Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Ketahui Dulu Lebih Detail Sebelum Membeli

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 19 Februari 2024 08:00
Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Ketahui Dulu Lebih Detail Sebelum Membeli
Kok sepertinya sama persis ini kedua kompor ini, lalu bedanya apa ya?

Di dunia yang sudah serba modern ini, dalam hal masak memasak pun sudah banyak perkembangan yang terjadi. yaitu seperti adanya kompor listrik dan induksi yang mulai populer menyaingi kompor yang menggunakan gas atau kompor konvensional.

Secara umum, baik kompor listrik ataupun kompor induksi ini nggak beda jauh karena sama-sama menggunakan listrik sebagai tenaga utama. Nggak cuma itu, dari segi tampilan pun keduanya juga punya bentuk yang identik satu sama lain.

Lantas, apa perbedaan dari kompor listrik dan kompor induksi ini? Diadona sudah merangkum perbedaan keduanya di dalam artikel di bawah ini, yuk simak artikelnya sampai habis ya!

1 dari 6 halaman

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi © Diadona

Apa Itu Kompor Listrik?

Kompor listrik adalah peralatan yang berfungsi untuk memanaskan sesuatu atau memasak makanan dengan menggunakan sumber tenaga listrik. Kompor ini termasuk dalam peralatan listrik rumah tangga yang digolongkan sebagai peralatan pemanas berdaya sedang.

Kompor listrik memiliki arus listrik yang mengalir melalui kumparan logam di bawah permukaan kaca atau keramik plat (perantara). Prinsip memasak dan cara kerja pada kompor listrik yaitu perpindahan panas radiasi antara kompor dan panci.

Apa Itu Kompor Induksi?

Kemudian, kalau kompor induksi adalah menggunakan elektromagnet sebagai pengganti kumparan logam pada kompor listrik. Arus listrik bergantian saat melewati cincin ke peralatan masak.

Tetapi, kompor induksi ini memerlukan peralatan masak khusus agar kompor dapat bekerja. Biasanya panci yang digunakan pada kompor induksi berbentuk datar pada bagian bawah serta memiliki bahan lapisan magnet sebagai penghantar panas (konduktor).

2 dari 6 halaman

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi

Jika kamu masih bingung dengan kompor listrik dan induksi, berikut ini adalah paparan perbedaan keduanya secara lengkap yang bisa kamu simak. Langsung cek saja ya, Diazens.

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi © Diadona

Cara Kerja

Salah satu perbedaan paling mencolok antara kompor listrik dan kompor induksi adalah cara kerjanya. Jadi, kompor listrik menggunakan elemen pemanas resistif untuk menghasilkan panas, sedangkan kompor induksi menggunakan teknologi induksi elektromagnetik.

Efisiensi Energi

Kedua, dalam hal efisiensi energi, kompor induksi memiliki keunggulan yang signifikan. Karena panas dihasilkan langsung di dalam wadah memasak, kompor induksi lebih efisien dalam memanaskan makanan. Sedangka, kompor listrik memanaskan permukaan memasak terlebih dahulu, yang kemudian mentransfer panas ke wadah memasak.

3 dari 6 halaman

Waktu Pemanasan

Kemudian, kompor induksi juga terkenal karena waktu pemanasan yang cepat. Jika kamu bandingkan dengan kompor listrik konvensional, kompor induksi dapat memanaskan wadah memasak dengan lebih cepat karena panas dihasilkan langsung di dalamnya.

Keamanan

Next dari segi keamanan, kompor induksi biasanya dianggap lebih aman daripada kompor listrik konvensional. Ini karena permukaan kompor induksi tetap dingin selama proses memasak, yang mengurangi risiko terbakar atau cedera akibat kontak dengan permukaan yang panas.

4 dari 6 halaman

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi © Diadona

Bahan Wadah Memasak

Tetapi ada satu hal yang kita perlu perhatikan bahwa kompor induksi membutuhkan wadah memasak yang terbuat dari logam ferromagnetik, seperti besi cor atau baja nirkarat, agar dapat berfungsi dengan baik. Sedangkan, kompor listrik dapat menggunakan berbagai jenis wadah memasak.

Cara Membersihkan

Untuk membersihkan kompor listrik, kamu perlu mendiamkan dan menunggu kompor hingga dingin. Apalagi, setelah baru kamu gunakan untuk memasak. Berbeda dengan kompor induksi, kamu bisa langsung membersihkannya. Kompor induksi tidak terasa panas meski baru digunakan.

Harga

Terakhir dari harga, harga kompor listrik umumnya lebih murah daripada kompor induksi. Hal ini karena teknologi kompor induksi relatif baru. Namun, jika beli kompor induksi walau mahal di awal, tidak terlalu menelan biaya listrik yang banyak per bulan.

5 dari 6 halaman

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi © Diadona

Lalu, Mana yang Paling Oke?

Tiba di kesimpulan, mana sih yang paling oke untuk penggunaan sehari-hari antara kompor listrik dan kompor induksi? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan memasak dan dapur kamu, Diazens.

Kompor induksi menawarkan efisiensi energi yang lebih tinggi, waktu pemanasan yang lebih cepat, dan keamanan yang lebih baik, tetapi memerlukan wadah memasak khusus. Sementara kompor listrik lebih umum dan lebih fleksibel dalam penggunaannya.

Kamu tinggal sesuaikan dengan gaya memasak dan kebutuhan dapur kamu saja untuk memilih yang terbaik. So, kalau kamu pilih kompor listrik atau Induksi, Diazens?

Beri Komentar