6 Tanaman yang Tidak Disukai Lalat, Cara Alami untuk Mengusir Serangga

Reporter : Riza Umami
Rabu, 21 Februari 2024 16:00
6 Tanaman yang Tidak Disukai Lalat, Cara Alami untuk Mengusir Serangga
Ini nih beberapa tanaman yang tidak disukai lalat.

Ada beberapa tanaman yang tidak disukai lalat. Tanaman-tanaman tersebut bisa digunakan sebagai senjata alami untuk mengusir lalat yang bisa sangat mengganggu.

Biasanya, lalat akan makin banyak bermunculan di musim kemarau atau saat cuaca sedang panas. Selain itu, lalat juga mudah dijumpai di rumah yang berada dekat dengan peternakan.

Lalat gak cuma mengganggu, serangga ini juga membawa banyak bakteri. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Florida menunjukkan bahwa lalat dapat membawa sejumlah besar bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit pada manusia.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa lalat rumah biasa dapat membawa ratusan jenis bakteri yang berbeda. Oleh sebab itu, penting untuk mencari cara supaya rumah terhindar dari lalat. Nah, berikut ini beberapa tanaman yang tidak disukai lalat.

1 dari 6 halaman

1. Lavender

Tanaman yang Tidak Disukai Lalat © Diadona

Tanaman yang tidak disukai lalat yang pertama yaitu lavender. Lavender adalah tanaman hias yang dikenal dengan aroma harumnya yang kuat. Namun, bagi lalat, aroma tersebut justru tidak disukai. Lalat cenderung menghindari area yang dihiasi dengan tanaman lavender.

Kamu dapat menanam lavender di taman atau meletakkannya di dalam pot di dekat pintu atau jendela untuk membantu menjaga lalat tetap menjauh.

2 dari 6 halaman

2. Mint

Tanaman yang Tidak Disukai Lalat © Diadona

Tanaman yang tidak disukai lalat yang kedua yaitu mint. Mint adalah tanaman herbal yang memiliki aroma segar. Aroma mint yang kuat juga tidak disukai oleh lalat.

Menanam mint di taman atau memanfaatkan minyak mint dalam bentuk lilin atau semprotan dapat membantu mengusir lalat dari hunian kamu.

3 dari 6 halaman

3. Basil

Tanaman yang Tidak Disukai Lalat © Diadona

Tanaman yang tidak disukai lalat yang ketiga yaitu basil. Basil adalah tanaman yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan. Namun, selain sebagai tambahan rasa yang lezat, basil juga dapat membantu mengusir lalat.

Aroma tajam dari daun basil tidak disukai oleh lalat, sehingga menanam basil di sekitar rumah atau dekat jendela dapat membantu mencegah serbuan lalat.

4 dari 6 halaman

4. Citronella

Tanaman yang Tidak Disukai Lalat © Diadona

Tanaman yang tidak disukai lalat yang keempat yaitu citronella. Citronella adalah tanaman yang terkenal karena kemampuannya mengusir serangga, termasuk lalat.

Minyak citronella sering digunakan dalam produk-produk pengusir serangga seperti lilin atau semprotan. Menanam citronella di halaman atau meletakkan produk-produk berbahan dasar citronella di sekitar rumah dapat membantu untuk mengusir lalat.

5 dari 6 halaman

5. Rosmary

Tanaman yang Tidak Disukai Lalat © Diadona

Tanaman yang tidak disukai lalat yang kelima yaitu rosmary. Rosmary adalah tanaman herbal yang memiliki aroma harum yang khas. Aroma rosemary tidak hanya menyenangkan bagi manusia, tetapi juga tidak disukai oleh lalat.

Menanam rosemary di taman atau meletakkannya di dalam pot di dekat area yang sering didatangi lalat dapat membantu mengusir serangga tersebut.

6 dari 6 halaman

6. Bunga Marigold

Tanaman yang Tidak Disukai Lalat © Diadona

Tanaman yang tidak disukai lalat yang keenam yaitu bunga marigold. Bunga Marigold memiliki aroma yang kuat dan khas yang juga tidak disukai oleh lalat.

Menanam bunga marigold di sekitar rumah atau taman dapat membantu mengurangi populasi lalat. Kamu pun bisa menanam bunga ini di pot dan diletakkan di jendela supaya rumah bebas dari lalat.

Penggunaan beberapa tanaman yang tidak disukai lalat ini sebaiknya dikombinasikan dengan cara lainnya, seperti menjaga kebersihan area sekitar, menutup makanan dengan rapat, dan menggunakan filter pada jendela atau pintu. Selamat mencoba ya, Diazens.

Beri Komentar