aus dan Tahan Goresan. Lantai vinyl umumnya tahan terhadap aus dan goresan, membuatnya cocok untuk ruangan dengan tingkat mobilitas yang tinggi, seperti ruang tamu atau ruang keluarga.
  3. Harga Terjangkau. Vinyl seringkali lebih terjangkau daripada beberapa jenis lantai lainnya seperti kayu keras atau keramik. Ini membuatnya menjadi opsi yang ekonomis untuk perbaikan atau pembaruan lantai.
  4. Pemasangan Mudah. Pemasangan lantai vinyl relatif mudah dan cepat dilakukan. Terutama jika memilih jenis vinyl dengan sistem pemasangan kunci penguncian atau perekat. Ini dapat mengurangi biaya tenaga kerja.
  5. Berbagai Pilihan Desain dan Gaya. Vinyl tersedia dalam berbagai desain, pola, dan warna, termasuk tiruan kayu, batu, dan berbagai tekstur lainnya.
  6. Perawatan Mudah. Lantai vinyl tidak memerlukan perawatan khusus. Pembersihan rutin dengan sapu atau vakum dan pembersihan lembab sudah cukup untuk menjaga kebersihannya.

Jadi itu ya Diazens beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum memilih lantai vinyl. Plus, cara pemasangan dan juga keuntungan yang bisa didapatkan. So, selamat berkreasi ya, Diazens!

Beri Komentar