12 Barang yang Tidak Boleh Masuk Lubang Wastafel, Auto Bikin Mampet dan Merusak Lingkungan

Reporter : Yoyok
Selasa, 13 Februari 2024 18:33
12 Barang yang Tidak Boleh Masuk Lubang Wastafel, Auto Bikin Mampet dan Merusak Lingkungan
Sering banget nih wastafel mampet gara-gara kamu sengaja buang sesuatu ke dalamnya.

Siapa bilang semua sampah makanan bisa dibuang ke dalam lubang wastafel? Patut kamu ketahui bahwa ada beberapa barang yang tidak boleh masuk ke dalam wastafel. Seperti kita tahu, wastafel marupakan bagian dari rumah yang sangat membantu. Letak wastafel memang terbilang banyak di setiap rumah membuatnya mudah terjangkau dan fungsional.

Wastafel yang fusngi utamanya adalah membersihkan tentu saja bakal membantu banyak pekerjaan manusia. Contohnya seperti cuci piring, membilas tangan, atau membersihkan berbagai benda lainnya yang tentu saja tahan air.

Di wastafel terdapat sebuah lubang, tempat di mana air akan mengalir terbuang. Namun lubang di wastafel bukanlah tempat pembuangan sampah lho Diazens. Banyak orang sering kali, baik disengaja maipun tidak disengaja, membuang sampah ke dalam wastafel. Entah itu sampah makanan, atau barang yang tidak seharusnya masuk ke dalam wastafel.

Jika sembarangan membuang atau memasukkan sesuatu ke dalam lubang wastafel, maka saluran akan mudah tersumbat dan endingnya tidak bisa digunakan lagi. Ujung-ujungnya wastafelnya bakalan dibongkar, pastinya butuh dana dan effort yang banyak.

Maka dari itu Diazens, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa barang atau benda yang tidak boleh masuk ke dalam wastafel. Yuk kita simak.

1 dari 6 halaman

Minyak Goreng

Barang pertama yang tidak boleh masuk ke dalam wastafel adalah minyak. Minyak menjadi salah satu item yang sering membuat saluran air wastafel mampet lho. Meskipun berbentuk cair, tapi jika minyak bercampur dengan sampah makanan lain di saluran air wastafel nantinya akan menjadi lumpur. Lumpur yang sulit dibersihkan tersebut tersebut nantinya yang bakal menyebabkan wastafel mampet. Bahan-bahan lain yang berbahan dasar minyak juga sebaiknya tidak dibuang ke dalam wastafel, contohnya seperti mayones, margarin, ataupun saus.

Barang yang Tidak Boleh Masuk Wastafel © Diadona

Cangkang Telur

Benda berikutnya yaitu cangkang telur. Walaupun tampak halus, cangkang telur bisa menjadi masalah besar untuk saluran air wastafel. Ketika basah, cangkang telur bisa menjadi lengket dan akan melapisi pipa saluran. Jika lapisan ini mengeras, maka akan sangat susah untuk dibersihkan. maka dari itu, jangan sampai cangkang telur terbuang ke dalam lubang wastafel ya.

2 dari 6 halaman

Beras

Barang berikutnya yang tidak boleh masuk ke dalam wastafel adalah beras. Sering kali beras jatuh ke dalam lubang wastafel ketika sedang dicuci. Butiran beras yang terkena air nantinya bakal menggumpal dan akan menyumbat saluran pipa.

Barang yang Tidak Boleh Masuk Wastafel © Diadona

Tepung

Selanjutnya ada tepung yang terbilang haram untuk dibuang ke dalam wastafel. Duet antara tepung dan air nantinya bakal sukses membuat saluran pipa wastafel tersumbat. Gabungan tepung dan air nantinya akan menciptakan sebuah pasta bersifat lem yang sangat bisa mengeras di dalam saluran pipa.

3 dari 6 halaman

Ampas Kopi

Ampas kopi termasuk dalam barang yang tidak boleh masuk ke dalam wastafel. Walaupun berbentuk seperti debu, namun jika jumlahnya banyak nantinya bakal bisa menyumbat saluran pipa. Jika sudah banyak, sifatnya bakal seperti tanah dan menumpuk tebal di dalam saluran.

Barang yang Tidak Boleh Masuk Wastafel © Diadona

Obat-obatan

Faktor utama mengapa obat-obatan dilarang masuk wastafel adalah karena berbahaya untuk lingkungan. Obat yang terbuang nantinya bakal merusak lingkungan serta biota laut. Malahan, zat-zat kimia dalam obat juga bisa tercampur ke dalam sumber dan endingnya bakal berbentuk air minum.

4 dari 6 halaman

Pasta

Seperti disebutkan sebelumnya, semua bahan yang terbuat dari tepung haram hukumnya untuk masuk wastafel. Begitu pula dengan pasta yang menjadi salah satu barang yang tidak boleh masuk wastafel. Pasti bisa tersangkut di bilah pipa lalu membengkak dan nantinya bikin mampet.

Barang yang Tidak Boleh Masuk Wastafel © Diadona

Lemak Sisa Menggoreng

Lemak sisa menggoreng bisa banget menyumbat saluran air di wastafel. Beberapa potong daging yang terbuang nantinya akan mengeras karena suhu ruangan. Hal ini yang akan membuat wastafel mampet.

5 dari 6 halaman

Air Panas

Berikutnya yaitu benda atau barang yang tidak boleh masuk ke dalam wastafel adalah air panas. Air panas memang tidak bikin tersumbat, namun bisa banget untuk merusak saluran pipa. Ada beberapa pipa yang tidak tahan panas, seperti PVC, Pex, serta CPVC. maka dari itu, jika kamu ingin membuang air panas ke wastafel, nyalakan juga keran agar tercampur dengan air dingin.

Barang yang Tidak Boleh Masuk Wastafel © Diadona

Pemutih

Pemutih memang tidak akan bikin mampet atau merusak lingkungan. Namun, jika pemutih tercampur dengan sabun cuci piring, zat yang dihasilkan akan sangat berbahaya untuk kesehatan. Ketika pemutih dan amonia, zat di dalam sabun cuci piring tercampur, nanti akan menghasilkan gas kloramin yang dapat menyebabkan iritasi hingga masalah kesehatan yang cukup fatal.

6 dari 6 halaman

Seledri

Ada satu sayur yang sifatnya haram untuk dibuang ke dalam wastafel, yaitu seledri. Jika dimakan, seledri bersifat seperti benang yang mudah masuk ke sela-sela gigi. bayangkan jika benang-benang tersebut masuk ke dalam saluran wastafel, tentuny akan bikin mampet. Nantinya sampah seledri akan menempel selamanya pada pipa saluran dan akan susah untuk dibersihkan.

Barang yang Tidak Boleh Masuk Wastafel © Diadona

Tulang

Barang terakhir yang tidak boleh masuk ke dalam wastafel adalah tulang sisa makanan. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau benda satu ini keras, bahkan ada yang tidak bisa masuk ke dalam lubang wastafel. Jika pun bisa masuk ke dalam lubang, tulang nantinya akan tersangkut di dalam pipa. Membuang tulang ke dalam saluran wastafel merupakan ide yang sangat buruk.

Itu tadi beberapa barang yang tidak boleh masuk ke dalam wastafel. Diperhatikan ya Diazens, terutama buat kamu yang jarang cuci piring di dapur hehehe.

Beri Komentar