3 Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 6 November 2023 15:34
3 Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps
Cara mendaftarkan alamat rumah di google maps kini sudah terbilang cukup mudah untuk dilakukan, sangat berguna untuk memudahkan seseorang menemukan lokasi yang dicari atau bahkan menyimpan alamat

Sebelum teknologi semakin berkembang pesat, dulunya semua manusia masih menggunakan peta sebagai alat untuk mencari lokasi yang dinilai cukup akurat. Penggunaan peta secara manual terkadang membutuhkan ketelitian yang mendalam untuk membaca dengan baik agar dapat menemukan arah yang tepat.

Namun, kini dunia telah beralih canggih menjadi serba teknologi, termasuk penggunaan Google Maps untuk mencari alamat yang akurat. Agar sebuah lokasi tempat atau rumah dapat mudah terdeteksi dan ditemukan, maka penting untuk mencari cara mendaftarkan alamat rumah di google maps

Kehadiran Google Maps kini sangat memudahkan masyarakat untuk mencari lokasi atau tempat yang ingin dituju dan platform tersebut terbilang cukup akurat. Mendaftarkan alamat rumah di Google Maps menjadi salah satu langkah yang sangat berguna untuk memudahkan seseorang menemukan lokasi yang dicari atau bahkan menyimpan alamat penting.

Cara mendaftarkan alamat rumah di google maps kini sudah terbilang cukup mudah untuk dilakukan, karena berbagai tata cara telah tersedia di Google. 

Dengan kehadiran google maps, hampir seluruh masyarakat merasakan manfaat dari aplikasi tersebut yang digunakan sehari-hari. Dengan menyuguhkan berbagai fitur menarik, semakin memudahkan penggunanya untuk mengakses lokasi yang ingin dituju salah satunya rumah seseorang. Agar tidak bingung, yuk coba untuk mempelajari bagaimana cara mendaftarkan alamat rumah di google maps sebagai berikut.

 

1 dari 3 halaman

Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps melalui HP

Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps © Diadona

Mengakses google maps dari hp merupakan cara yang paling praktis ketika ingin mencari alamat dituju dengan mudah. Untuk kamu yang sedang ingin mencari cara mendaftarkan alamat rumah di google maps melalui HP tak perlu khawatir, karena berikut telah kami rangkumkan beberapa langkah mudah yang dapat kamu coba pada smartphone iOS atau Android. 

  • Pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Google Maps melalui Google Play Store untuk perangkat android atau App Store pada pengguna iOS. 

  • Buka aplikasi, kemudian pilih menu tab contribute (+) pada sisi bawah. Kemudian akan muncul beberapa ikon pilihan, pilih opsi add place.

  • Isi beberapa formulir data yang tersedia secara lengkap seperti nama lokasi, kategori, dan tambahkan address untuk menampilkan alamat lengkap. 

  • Untuk melengkapi data informasi, kamu dapat menambahkan details seperti add phone, hours, opening date (lokasi toko), place photos agar lebih mudah terverifikasi google maps.

  • Jika sudah dilengkapi dengan sempurna, kemudian tekan tombol send yang memakai ikon pesawat kertas pada pojok kanan atas. 

  • Setelah lokasi rumah tertera di google maps, kamu juga dapat menandai alamat dengan membuka pop-up dan tekan informasi lebih lanjut. Kemudian tekan “ tambahkan label” atau opsi serupa yang muncul.

  • Tulis untuk memberi nama label atau deskripsi rumah kamu. Beri nama yang mudah diingat seperti “ Alamat Utama” atau “ Rumah Saya”. Kemudian tekan opsi “ Simpan” atau “ Selesai”.

  • Alamat rumahmu sudah tersimpan dalam daftar alamat yang dapat diakses kapan saja pada Google Maps. Kamu juga dapat membagikan alamat rumah kepada keluarga atau kerabatmu.

Pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi google maps pada Google Play Store atau App Store, agar pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur menarik yang memudahkan untuk mencari alamat atau lokasi tujuan. 

 

 

2 dari 3 halaman

Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps dari PC

Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps © Diadona

Selain mendaftarkan alamat rumah pada HP, kamu juga dapat mendaftarkan lokasi baru melalui PC atau komputer loh! Cara mendaftarkan alamat rumah di google maps dari PC juga terbilang cukup mudah dengan mengunjungi situs resmi website google maps secara langsung. Yuk simak berikut ini:

  • Buka peramban web (browser) pada komputer, kunjungi website resmi Google Maps. Pastikan jika akun Google milikmu telah ter login dengan baik pada sisi pojok kanan atas di laman situs yang tertera. 

  • Kemudian, pilih ikon tiga garis pada pojok kiri atas. 

  • Pada ikon tersebut terdapat banyak pilihan menu, tekan menu “ Add a missing place” untuk menambahkan lokasi baru termasuk alamat rumah.

  • Isi beberapa formulir data yang tersedia mencakup place name, category, address. Tulis formulir tersebut secara lengkap. 

  • Agar lebih mudah terverifikasi google maps, tambahkan details seperti add phone, opening dates, hours, photos dan lainnya. 

  • Jika sudah terisi dengan lengkap, tekan tombol send untuk mengirim informasi lokasi tentang alamat rumahmu. 

  • Setelah lokasi rumah tertera di google maps, kamu dapat menandai alamat dengan nama “ Rumah Saya” atau “ Alamat Utama”. Lalu, tekan opsi simpan dan selesai. 

Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps © Diadona

 

Meskipun sudah berhasil mengirimkan alamat pada google maps, namun kamu belum bisa dianggap sebagai pemilik dari lokasi tersebut. Karena Google harus melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan apakah alamat tersebut telah akurat. Jika ingin menjadikan alamat tersebut sebagai hak milik, maka diperlukan langkah verifikasi untuk mengklaim jika lokasi tersebut merupakan milikmu secara resmi. 

 

3 dari 3 halaman

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps dari Google My Business

Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps © Diadona

Selain mendaftarkan alamat rumah, google maps juga dapat memudahkan calon konsumen untuk menemukan informasi lokasi seputar bisnis secara langsung. Jika kamu berencana untuk mendaftarkan lokasi bisnis dalam fitur google maps, yuk simak beberapa langkah di bawah ini:

 

  • Buka peramban browser pada komputermu, kunjungi website resmi Google My Business. Jika belum memiliki akun, pastikan untuk melakukan sign in akun terlebih dahulu. 

  • Masukkan beberapa details bisnis seperti nama bisnis, pilih jenis bisnis retail online, toko lokal atau bisnis layanan. Kemudian pilih menu berikutnya dan masukkan kategori bisnis milikmu. 

  • Lengkapi formulir lokasi bisnis secara lengkap mulai dari lokasi negara, alamat, kota, provinsi hingga kode pos.

  • Kemudian verifikasi lokasi bisnis secara akurat dengan memposisikan penanda ke lokasi persis tempat bisnismu.

  • Untuk memudahkan pelanggan menghubungi alamat bisnis, tambahkan beberapa informasi details seperti nomor telepon, situs website dan lainnya.

  • Selanjutnya tentukan data informasi tampilkan bisnis pada peta. Tujuannya agar calon konsumen lebih mudah untuk menghubungi pemilik bisnis. 

  • Tekan menerima newsletter dari Google Bisnisku atau tidak

  • Langkah terakhir adalah melakukan verifikasi informasi bisnis milikmu. Tunggu hingga menerima email berisikan kode verifikasi. Nantinya surat tersebut akan dikirim secara langsung ke alamat bisnismu. Jangan lupa untuk ketik nama pengirim pada sisi kolom dan klik kirim. Tunggu beberapa hari hingga surat verifikasi tersebut datang ke alamat atau lokasi yang telah didaftarkan pada google maps. 

 

Jika kamu sudah menerima surat yang dikirimkan ke alamat bisnismu, maka kamu dapat segera melakukan verifikasi lanjutan dan melengkapi berbagai informasi yang dibutuhkan pada akun Google My Business secara langsung. 

Meskipun cara mendaftarkan alamat rumah di google maps terlihat mudah, sistem keamanannya juga terjamin loh! Kamu hanya menunggu verifikasi lanjutan untuk mendapat keamanan yang terjamin. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika takut diretas atau ada kejahatan lainnya. Pastikan untuk rutin mengubah password email yang digunakan sebagai verifikasi akun Google Maps. Semoga bermanfaat!

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar