7 Pilihan Lantai untuk Rumah yang Keren dan Kekinian

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 22 Desember 2023 10:17
7 Pilihan Lantai untuk Rumah yang Keren dan Kekinian
Pilihan lantai untuk rumah nggak hanya itu-itu aja, loh!

Pilihan lantai untuk rumah dengan desain modern dan elegan tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi kamu dalam menciptakan tampilan rumah yang menawan, loh!  Lantai rumah merupakan elemen terpenting pada rumah yang tidak hanya sebagai alas saja, tetapi juga estetika rumah. Kini beragam desain rumah selalu memiliki tampilan yang menarik dengan tambahan model lantai rumah yang ciamik. 

Tentunya untuk mendapat rumah dengan tampilan tersebut, kamu dapat mempertimbangkan pemilihan lantai yang tepat. Dengan demikian, lantai rumah tidak hanya memberikan keindahan tampilan rumah, tetapi juga membuat kamu terasa nyaman sebagai pemilik hunian. Oleh karena itu, memilih lantai untuk digunakan di rumah nggak boleh sembarangan ya, Diazens!

Sedang mencari pilihan lantai untuk rumah? Berikut pilihan lantai rumah yang bisa kamu sesuaikan dengan selera atau desain rumah kamu, nih Diazens!

1 dari 7 halaman

Lantai Marmer

Pilihan Lantai untuk Rumah © Diadona

Pilihan lantai untuk rumah yang satu ini selalu memiliki daya tarik yang fancy untuk ruangan kamu. Yap, marmer ini merupakan batuan dengan pola dan corak unik yang terbentuk dari metamorfosis batu kapur atau gamping. Oleh karena itu, tidak heran mengapa lantai marmer ini memiliki harga yang cukup fantastis di pasaran.

Dengan pola corak yang unik ini, marmer menjadi pilihan yang favorit untuk membuat tampilan interior rumah tampak mewah dan memukau. Selain itu, marmer ini memiliki sifat yang kuat dan kokoh, sehingga lebih tahan lama dan awet, Diazens!

2 dari 7 halaman

Lantai Granit

Pilihan Lantai untuk Rumah © Diadona

Selanjutnya, lantai granit juga cukup sering menjadi pilihan lantai untuk rumah karena memiliki material yang kuat dan estetika yang oke untuk tampilan rumah. Sama seperti marmer, granit ini juga merupakan jenis batuan alami dan dari segi harga juga cukup mahal. Keramik granit ini hadir dengan berbagai pilihan warna sekaligus sebagai pemanis ruangan karena memiliki corak yang unik. 

Keramik granit ini memiliki ketahanan yang kuat dan tidak mudah lecet atau tergores dengan benda tajam. Lantai granit cenderung licin ketika terkena air, oleh karena itu penting untuk segera dilap jika basah.

3 dari 7 halaman

Lantai Keramik

Pilihan Lantai untuk Rumah © Diadona

Pilihan lantai untuk rumah yang satu ini memang sangat umum digunakan dan mudah ditemukan di berbagai toko bangunan. Yap, lantai keramik ini menjadi pilihan favorit, karena selain memiliki desain yang sangat beragam, mulai dari motif marmer, kayu, hingga motif batu alam, keramik juga memiliki harga yang relatif terjangkau. 

Lantai keramik ini mudah untuk dibersihkan, kamu hanya perlu menyapu atau mengelapnya secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kilau permukaannya. Selain itu, lantai keramik memiliki sifat yang menyerap suhu sekitar, nih!

4 dari 7 halaman

Lantai Vinyl

Pilihan Lantai untuk Rumah © Diadona

Pilihan lantai untuk rumah  yang satu ini kini sangat diminati banyak orang untuk diaplikasikan di lantai ruangan, terutama lantai kamar tidur. Sama dengan keramik, lantai vinyl juga memiliki motif yang beragam, mulai dari kayu, marmer hingga bentuk keramik. 

Berbagai kelebihan yang ditawarkan dengan penggunaan lantai vinyl ini, antara lain mudah dalam pemasangannya, anti noda dan juga tahan goresan. Oleh karena itu, tak heran jika lantai vinyl ini mulai menjadi pilihan yang praktis sekaligus membuat ruangan tampak cantik.

5 dari 7 halaman

Lantai Plester

Pilihan Lantai untuk Rumah © Diadona

Jika kamu tertarik dengan tampilan ruangan yang timeless atau industrialis, lantai plester ini dapat menjadi pilihan lantai untuk rumah kamu, nih! Lantai plester terbuat dari campuran semen, pasir, dan air yang kemudian diratakan untuk membentuk permukaan yang halus dan rata. 

Hal yang menjadikan alasan mengapa lantai plester ini cukup sering menjadi pilihan yakni karena hemat budget, mudah dibersihkan dan relatif mudah pembuatannya. Namun, lantai plester sedikit memerlukan perawatan lebih karena cenderung rentan terhadap keretakan.

6 dari 7 halaman

Lantai Karpet

Pilihan Lantai untuk Rumah © Diadona

Pilihan lantai untuk rumah yang selanjutnya yakni lantai karpet. Lantai karpet adalah permukaan lantai yang ditutupi oleh karpet atau gulungan tekstil yang lembut dan nyaman. Jadi cocok banget bagi kamu yang ingin suasana rumah terasa comfy dan hangat. 

Namun, perawatan lantai karpet ini tidaklah mudah. Lantai karpet akan cenderung mudah menyerap noda dan debu, sehingga membutuhkan pembersihan secara teratur agar tetap bersih.

7 dari 7 halaman

Lantai Parket

Pilihan Lantai untuk Rumah © Diadona

Pilihan lantai untuk rumah yang satu ini juga nggak kalah favoritnya dengan yang lainnya, loh! Dengan tampilan kayunya, membuat ruangan tampak elegan dan estetik. Lantai parket terbuat dari potongan-potongan tipis kayu yang disusun secara geometris untuk membentuk permukaan lantai yang indah. 

Lantai parket ini sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai desain ruangan mulai dari gaya klasik hingga kontemporer. Meskipun dengan material kayu, lantai parket ini relatif mudah dibersihkan dan tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus. 

Nah, itu dia beberapa pilihan lantai untuk rumah yang bisa kamu jadikan referensi untuk diaplikasikan di rumah. Jadi udah nggak bingung lagi kan mau milih lantai untuk rumah? 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar