8 Desain Rumah Kayu Kampung Modern yang Mewah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 6 November 2023 16:52
8 Desain Rumah Kayu Kampung Modern yang Mewah
Rumah kayu kampung bisa bikin hunian terasa lebih adem dan mewah ala modern meski mengusung konsep tradisional

Pasti banyak dari kalian yang bernostalgia ketika mendengar kata ‘rumah kayu kampung’. Rumah ini memiliki magnet tersendiri dalam menghadirkan kenangan manis di benak kita atau merasa seperti sedang berlibur ke kampung halaman nenek. Rumah kayu dengan berbagai karakteristiknya menjadi gaya khas dalam arsitektur tradisional Indonesia. Artikel ini akan mengajakmu mengulas keunikan dan keelokan rumah kayu yang menjadi warisan budaya Indonesia. 

Sesuai dengan namanya rumah kayu kampung terbuat dari bahan utamanya yaitu kayu yang peroleh dari alam sekitar. Kayu dapat menciptakan suasana kehangatan dan kenyamanan yang nggak kalah cantik. Rumah ini cocok digunakan sebagai tempat tinggal untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan karena suasana di kampung yang masih tenang. 

Siapa bilang kalau desain rumah kayu kampung itu ketinggalan zaman banget? Dalam beberapa tahun terakhir, rumah kayu mengalami berbagai modifikasi untuk memenuhi kebutuhan modern. namun esensi dan keindahan tradisionalnya masih tetap utuh. Kehangatan arsitektur yang sederhana namun indah telah membuat model rumah ini menjadi tempat yang disukai banyak orang. 

Menghadirkan rumah minimalis kayu kampung bisa merogoh kocek yang dalam jika menggunakan kayu dengan kualitas yang tinggi seperti kayu jati. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis kayu yang bisa kamu temukan dengan keunggulan yang berbeda-beda. Kamu tertarik punya hunian ini? Ini dia beberapa contoh gambar dan ulasan untuk inspirasi kamu saat membangun rumah kayu. 

 

1 dari 8 halaman

Rumah Kayu Kampung Modern

Rumah Kayu Kampung © Diadona

Gak nyangka! Rumah kayu kampung juga bisa tampil dengan gaya yang lebih kontemporer, lho! Rumah kayu bergaya modern ini mengusung konsep dengan kombinasi pesona tradisional dengan desain yang lebih minimalis. Salah satu keunikan model rumah ini adalah penggunaan kayu sebagai bahan utama yang disusun lebih bersih dan ringkas.

Rumah ini memiliki bentuk atap miring yang memberikan visualisasi yang minimalis dengan pencahayaan dari jendela kaca. Tambahkan sofa atau kursi di teras rumah untuk menikmati pemandangan asri di luar sambil bersantai.

 

2 dari 8 halaman

Rumah Kayu Kampung 2 Lantai

Rumah Kayu Kampung © Diadona

Jika kamu memiliki anggota keluarga dengan jumlah yang banyak, maka rumah kayu kampung 2 lantai cocok dijadikan ide yang bisa menginspirasimu. Rumah bertingkat ini memiliki lebih banyak ruang untuk menampung semua anggota keluarga.

Biasanya lantai atas digunakan sebagai ruang tidur, sedangkan lantai bawah digunakan sebagai tempat berkumpul seluruh anggota keluarga mulai dari ruang tamu, keluarga, dapur minimalis, hingga ruang makan. Dengan konsep yang memadukan kemewahan, rumah 2 lantai ini menjadi pilihan yang menarik bagi kamu yang ingin mencari kesejukan alam dengan sentuhan modern.

 

3 dari 8 halaman

Rumah Kayu Kampung Model Panggung

Rumah Kayu Kampung © Diadona

Salah satu rumah kayu kampung yang menjadi ciri khas Indonesia adalah rumah panggung, tepatnya berasal dari Sulawesi Barat, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan masih banyak lagi. Rumah panggung dibangun di atas tiang atau panggung, jadi rumah tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Model ini merupakan salah satu desain arsitektur tradisional yang populer di banyak daerah pedesaan Indonesia. Keuntungan utama dari rumah panggung adalah memberikan perlindungan dari banjir dan hewan liar, selain itu juga memberikan manfaat untuk menyimpan hasil panen atau ternak pada kolong rumah. 

 

4 dari 8 halaman

Rumah Kayu Kampung Gaya Farmhouse

Rumah Kayu Kampung © Diadona

Ingin tampilan rumah kayu kampung seperti gaya eropa? Konsep desain farmhouse menjadi tren yang semakin populer dalam arsitektur modern dan belum banyak diterapkan pada rumah-rumah di kampung. Masih menggunakan bahan utama kayu, namun yang membedakan adalah kombinasi cat warna putih dengan warna dasar sesuai selera kamu.

Biasanya warna putih digunakan pada furnitur rumah seperti pagar, jendela, pintu, hingga list atap rumah. Dijamin deh kalau kamu menerapkan desain ini, pasti bikin tetangga gagal fokus melihatnya. 

 

5 dari 8 halaman

Rumah Kayu Kampung Khas Jawa Timur

Rumah Kayu Kampung © Diadona

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi, termasuk dalam desain arsitektur rumah. Rumah kayu kampung khas Jawa Timur adalah salah satu contoh yang menarik dalam arsitektur tradisional Indonesia. Rumah kayu kampung khas Jawa Timur seringkali memiliki ciri khas berupa struktur kayu yang kokoh sebagai konstruksi utama, dengan atap berbentuk tumpang sari yang khas.

Rumah ini sering dihiasi dengan ukiran kayu yang memukau dan dekorasi yang mempertahankan unsur tradisional. Desain interior rumah ini memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan menjaga kesejukan di dalamnya, sangat penting dalam iklim tropis Jawa Timur.

 

6 dari 8 halaman

Rumah Kayu Kampung Betawi

Rumah Kayu Kampung © Diadona

Kalau liat rumah ini pasti udah nggak asing lagi, karena banyak seliweran di televisi. Selain Jawa Timur, masyarakat Betawi juga memiliki rumah kayu kampung dengan desain yang khas. Masyarakat punya julukan sendiri untuk rumah ini yaitu rumah kebaya karena memiliki bentuk atap yang mirip dengan pelana.

Rumah Betawi ini memiliki dua bagian yang wajib ada yaitu bagian depan dan belakang. Pada bagian depan ada teras yang luas untuk menjamu tamu, sedangkan pada bagian belakang rumah lebih bersifat private yang hanya boleh dimasuki oleh keluarga atau orang dekat saja.

7 dari 8 halaman

Rumah Kayu Kampung Model Joglo

Rumah Kayu Kampung © Diadona

Rumah Joglo adalah rumah tradisional Jawa Tengah yang terkenal dengan arsitektur atapnya yang megah dan indah. Rumah kayu kampung gaya joglo adalah salah satu desain yang sering digunakan pada rumah klasik modern karena tampilannya yang  mewah elegan. Rumah kayu kampung gaya joglo memiliki bentuk atap joglo yang khas, dengan bentuk yang melengkung dan runcing di puncaknya.

Salah satu fitur paling mencolok dari rumah joglo adalah ukiran kayu yang menghiasi bagian-bagian penting rumah, seperti tiang penyangga dan balok kayu. Ukiran ini seringkali menggambarkan motif-motif tradisional yang kaya makna budaya, seperti bunga, daun, dan bahkan tokoh-tokoh mitologi.

8 dari 8 halaman

Rumah Kayu Kampung Atap Jerami

Rumah Kayu Kampung © Diadona

Selain menggunakan genteng, rumah kayu kampung juga sering memanfaatkan jerami sebagai atap rumah. Atap jenis ini akan merubah tampilan rumah kamu jadi lebih rustik dan unik. Jerami berfungsi sebagai insulasi alami untuk menjaga suhu rumah agar tetap nyaman dan sejuk, jadi tidak perlu khawatir merasa kepanasan. Selain itu jerami juga memiliki keunggulan lain yaitu kuat dan tahan lama. Meskipun dari tampilannya terlihat rapuh, namun jika jerami diikat dalam satu buntalan akan jadi lebih kuat bahkan bisa dijadikan sebagai penyangga. 

Oke Diazen!, itulah tadi 8 contoh gambar rumah kayu kampung beserta ulasannya yang siap jadi inspirasi desain hunian kamu. Jangan lupa untuk siapkan budget dan tentukan mau kayu jenis apa yang akan kamu gunakan. 

 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

 

Beri Komentar