9 Tanaman Pengusir Tikus yang Ampuh dan Cegah Bersarang Kembali

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 6 Desember 2023 13:08
9 Tanaman Pengusir Tikus yang Ampuh dan Cegah Bersarang Kembali
Tanaman Pengusir Tikus ini alami dan mudah ditanam di indoor maupun outdoor

Tikus memang menjadi salah satu hewan yang paling mengganggu dapat menimbulkan bau dan menjadi sumber penyakit. Selain itu, tikus juga sering dikenal sebagai hama perusak tanaman. Salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan tanaman pengusir tikus. Opsi tersebut menjadi sebuah alternatif alami untuk mengendalikan hama tanpa merusak lingkungan. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, namun beberapa orang meyakini jika aroma dari tanaman-tanaman tersebut dapat efektif mengusir tikus. 

Kehadiran tikus tentu tidak diinginkan oleh semua pemilik rumah, termasuk area halaman. Namun jika dibiarkan begitu saja, keberadaan tikus dapat menimbulkan penyakit leptospirosis atau kencing tikus yang cukup membahayakan penghuni rumah. Penyakit ini dapat menyebar melalui air atau tanah yang terkontaminasi oleh urine tikus tersebut. Oleh karena itu, penting bagi penghuni rumah untuk mengerti bagaimana cara mengusir tikus dengan efektif. Salah satunya menggunakan tanaman pengusir tikus. 

Beberapa orang terkadang lebih memilih untuk menggunakan racun tikus atau lem tikus, namun penggunaan bahan tersebut dapat beresiko untuk merusak struktural rumah bahkan dapat menyebabkan iritasi atau alergi tertentu. Cara yang cukup efektif untuk diterapkan adalah memakai tanaman pengusir tikus, karena bersifat lebih alami dan tidak akan membahayakan para penghuni rumah. Beberapa tanaman mampu bekerja dengan efektif untuk mengusir tikus. Penasaran apa saja tanaman yang ampuh untuk mengusir tikus? Yuk langsung aja cari jawabannya pada artikel di bawah ini!

 

1 dari 9 halaman

Peppermint

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

Peppermint atau daun mint dapat memberikan aroma segar pada minuman atau hadangan. Namun ternyata peppermint juga diyakini sebagai tanaman pengusir tikus yang cukup efektif. Aroma kuat yang dihasilkan daun mint tidak disenangi tikus, jadi tanaman mint atau minyak mint dapat digunakan untuk mengusir mereka.

Kamu dapat menanam peppermint di sekitar pintu masuk, jendela atau area yang rentan digemari tikus. Gunakan juga minyak peppermint dan teteskan ke kapas. Aroma mint yang dikeluarkan dari kapas dapat membuat tikus menjauh. 

 

2 dari 9 halaman

Lavender

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

Terkenal dengan keindahan dan aromanya yang harum, ternyata bunga lavender dapat dijadikan sebagai tanaman pengusir tikus. Tikus tidak menyukai aroma semerbak yang dihasilkan lavender, sehingga tanaman ini dapat memberikan perlindungan tambahab terhadap tikus di dalam rumah maupun kebun.

Tanam bunga lavender di sekitar area yang ingin dilindungi dari tikus, seperti di pot atau dekat pintu yang sering dilewati tikus. Kamu juga dapat memanfaatkan bunga lavender kering untuk ditempatkan pada kantong kain, aroma yang dihasilkan dapat menjadi penghalang bagi tikus. 

 

3 dari 9 halaman

Rosemary

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

Rosemary ternyata juga dipercayai sebagai tanaman pengusir tikus yang cukup efektif. Rosemary memiliki aroma herbal yang khas, sehingga mengusir tikus secara alami. Tikus tidak menyukai aroma dan karakteristik dari rosemary, sehingga menjadikannya sebagai pilihan menarik untuk melindungi rumah atau kebun dari gangguan tikus.

Letakkan tanaman rosemary pada pintu masuk atau bagian rumah yang sering menjadi sarang tikus. Jika menginginkan cara yang sederhana, cukup gunakan rosemary kering sebagai alternatif untuk ditempatkan di beberapa sudut rumah. 

 

 

4 dari 9 halaman

Bawang Putih

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

Mengusir tikus juga dapat menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan senyawa belerang yang dapat menghasilkan aroma menyengat dan semerbak. Sehingga dapat bersifat ampuh untuk menjadi tanaman pengusir tikus.

Gunakan irisan bawang putih di sekitar area yang rawan dilewati tikus, dan ganti secara berkala untuk mempertahankan aromanya. Campurkan irisan bawang putih dengan air dan biarkan campuran tersebut meresap semalam. Gunakan air ini sebagai semprotan di sekitar rumah atau kebun untuk mengusir tikus secara perlahan.

5 dari 9 halaman

Bunga Chrysanthemum

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

Mungkin sebagian orang masih belum familiar dengan bunga Chrysanthemum atau yang biasa disebut bunga krisan. Bunga krisan memiliki kandungan senyawa insektisida sehingga dijadikan sebagai salah satu tanaman pengusir tikus atau serangga.

Pusat kuning yang terdapat dalam bunga krisan jika dicampur dengan kandungan piretrin dapat dijadikan sebagai pestisida buatan dengan cara yang alami. Sehingga mampu berpotensi untuk mengusir tikus dengan cara yang efektif. 

 

6 dari 9 halaman

Tanaman Sage

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

Tanaman pengusir tikus lainnya yang dapat dijadikan sebagai inspirasi adalah tanaman sage. Kamu dapat menanam tanaman tersebut di pekarangan  atau halaman depan rumah. Sage biasanya dijadikan sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang indah dan menawan.

Namun ternyata tanaman sage juga terbilang cukup ampuh loh untuk mengusir tikus dalam rumah. Aroma khas dan kuat yang dikeluarkan dapat mengganggu kehadiran tikus, sehingga membuat mereka tidak lagi memasuki area rumah.

 

7 dari 9 halaman

Tanaman Sirsak

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

Selain dikenal sebagai tanaman yang kaya akan khasiat dan manfaat, tanaman sirsak ternyata dapat menjadi salah satu tanaman pengusir tikus loh! Daun dari tanaman sirsak memiliki aroma yang cukup menyengat.

Sehingga bisa digunakan untuk mengusir tikus yang berada di dalam area rumah. Kamu dapat merobek daun sirsak dan meletakkannya di beberapa sudut rumah, sehingga membuat tikus enggan untuk mendekat atau menetap dalam rumah.

8 dari 9 halaman

Tanaman Basil

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

Basil juga memiliki aroma yang begitu kuat sehingga dapat menjadi tanaman pengusir tikus alami. Tikus memiliki indra penciuman yang peka, tanaman basil memiliki senyawa tertentu yang mampu mengeluarkan aroma kuat dan khas sehingga membuat tikus tidak nyaman atau menghindari area tersebut.

Tanamlah tanaman basil pada sebuah pot dan tempatkan di pintu masuk, jendela atau area yang sering dilalui tikus. Aroma basil dapat mengusir tikus dengan perlahan dan mencegah mereka masuk ke dalam rumah. 

 

 

9 dari 9 halaman

Bunga Daffodils

Tanaman Pengusir Tikus © Diadona

 

Bunga daffodils dapat bertindak sebagai tanaman pengusir tikus, karena mengandung beberapa senyawa racun yang disebut sebagai alkaloid narcissine. Senyawa tersebut akan memberikan rasa pahit dan tidak menyenangkan jika dikonsumsi oleh hewan pengerat termasuk tikus. Penggunaan daffodils sebagai pengusir tikus akan lebih cocok untuk diterapkan pada area tertentu dimana tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Pertimbangkan kondisi tanah atau iklim agar tanaman dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

 

Itulah beberapa jenis tanaman pengusir tikus secara alami. Tanaman-tanaman tersebut dapat menjadi cara yang sederhana untuk menjauhkan tikus dari hunianmu. Jika kurang efektif, cobalah untuk memanfaatkan perangkap tikus yang menggunakan bahan kimia seperti lem tikus agar hewan tersebut langsung dapat tertangkap. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ya!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

 

 

Beri Komentar