Kenali 9 Jenis Jendela Rumah dan Desainnya, Pastikan Cocok untuk Bangunan Rumahmu!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 14 Maret 2024 20:10
Kenali 9 Jenis Jendela Rumah dan Desainnya, Pastikan Cocok untuk Bangunan Rumahmu!
Kamu lagi pilih jenis jendela untuk hunian dan bingung mau pakai yang mana? Ayo cek dulu di sini supaya nggak salah beli!

Ada banyak sekali jenis jendela, mulai dari yang sering kita lihat sampai ke jenis yang jarang sekali kita jumpai. Berbagai jenis jendela ini bisa memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Namun, tentunya masih memiliki bentuk utama yang sama sebagai jendela rumah, yaitu lubang di dinding rumah yang bisa mengalirkan udara segar dan cahaya matahari dari luar. Karena kegunaannya bisa berbeda, setiap jenis juga pasti memiliki kekurangannya masing-masing.

Sebelum memilih jenis jendela yang akan kamu pasang di hunianmu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari. Kamu bisa mulai dari mengukur ruang di dinding untuk jendela, memilih material bahan yang cocok, dan mencari tahu jenis apa yang paling cocok dengan kebutuhan hunianmu. Setiap jendela pasti memiliki specialty yang menjadikannya cocok digunakan untuk hunian di medan dan suasana yang seperti apa. 

Kalau sudah siap, yuk belajar bareng-bareng jenis jendela yang cocok dengan kebutuhan hunianmu!

 

1 dari 10 halaman

Jenis Jendela Casement

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest/wcmanet.org

Jenis jendela casement adalah salah satu bentuk jendela yang sering kita lihat. Jendela ini menggunakan engsel bernama casement yang berada di samping. Karena itu, jendela ini bisa dibuka dengan didorong ke arah depan.

Kelebihan jenis jendela ini adalah mudah dibersihkan, cocok dengan desain rumah apa saja, dan ventilasi yang besar sedangkan kekurangannya adalah ukurannya yang terbatas dan tingkat keamanan yang rendah. Jendela casement juga memiliki tingkat kekedapan yang bagus sehingga tidak mudah bocor suara dan air hujan. Jenis ini cocok digunakan untuk bagian belakang atau samping rumah!

 

2 dari 10 halaman

Jenis Jendela Awning

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest

Jendela awning atau biasa juga disebut dengan jendela jungkit juga termasuk ke dalam jenis jendela yang sangat sering kita lihat. Jendela ini berengsel di bagian atas dan dibuka dengan cara didorong ke luar juga. Mirip dengan jendela casement, hanya berbeda di lokasi engselnya.

Jendela ini memiliki kelebihan yang sama juga ditambah dengan keamanan yang lebih karena lebih sulit dibobol serta ada angle tertentu dalam memasukkan sinar matahari. Kekurangannya adalah lebih sulit dibersihkan dari jendela casement. Jenis jendela ini biasanya banyak digunakan untuk jendela kamar dan pintu depan.

 

3 dari 10 halaman

Jenis Jendela Bay

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest

Jenis jendela bay adalah jendela yang banyak digunakan untuk rumah berdesain barat kuno atau mediteranian. Jendela ini menjorok ke luar bangunan rumah dengan beberapa sudut yang meruncing. Karena bentuknya yang seperti ini, bay window menciptakan ruang lebih di bagian jendela yang biasanya dimanfaatkan jadi windows sitting.

Apa itu windows sitting? Ruang di sebelah jendela yang bisa digunakan untuk duduk dan beristirahat. Estetik banget ya, Diazens!

 

4 dari 10 halaman

Jenis Jendela Picture

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest/Les petites choses de la Madame

Jendela picture biasanya merupakan jenis jendela mati atau tidak memiliki mekanisme yang memungkinkan jendela tersebut bisa dibuka. Desainnya biasanya simpel dan ukurannya disesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu.

Jenis jendela ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki taman atau pemandangan di halaman rumahnya dan ingin jendela yang bisa digunakan untuk ‘memperlihatkan’ pemandangan cantik tersebut dari rumah. Kelebihan jendela picture adalah menyalurkan sinar matahari yang banyak dan terlihat estetik sedangkan kekurangannya adalah bisa menciptakan panas yang berlebihan dari matahari.

 

5 dari 10 halaman

Jenis Jendela Sliding

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest/maryamghafoor0552

Jenis jendela selanjutnya adalah jendela sliding. Seperti namanya, jendela ini bisa dibuka dengan digeser ke samping. Model jendela ini bisa digunakan di tempat yang sempit untuk membuka jendela karena praktis.

Jenis jendela ini memiliki kelebihan keamanan yang kuat dan bisa memberikan ventilasi kepada hunian dengan tetap menjaga estetikanya sedangkan untuk kekurangannya adalah susah dibersihkan secara manual (tanpa alat), rawan bocor udara dari luar serta tidak terlalu ramah anak kecil.

 

6 dari 10 halaman

Jenis Jendela Louvre/Kisi-Kisi

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest

Pasti kamu sering lihat jenis jendela ini kan? Jendela kisi-kisi atau yang bernama lain jalusi ini terdiri dari kisi-kisi kaca yang berbentuk seragam berderet. Cara membukanya adalah menarik tuas jendela yang biasanya ada di bagian bawah.

Jenis jendela ini menjadi ventilasi yang bagus untuk rumah serta menyalurkan sinar matahari secara tidak berlebihan. Kekurangan jendela jalusi adalah susah dibersihkan karena ada banyak sudut dan mudah dibobol menjadikannya tidak terlalu aman. Karena itu, jendela ini lebih cocok diletakkan di bagian dalam rumah!

 

7 dari 10 halaman

Jenis Jendela Lipat

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest

Seperti namanya, jenis jendela ini memiliki mekanisme yang terlihat unik karena jendela dibuka dengan cara digeser ke samping dan panel-panel kacanya akan ‘terlipat’. Jendela ini biasanya terdiri dari beberapa panel jendela. 

Walaupun bentuknya unik dan terlihat cantik, jendela ini tidak terlalu banyak digunakan orang karena harganya yang relatif mahal dan cenderung memakan ruang yang besar sehingga kurang cocok untuk hunian yang kecil. Namun, jenis jendela lipat cocok banget buat kamu yang punya dapur di ujung rumah dengan gaya bar atau open kitchen karena akan membuatnya semakin terlihat elegan dan praktis!

 

8 dari 10 halaman

Jenis Jendela Pivot

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest

Jenis jendela yang satu ini juga memiliki bentuk yang terlihat unik. Jendela ini bernama pivot karena engsel yang digunakan bernama pivot dan memungkinkan jendela untuk dibuka dengan didorong keluar ataupun ke dalam. Engsel ini berada di bagian tengah atas dan bawah daun jendela.

Kamu bisa menggunakan material kayu ataupun besi, seperti alumunium untuk mengadaptasi jenis jendela ini. Salah satu kekurangan jendela pivot adalah tidak terlalu ramah untuk anak kecil sedangkan kelebihannya adalah mudah dibersihkan dan tentunya menjadi ventilasi yang sangat bagus untuk hunian.

 

9 dari 10 halaman

Jenis Jendela Skylight

Jenis Jendela © Diadona© Pinterest

Jenis jendela yang terakhir adalah jendela skylight. Bisa dilihat dari namanya, jendela ini berposisi di bagian atap rumah. Sangat berbeda dengan jenis jendela lainnya yang membuatnya terlihat unik dan keren.

Jenis jendela ini memperbolehkan sinar matahari langsung terpancar ke dalam rumah dan tergantung bentuknya, bisa memberikan aksen cahaya yang cantik. Jendela ini cocok untuk kamu yang memiliki ruang sempit untuk jendela di hunianmu. Namun, perlu diingat bahwa jendela ini susah dibersihkan dan dirawat dan diperlukan material kaca yang sesuai supaya tidak mudah panas.

 

10 dari 10 halaman

Nah, gimana nih, Diazens, udah kenal belum sama jenis-jenis jendela yang bisa kamu pilih untuk melengkapi hunianmu nanti? Semoga jadi semakin yakin ya, mau pilih yang mana! Jenis jendela mana yang paling cocok sama hunianmu?

Editor: Salma Aribatul

Beri Komentar