8 Desain Kongliong Modern untuk Interior Lebih Menawan, Ada yang Kotak sampai Bentuk Setengah Lingkaran

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 14 Desember 2023 18:12
8 Desain Kongliong Modern untuk Interior Lebih Menawan, Ada yang Kotak sampai Bentuk Setengah Lingkaran
Desain kongliong modern merujuk pada elemen arsitektur Tiongkok tradisional berupa bukaan atau celah di antara dua ruangan, berfungsi sebagai penghubung antar ruang

Mungkin banyak dari Diazen yang masih asing mendengar istilah desain kongliong modern yang terdengar seperti bahasa asing. Yuk kita cari tau lebih lanjut, apa sih kongliong itu?

istilah ‘Kongliong’ merujuk pada elemen arsitektur Tiongkok tradisional yang merupakan bukaan atau celah di antara dua ruangan, berfungsi sebagai penghubung antar ruang. Seiring berkembangnya gaya arsitektur kini tersedia berbagai macam desain kongliong modern yang punya tampilan menawan dan cocok untuk segala jenis ruang. 

Desain kongliong modern menghadirkan konsep visual yang memukau, dengan menggabungkan estetika tradisional dengan elemen-elemen kontemporer. Bentuknya pun bervariasi ada yang kotak, melengkung, hingga yang memiliki bentuk unik.

Selain itu biasanya menggunakan material modern seperti baja, kaca, dan beton, menciptakan tampilan yang elegan dan futuristik. Kongliong menciptakan keterbukaan dan sirkulasi udara yang alami antara dua ruang, menciptakan suasana yang nyaman dan sehat. 

Selain itu, desain kongliong modern sering kali dimanfaatkan untuk memberikan pencahayaan alami yang optimal, mengurangi ketergantungan pada sumber cahaya buatan. Dengan demikian, kongliong modern tidak hanya menjadi elemen arsitektur yang memikat, tetapi juga solusi pintar dalam mempercantik interior rumah.

Maka nggak heran lagi, kalau desain kongliong sering dipertimbangkan dengan matang sesuai dengan konsep rumah yang ingin diusung agar senada.

Nah, pas banget! artikel ini akan memberikan Diazen referensi terkait desain kongliong modern yang tentunya cocok buat tren desain interior saat ini!

 

1 dari 8 halaman

Kongliong Modern Melengkung

Desain Kongliong Modern © Diadona

Ada banyak pilihan desain kongliong modern yang cocok untuk rumah mewah, Nah nggak ada salahnya kan untuk menerapkan desain melengkung ini seperti pada gambar diatas. Bentuk melengkung pada kongliong memberikan kesan yang lebih tidak kaku dan tentunya memiliki tampilan yang elegan.

Pada lekukan kongliong tersebut kamu bisa menambahkan ukiran untuk menambah sentuhan visual yang memadukan klasik dan modern. Selain itu sirkulasi udara yang optimal dan pencahayaan alami tetap jadi fokus utama menciptakan ruang yang nyaman.

 

 

2 dari 8 halaman

Kongliong Modern Kotak

Desain Kongliong Modern © Diadona

Desain kongliong modern bentuk kotak menghadirkan sudut-sudut tegas dan garis lurus, yang memberikan tampilan yang bersih, minimalis, dan sangat kontemporer. Keindahan sederhana dalam kongliong bentuk kotak tidak hanya menambah daya tarik visual, tetapi juga cocok dengan berbagai jenis arsitektur modern.

Pilihan bentuk kotak pada kongliong modern memberikan kesan keanggunan yang simpel dan mudah dipadukan dengan gaya hidup urban. Meskipun tampilan eksteriornya bersifat minimalis, kongliong bentuk kotak tetap mempertahankan fungsi utamanya sebagai elemen penghubung antar-ruang yang menarik. 

 

3 dari 8 halaman

Kongliong Modern Kayu

Desain Kongliong Modern © Diadona

Umumnya kongliong memang terbuat dari tembok, namun desain kongliong modern yang satu ini berbeda yaitu terbuat dari kayu. Material kayu sering dipilih oleh sebagian besar orang yang menginginkan sentuhan kehangatan di dalam rumah.

Kelebihan lain dari kayu adalah kemudahan untuk membentuknya mulai dari yang rumit hingga sederhana. Model kongliong pada gambar di atas memberikan tampilan yang klasik dengan perpaduan garis pada bagian atas menambah kesan modern.

 

4 dari 8 halaman

Kongliong Modern Putih dengan Ukiran

Desain Kongliong Modern © Diadona

Desain kongliong modern warna putih dengan ukiran menghadirkan sentuhan elegan dan mewah pada desain arsitektur kontemporer. Warna putih memberikan tampilan yang bersih, cerah, dan memberikan kesan luas pada ruangan, sementara ukiran yang dipilih dengan cermat menambahkan unsur artistik yang klasik.

Perpaduan antara klasik dan kontemporer pada kongliong ini menciptakan atmosfer yang unik, di mana kemegahan dan kesederhanaan bersatu pada desain arsitektur. Model kongliong ini sering digunakan pada rumah yang ingin menampilkan kemewahan.

 

5 dari 8 halaman

Kongliong Modern List Hitam

Desain Kongliong Modern © Diadona

Nggak kalah elegan dari desain kongliong modern warna putih, model satu ini mengusung bingkai hitam sebagai kontras yang tajam pada desain arsitektur. Bingkai hitam memberikan batasan yang jelas pada kongliong sebagai pembatas ruangan.

Efek kontras ini menciptakan sentuhan modern yang dramatis dengan warna monokrom. Diazen bisa padukan bingkai warna hitam ini pada berbagai bentuk kongliong mulai dari kotak hingga yang memiliki bentuk unik. Model ini biasanya cocok untuk rumah yang memiliki desain interior warna monokrom. 

 

6 dari 8 halaman

Kongliong Modern Model Pilar

Desain Kongliong Modern © Diadona

Desain kongliong modern selanjutnya adalah model pilar yang sering digunakan pada rumah-rumah dengan interior bergaya klasik. Adanya pilar pada kongliong ini memberikan kesan kokoh dan megah namun tetap mempertahankan sisi modern yang bersih dan minimalis.

Keistimewaan kongliong pilar ini terletak pada detail dari garis-garis pilar dan lekukan kongliong sehingga menciptakan visual yang sangat menarik mata. Jika kamu ingin memiliki kongliong pilar ini maka sesuaikan dengan ukuran ruangan yang ingin kamu pasang penghubung ruang agar tidak terasa sesak. 

 

7 dari 8 halaman

Kongliong Modern Semi Panel

Desain Kongliong Modern © Diadona

Berbeda dengan model-model sebelumnya, desain kongliong modern ini mengusung konsep semi panel dengan pintu penghubung yang terbuat dari kaca transparan. Pintu kaca transparan memberikan fleksibilitas dalam tata letak ruangan serta tampilan yang modern dan terbuka.

Pintu kaca terdiri dari banyak model baik itu desainnya ataupun sistem bukaannya mulai dari pintu geser hingga pintu engsel. Nggak heran kalau material kaca sering digunakan pada arsitektur modern karena visualnya yang memukau.

8 dari 8 halaman

Kongliong Modern Setengah Lingkaran

Desain Kongliong Modern © Diadona

Desain kongliong modern setengah lingkaran mempersembahkan desain arsitektur yang memikat dengan bentuk yang unik dan elegan. Dengan memanfaatkan bentuk setengah lingkaran, kongliong ini memberikan tampilan yang artistik dan kontemporer.

Keberanian dalam mengadopsi bentuk yang tidak konvensional ini membuktikan bahwa desain arsitektur dapat berinovasi tanpa kehilangan keindahan. Bentuk setengah lingkaran sangat cocok digunakan pada berbagai jenis desain interior rumah yang jadi pusat perhatian

Gimana Diazen terjawab sudah kan rasa penasaran kalian? Itulah tadi sederet desain kongliong modern untuk menghubungkan ruangan di rumahmu! Semoga bermanfaat ya

 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

 

Beri Komentar