8 Tanaman yang Tidak Disukai Ular tapi Punya Rupa yang Cantik untuk Hiasi Taman

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 14 Maret 2024 20:28
8 Tanaman yang Tidak Disukai Ular tapi Punya Rupa yang Cantik untuk Hiasi Taman
Pusing karena hunianmu kerap didatangi ular? Ayo cek rekomendasi tanaman yang tidak disukai ular di sini!

Ada banyak tanaman yang tidak disukai ular untuk kamu tanam, baik di dalam rumah maupun di luar rumah, untuk mencegah datangnya ular ke hunianmu. Kenapa ular suka mendatangi hunian manusia? Biasanya hal ini terjadi jika hunianmu berada di sekitar sarang ular atau hutan dan sedang ada situasi yang mengharuskan ular untuk keluar dari habitatnya untuk mencari makan. Tidak ada jenis khusus ular yang sering datang ke daerah hunian manusia, tetapi jenis ular yang sering masuk rumah adalah ular weling, ular kobra, ular tanah, dan beberapa ular kecil lainnya.

Tanaman yang bisa kamu hindari supaya tidak menarik perhatian ular adalah pohon jeruk karena pohon tersebut adalah salah satu favorit ular. Secara keseluruhan, tanaman yang tidak disukai ular memiliki bau dan rasa pahit serta tanaman dengan bau yang menyengat. Tanaman-tanaman ini bisa kamu letakkan atau tanam di bagian yang banyak didatangi oleh ular, seperti kebun, dapur, atau kamar dengan jendela besar. 

Nah, yuk cek langsung apa saja tanaman tidak disukai ular untuk ditanam di hunianmu!

 

1 dari 9 halaman

Marigold

Tanaman yang Tidak Disukai Ular © Diadona© Pinterest

Bunga marigold yang cantik ini ternyata masuk ke dalam tanaman yang tidak disukai ular, loh! Dibalik penampilannya yang sangat ceria dan terang, tanaman bunga ini mengeluarkan bau menyengat yang dianggap menjijikkan oleh ular sehingga bisa mengusir ular dengan efektif.

Tanaman yang tidak disukai ular ini cocok untuk diletakkan di halaman bagian depan rumah untuk mencegah masuknya ular ke dalam area hunian. Jika kamu memiliki kebun di belakang rumah, bunga marigold juga cocok menjadi salah satu penghuni di kebun milikmu sebagai salah satu penjaga rumah!

 

2 dari 9 halaman

Serai

Tanaman yang Tidak Disukai Ular © Diadona© Pinterest

Walaupun biasanya dikenal sebagai bumbu sayur, serai atau sereh termasuk ke dalam tanaman yang tidak disukai ular karena wanginya yang khas dan menyengat. Bagi manusia, wangi serai termasuk ke dalam wangi yang cukup disukai. 

Jadi, kamu bisa menanam serai dalam pot untuk diletakkan di bagian dalam rumah untuk menjauhkan ular dan mencegah mereka membuat sarang di dalam. Namun, kalau kamu tidak begitu suka baunya, kamu bisa memasukkan beberapa helai serai ke dalam wadah plastik dan meletakkan di bagian gerbang rumah.

 

3 dari 9 halaman

Rosemary

Tanaman yang Tidak Disukai Ular © Diadona© Pinterest

Tanaman yang tidak disukai ular selanjutnya adalah rosemary yang cantik dan kerap kali juga digunakan sebagai hiasan di dalam rumah. Rosemary memiliki wangi herbal yang tidak disukai oleh ular.

Tanaman yang tidak disukai ular ini bisa kamu tanam di sela-sela rumput di halaman rumah atau menggunakan daun-daun rosemary yang sudah dikeringkan, dimasukkan ke dalam kain tipis, dan kemudian digunakan sebagai pengusir ular di tempat manapun yang kamu kira mudah dimasuki ular. 

 

4 dari 9 halaman

Mint

Tanaman yang Tidak Disukai Ular © Diadona© Pinterest

Biasa dikenal sebagai pelengkap minuman dan penghias makanan, mint juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang tidak disukai ular. Wanginya yang khas dan memiliki sedikit hint dingin ini adalah salah satu favorit manusia, tetapi bisa digunakan sebagai pengusir ular.

Ular membenci wangi mint dan kemungkinan besar tidak akan mendekati tanaman atau tempat berbau mint. Kamu bisa menanam tanaman yang tidak disukai ular ini di kebun rumahmu atau menggunakan semprotan pewangi atau pembersih ruangan dengan wangi mint. Dijamin ular ogah masuk ke dalam rumah!

 

5 dari 9 halaman

Bawang Putih dan Bawang Merah

Tanaman yang Tidak Disukai Ular © Diadona© Pinterest

Tanaman yang tidak disukai ular selanjutnya masuk ke dalam keluarga bumbu dapur yang sangat sering kita temui, yaitu keluarga bawang-bawangan. Seperti yang kita tahu, bawang memiliki bau yang khas dan bisa tidak disukai banyak kalangan, termasuk ular!

Ular menobatkan keluarga bawang-bawang ini sebagai salah satu tanaman yang tidak disukai ular. Cara menggunakan mereka sebagai pengusir ular adalah kamu bisa meletakkan beberapa butir bawang di tempat yang kamu inginkan atau kamu bisa menanam bawang-bawang secara langsung di pot atau halaman rumahmu!

 

6 dari 9 halaman

Lavender

Tanaman yang Tidak Disukai Ular © Diadona© Pinterest

Terkenal sebagai pengusir nyamuk, lavender juga termasuk ke dalam tanaman yang tidak disukai ular. Penampilannya yang cantik serta wanginya yang enak menjadikan lavender salah satu pengusir ular yang terkenal.

Selain karena banyak disukai manusia, lavender mengeluarkan wangi menyengat yang juga banyak tidak disukai serangga sehingga bisa sekalian menjauhkan hunianmu dari berbagai jenis serangga dan hewan kecil lainnya. Cocok untuk kamu yang mau tanaman yang tidak disukai ular yang memiliki multifungsi.

 

7 dari 9 halaman

Geranium

Tanaman yang Tidak Disukai Ular © Diadona© Pinterest

Bunga cantik satu ini juga termasuk ke dalam tanaman yang tidak disukai ular. Bunga geranium adalah salah satu bunga favorit yang sering menjadi pilihan untuk mengisi kebun impian di berbagai hunian.

Ternyata tidak hanya cantik, bunga geranium memiliki bau yang secara khusus tidak disukai oleh para ular menjadikannya salah satu tanaman yang tidak disukai ular tercantik. Pilihan yang sangat bagus untuk kebun kamu yang sering dikunjungi ular tanpa izin!

 

8 dari 9 halaman

Lidah Mertua

Tanaman yang Tidak Disukai Ular © Diadona© Pinterest

Tanaman yang tidak disukai ular terakhir adalah tanaman favorit orang tua kita semua, yaitu lidah mertua. Ternyata tidak hanya dicemburui oleh kita yang posisinya di keluarga tersingkir, tanaman ini juga dimusuhi oleh ular.

Berbeda dengan tanaman yang tidak disukai ular lainnya yang memiliki wangi menyengat, lidah mertua tidak disukai oleh ular karena badannya yang keras dan ujungnya yang tajam. Tanaman ini cocok kamu jadikan pagar hidup di halaman rumah untuk menghalau ular masuk ke dalam rumah.

 

9 dari 9 halaman

Diazens, kamu tinggal pilih aja nih tanaman yang tidak disukai ular yang paling kamu sukai untuk menjaga kamu dari serangan ular di hunianmu.

Jangan lupa sering-sering cek berbagai pojok dan tempat di rumahmu karena ular juga menyukai tempat yang gelap dan lembap! Tertarik gak nih untuk menggunakan salah satu tanaman ini di hunianmu?

Editor: Salma Aribatul

Beri Komentar