7 Ide Taman Depan Rumah Tanpa Pagar yang Asri dan Anti Gersang, Bikin Profil Hunian Terlihat Sejuk

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 1 April 2024 22:15
7 Ide Taman Depan Rumah Tanpa Pagar yang Asri dan Anti Gersang, Bikin Profil Hunian Terlihat Sejuk
Cari inspirasi untuk taman depan rumah tanpa pagar yang sesuai denganmu di sini!

Percantik pekarangan, taman depan rumah tanpa pagar adalah salah alternatif yang banyak dipilih orang sebagai bagian dari eksterior hunian mereka. Banyak variasi desainnya, taman jenis ini banyak digunakan oleh orang yang huniannya berjenis kluster karena kebanyakan dari hunian ini tidak menggunakan pagar. Supaya tidak terlihat membosankan, taman pun digunakan untuk meramaikan depan rumah.

Ada banyak jenis taman depan rumah tanpa pagar yang bisa kamu adaptasi. Kalau kamu tidak memiliki banyak waktu luang untuk merawat taman depan rumah, ada taman kering yang bisa jadi solusi. Kamu tinggal sesuaikan saja desain dan jenis taman dengan kebutuhan hunian dan budget yang kamu miliki. Selain mempercantik pekarangan, kamu juga bisa membangun taman yang membentuk pagar hidup untuk memberikan ilusi pagar yang tidak kamu gunakan. Banyak sekali kreasi yang bisa kamu lakukan untuk taman di depan rumahmu.

Nah, ayo cek ide-ide taman depan rumah tanpa pagar cantik yang bisa jadi inspirasi untukmu di bawah ini!

 

1 dari 8 halaman

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar Simpel

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar © Diadona© Pinterest

Ide taman depan rumah tanpa pagar yang pertama menggunakan desain yang simpel. Mengisi ruang kosong depan rumah di sebelah garasi, taman ini menggunakan tanaman puring sebagai pagar hidup yang mengelilingi taman. Tidak perlu lahan yang banyak, tamanmu pun bisa terlihat penuh dan luas dengan lahan yang minimum.

Tidak memerlukan banyak jenis tanaman, kamu bisa meletakkan jenis tanaman yang kamu suka. Supaya terlihat semakin harmonis dan asri kamu juga bisa meletakkan berbagai pot tanaman hias di setiap pojok rumah! 

 

2 dari 8 halaman

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar Bonsai Mini

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar © Diadona© Pinterest

Terlihat sangat cantik, ide taman depan rumah tanpa pagar yang selanjutnya memajang bonsai mini yang imut sebagai focal point dari desain taman ini. Bonsai pun tidak berdiri sendirian melainkan dikelilingi oleh berbagai bunga kecil warna-warni yang meramaikan taman.

Walaupun tidak ada pagar, kamu bisa gunakan pagar mini untuk tamanmu supaya terlihat lebih cantik. Untuk mempercantik taman, kamu bisa kombinasikan bunga berwarna sesuai dengan selera, seperti merah muda dan putih. Menyeimbangkan kecantikan di taman, kamu juga bisa gantung berbagai jenis tanaman hias supaya dinding hunian tidak terlihat terlalu sepi.

 

3 dari 8 halaman

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar Lahan Sempit

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar © Diadona© Pinterest

Ide taman depan rumah tanpa pagar yang ketiga memanfaatkan ruang yang sempit di sisa lahan hunian dan menyulapnya menjadi taman hijau yang asri dan cantik. Pohon berbentuk bulat kecil-kecil bisa kamu pajang berjejer sebagai pagar hidup kecil.

Tanaman dengan tinggi yang bervariasi juga bisa kamu manfaatkan untuk meramaikan taman depan rumah tanpa pagar yang satu ini. Supaya bisa terlihat lebih cantik di malam hari, kamu bisa gunakan lampu taman kecil bercahaya kuning dengan formasi berjejer di sela pagar hidup untuk menghidupkan penampilan pekarangan hunianmu.

 

4 dari 8 halaman

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar Sederhana

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar © Diadona© Pinterest/wikipie.co.id

Terlihat sederhana dan tidak butuh banyak hiasan, ide taman depan rumah tanpa pagar yang satu ini tetap bisa mempercantik dan memperasri hunianmu. Bentangkan rumput gajah di ruang hunian yang tersisa dan padukan dengan tumbuhan hias yang tinggi untuk memberikan gambaran pagar yang hidup.

Tambahkan juga tanaman hias dengan berbagai warna untuk mempercantik taman dan meramaikan penampilan pekarangan. Contohnya seperti tanaman dengan daun berwarna ungu atau kuning. Kamu juga bisa tanam pohon buah supaya taman depan rumah tanpa pagar milikmu terasa lebih rindang!

 

5 dari 8 halaman

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar Taman Kering

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar © Diadona© Pinterest

Ide taman depan rumah tanpa pagar yang satu ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu atau budget untuk merawat taman basah konvensional yang biasanya dibangun orang-orang. Bahan utamanya adalah rumput sintetis yang sekarang bisa dengan mudah kamu beli di e-commerce dengan harga miring.

Hias dengan berbagai pot tanaman hias yang mudah dirawat dan taman depan rumah tanpa pagar khas milikmu sudah jadi! Kelebihan taman ini adalah bisa jadi tempat untuk aktivitas luar ruangan keluargamu, seperti duduk-duduk sore atau bermain biasa. 

 

6 dari 8 halaman

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar Minimalis Lapangan Rumput

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar © Diadona© Pinterest/Trung Hậu Nguyễn

Punya banyak lahan sisa di depan rumah? Ide taman depan rumah tanpa pagar yang keenam ini cocok untukmu! Pekarangan yang luas dengan bentuk taman bisa kamu gunakan untuk mempertegas jalan atau pathway menuju rumah yang terlihat modern.

Berkonsep minimalis, taman depan rumah tanpa pagar ini tidak memiliki banyak jenis tanaman dengan berbagai warna. Kamu bisa mengisi taman dengan berbagai tanaman hijau dan tanaman yang memiliki fungsi, seperti sayur atau buah. Buat juga pagar hidup di bagian samping taman dan di sepanjang jalan menuju rumah.

 

7 dari 8 halaman

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar Dengan Teras

Taman Depan Rumah Tanpa Pagar © Diadona© Pinterest/Celia Hill

Ide taman depan rumah tanpa pagar yang terakhir memiliki lahan yang cenderung sempit sehingga terlihat tergabung dengan teras yang kamu miliki depan rumah. Karena sempit dan mepet dengan teras, kamu bisa pasang batu alam untuk jalan masuk ke rumah supaya taman terlihat lebih cantik.

Pagar hidup dengan warna hijau dan putih juga memberikan ilusi taman yang ramai dan cantik. Jangan lupa tambahkan lampu taman ala retro yang terlihat unik dan tanaman merambat di fasad rumah untuk menegaskan suasana asri hunianmu!

 

8 dari 8 halaman

Banyak ya ide taman depan rumah tanpa pagar yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk pekarangan hunianmu! Jangan lupa untuk selalu merawat taman secara berkala supaya pekaranganmu bisa selalu terlihat cantik. Ide mana yang berhasil menginspirasi kamu, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul

 

Beri Komentar