Biar Gak Ribet, Apa Saja sih yang harus Dilakukan saat Pindah ke Rumah Baru?

Reporter : Yoyok
Senin, 15 April 2024 13:53
Biar Gak Ribet, Apa Saja sih yang harus Dilakukan saat Pindah ke Rumah Baru?
Ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan atau dilakukan ketika pindah ke rumah baru.

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak hal penting yang mesti dilakukan saat pindah rumah. Kalau kamu tidak mempersiapkan dengan matang, bisa-bisa proses pindahan rumahmu jadi ribet atau malah ujung-ujungnya chaos.

Saat pindahan rumah, kamu tidak bisa hanya fokus untuk memindahkan barang-barang dari hunian lama ke yang baru. Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan saat pindahan rumah, seperti mengetahui utilitas di hunian baru serta mengganti kunci pintu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat pindah rumah.

1 dari 5 halaman

Cek Rumah Baru Terlebih Dahulu

Hal yang harus dilakukan saat pindah rumah pertama yaitu dengan mengecek rumah baru terlebih dahulu. Kamu tidak hanya " menjenguk" rumah yang akan kamu tinggali nanti, namun juga mengecek apakah perabotan yang akan kamu bawa mnuat di sana. Dengan begini, kamu bisa memilih barang apa saja yang akan dibawa ke rumah baru.

yang harus dilakukan saat pindah rumah © Diadona© shutterstock.com

Perhatikan Anak dan Peliharaan saat Pindahan

Selanjutnya yaitu jangan lupa untuk memperhatikan anak dan peliharaan ketika pindahan. Saat pindahan, tentu akan banyak barang berserakan yang siap dikemas. Tidak jarang barang-barang tersebut merupakan benda tajam yang berbahaya untuk anak dan peliharaan. Maka dari itu, perhatikan anak atau peliharaan jangan sampai dekat-dekat dengan benda tajam atau berbahaya.

2 dari 5 halaman

Siapkan List Barang yang Dibawa

Hal yang harus dilakukan saat pindah rumah selanjutnya yaitu membuat list atau daftar barang yang dibawa. Daftar tersebut nantinya berguna ketika kamu akan mengabsen barang yang dibawa saat berada di rumah baru. Kamu bisa mengurutkan barang yang dibawa berdasarkan prioritas.

yang harus dilakukan saat pindah rumah © Diadona© shutterstock.com

Melapisi Barang Mudah Pecah

Selanjutnya yaitu jangan lkupa untuk melapisi barang yang mudah pecah ketika dimasukkan ke dalam kerdus. Tentu di rumah banyak barang mudah pecah belah yang akan dibawa ke rumah baru, seperti gelas atau piring. Kamu bisa melapisi barang pecah belah tersebut dengan koran atau bubble wrap sebelum dimasukkan ke dalam kardus.

3 dari 5 halaman

Pastikan Utilitas di Rumah Baru

Hal berikutnya yang mestik dilakukan saat pindah rumah adalah memeriksa utilitasnya. Utilitas di sini yang dimaksud seperti listrik, gas, air, telepon, dan sebagainya. Pastikan hal-hal tersebut siap ketika kamu sudah mulai menghuni rumah baru. Karena kalau belum siap, proses pindahan bisa memakan waktu lebih lama.

yang harus dilakukan saat pindah rumah © Diadona© shutterstock.com

Ketahui Titik Penting di Rumah Baru

Selanjutnya yaitu jangan lupa untuk mengetahui titik-titik penting di rumah baru. Titik-titip penting yang dimaksud adalah lokasi sekring, colokan ada berapa, meteran air, saklar lampu, dan lainnya. Dengan mengetahuinya, kamu jadi lebih tahu tentang kondisi rumah baru dan kalau perlu melakukan perbaikan di titik penting tersebut.

4 dari 5 halaman

Mengganti Kunci

Salah satu hal penting yang harus dilakukan saat pindah rumah yaitu sektor keamanan. Hal pertama dalam sektor keamanan yang bisa kamu lakukan saat pindah ke rumah baru adalah mengganti kunci. Panggil tukang kunci untuk mengganti kunci di rumah baru. Dengan begini, kamu jadi makin lega dan nyaman ketika tinggal di rumah baru tersebut.

yang harus dilakukan saat pindah rumah © Diadona© shutterstock.com

Utamakan Perbaikan

Saat mengecek rumah baru, tentunya kamu akan mengetahui bagaimana kondisinya terkini. Maka dari itu, usahakan untuk mengutamakan perbaikan saat pindah ke rumah baru. Lakukan perbaikan di bagian-bagian yang menurutmu butuh untuk diperbaiki, entah itu bagian atap, pintu, atau jendela sekalipun.

5 dari 5 halaman

Bersih-bersih Rumah Baru

Hal yang selanjutnya harus dilkukan saat pindah rumah adalah melakukan pembersihan. Mungkin pemilik sebelumnya sudah bersih-bersih rumah tersebut sebelum kamu tinggali. Namun, tidak ada salahnya jika kamu melakukan pembersihan sendiri, karena akan lebih detail dan bikin nyaman.

yang harus dilakukan saat pindah rumah © Diadona© shutterstock.com

Gunakan Jasa Pindah Rumah

Kamu bisa saja melakukan pindahan ke rumah baru secara mandiri. Namun, pindahan akan jadi jauh lebih mudah dan cepat ketika kamu menggunakan jasa pindah rumah. Gak cuma itu, mereka yang terbiasa melakukan pindahan juga akan jadi jauh lebih paham saat mengemas barang atau mendahulukan benda prioritas.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat pindah rumah. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar