5 Tanda Saklar Meteran Listrik Mati beserta Cara Mengatasinya

Reporter : Yoyok
Selasa, 16 April 2024 16:53
5 Tanda Saklar Meteran Listrik Mati beserta Cara Mengatasinya
Ada banyak tanda listrik meteran mati, berikut akan dibahas lebih lanjut.

Beberapa tanda saklar meteran listrik mati dapat kita rasakan secara jelas. Di setiap rumah atau bangunan yang menggunakan listrik tentu memiliki meteran listrik. Meteran listrik tersebut memiliki fungsi yaitu mengukur jumlah energi listrik yang digunakan oleh sebuah rumah atau bangunan.

Selain itu, saklar pada meteran listrik juga memiliki fungsi untuk mengontrol aliran listrik ke suatu bangunan atau rumah. Jadi, kamu bisa menyalakan dan mematikan aliran listrik suatu bangunan atau rumah dengan menggunakan saklar tersebut.

Ada beberapa tanda saklar meteran listrik mati yang bisa kamu rasakan. tentu saja kamu perlu tahu hal ini karena tidak semua penyebab mati lampu asalnya dari PLN. Yuk disimak guys.

1 dari 4 halaman

Tanda Saklar Meteran Listrik Mati

tanda saklar listrik mati © Diadona© shutterstock.com/Habib farindra

Ada beberapa tanda meteran listrik mati atau tidak berfungsi. Kalau meteran listrik mati, tentu tidak akan ada aliran listrik di rumahmu. berikut ini beberapa tandanya:

Meteran Tidak Berbunyi

Tanda pertama saklar meteran listrik mati yaitu tidak ada pergerakan pada perangkat tersebut. Tidak hanya pergerakan, meteran listrik juga tidak mnengeluarkan bunyi apapun. Cek apakah angka atau jarum pada meteran listrik, kalau tidak berubah maka perangkat tersebut mati.

Elektronik Tidak Berfungsi

Perangkat gadget atau barang elektronik di rumah tidak akan berfungsi jika tidak ada aliran listrik di rumah. Jika barang-barang elektronik di rumahmu mati atau tidak bisa dihidupkan, maka ini bisa menjadi indikasi atau tanda kalau saklar meteran listrik mati. Cara paling mudah adalah memeriksa apakah kulkas mati atau masih menyala.

2 dari 4 halaman

tanda saklar listrik mati © Diadona© shutterstock.com/rifky naufaldy

Panel Listrik atau Kotak Sekring Mati

Jika lampu mati, coba cek panel listrik atau kotak sekring di rumah. Jika ada sekring yang lepas atau pemutusan daya pada panel listrik, maka hal ini akan membuat meteran listrik mati.

Lampu di Meteran Listrik Mati

Pada meteran listrik zaman sekarang atau yang modern, terdapat lampu yang berfungsi untuk memberitahukan ada atau tidaknya aliran listrik. Jika lampu tersebut mati, maka ada kemungkinan meteran leistrik mengalami masalah.

Listrik Diputus dari Distributor

Salah satu penyebab meteran listrik mati di rumah karena tidak ada pemasokan daya dari distributor. Dalam hal ini, pihak distributor yang dimaksud adalah PLN. Bisa jadi dari pihak PLN mengalami gangguan atau memang alirasn listrik di rumahmu diputus. Maka dari itu, jika hal ini terjadi cek pembayaran karena kalau belum maka akan wajar jika PLN memutus aliran listrik di rumahmu.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Saklar Meteran Listrik Mati

tanda saklar listrik mati © Diadona© shutterstock.com/Masmikha

Ada beberapa penyebab saklar meteran listrik di rumah mati seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. namun, kamu tidak perlu kahwatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini di antaranya:

Cek Sekring

Cara pertama yaitu pastikan pada kotak sekring atau panel listrik tidak ada yang lepas. Jikapun ada, maka ganti dengan yang baru. Pastikan juga pemutus daya dalam keadaan ON agar listrik kembali nyala.

Hubungi Penyedia Listrik

Jika sekring atau panel listrik tampak baik-baik saja, maka sebaiknya hubungi pihak penyedia listrik atau dalam hal ini di Indonesia adalah PLN. Nantinya pihak PLN akan memberikan informasi tentang masalah listrik di di daerahmu tinggal, atau memang listrik di rumahmu sedang bermasalah.

4 dari 4 halaman

tanda saklar listrik mati © Diadona© shutterstock.com

Cek Kontraktor Pemasangan Listrik

Jika rumah baru saja dipasang meteran listrik yang baru, namun masih mati, maka jangan ragu untuk menghubungi pihak kontraktor. Pastikan bahwa kontraktor memasang meteran listrik atau menyelesaikan pekerjaannya dengan benar.

Periksa Koneksi Listrik

Cara lainnya yaitu dengan memeriksa koneksi atau kawat listrik. Bisa jadi kawat mengalami kerusakan atau malah putus. Periksa dengan hati-hati kabel yang terhubung dengan meteran listrik.

Verifikasi Pembayaran

Seperti disebutkan sebelumnya, meteran listrik mati bisa jadi karena ada pemutusan sepihak. Alasannya bisa jadi kamu belum bayar listrik. maka dari itu, cek atau verifikasi pembayaran listrikmu secara berkala.

Panggil Tenaga Ahli

Jika kamu tidak bisa menemukan penyebab meteran listrik mati, maka jangan ragu untuk memanggil tenaga ahli. Nantinya, ahli listrik akan memeriksa secara menyeluruh dan mengidentifikasi masalah secara tepat.

Itulah beberapa tanda saklar meteran listrik mati. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar