9 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Bagus, Ideal, Sesuai Kebutuhan dan Tentunya Estetik

Reporter : Arifina
Sabtu, 17 Februari 2024 13:17
9 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Bagus, Ideal, Sesuai Kebutuhan dan Tentunya Estetik
Memilih lemari pakaian jangan asal ya, pastikan meski desain keren juga muat menampung kebutuhanmu.

Tips memilih lemari pakaian yang bagus perlu menjadi acuan untuk mengisi interior kamar. Lemari pakaian bukan hanya sebuah furnitur fungsional untuk menyimpan pakaian, tetapi juga dapat menjadi elemen dekoratif yang penting dalam ruangan.

Karena itulah, lemari menjadi salah satu furnitur penting untuk ada di kamar tidur. Selain untuk menyimpan pakaian, lemari juga dapat membantu menata dan menjaga kerapian ruangan.

Kini lemari pakaian pun juga hadir cukup beragam dengan kondisi sesuai dekorasi rumah. Mulai dari lemari model minimalis, lemari modern, lemari vintage dan masih banyak lainnya.

1 dari 10 halaman

Tips Memilih Lemari Pakaian yang Bagus © Diadona

Memilih lemari pakaian yang tepat dapat memberikan pengaruh besar terhadap tata ruang dan kepraktisan sehari-hari. Seperti, menghemat area ruangan, memudahkan akses pakaian yang akan dimasukkan, hingga meningkatkan nilai estetika dari ruang kamar tidur.

Nah, biar nggak asal membeli, berikut ini diadona.id punya tips memilih lemari pakaian yang bagus, ideal, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu yang dilansir dari berbagai sumber. Simak yuk!

2 dari 10 halaman

Pastikan Pemakaian Lemari Sesuai Kebutuhan

Berbagai pilihan jenis lemari yang beredar di pasaran mungkin bisa memberikan referensi dalam menentukan pilihan. Mulai dari lemari model standar, dua pintu, tiga pintu, model pintu geser, pintu kaca, hingga lemari custom.

Desain luar ini memang cukup ampuh untuk menarik perhatian pembeli. Tapi, kamu perlu untuk menyesuaikan juga dengan kebutuhan pemakaiannya.

Pastikan fitur-fitur penunjang di dalamnya bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membelinya. Biasanya, dalams atu lemari akan ada beberapa kombinasi, seperti fitur gantungan baju, laci, jumlah dan ukuran rak dan lain sebagainya.

Setelah memahami bentuk dan bagian dalam dari model lemari kamu bisa memilihnya secara tepat.

3 dari 10 halaman

Pertimbangkan Ukuran dan Ruang

Tips Memilih Lemari Pakaian yang Bagus © Diadona

Ukuran lemari, besar, kecil atau sedang penting untuk dipahami sebelum membelinya. Hal itu bergantung pada ruangan kamar tidur yang kamu miliki.

Pastikan lemari yang kamu pilih dapat masuk dengan nyaman tanpa membuat ruangan terasa terlalu sesak. Pilihlah lemari yang sesuai dengan proporsi ruangan dan tidak memakan terlalu banyak tempat.

Kamu bisa mengetahui itu dengan mengukur tinggi, lebar, dan kedalaman lemari yang diinginkan. Apakah ukuaran itu telah sesuai dengan area kamar tidrumu.

4 dari 10 halaman

Perhatikan Material Lemari

Material dari lemari juga menjadi bagian penting untuk memilih dengan tepat. Pilihlah material yang kuat dan tahan lama, seperti kayu solid, MDF, atau plywood.

Pertimbangkan finishing yang kamu inginkan, seperti cat, lacquer, atau veneer. Pilihlah finishing yang sesuai dengan gaya dekorasi kamar kamu ya.

Sehingga, lemari bukan sebatas untuk penyimpanan pakaian semata. Tapi, juga memiliki nilai estetika yang membuat interior kamar tidur semakin menarik.

5 dari 10 halaman

Ketahui Fungsi Lemari Pakaian

Tips Memilih Lemari Pakaian yang Bagus © Diadona

Fungsional lemari pakaian kini semakin beragam. Selain untuk menyimpan pakaian, lemari juga bisa mejadi tempat penyimpanan barang hingga aksesoris lainnya.

Hal ini bisa kamu cocokan dengan kebutuhanmu lho! Misal, jika kamu cenderung memiliki baju-baju panjang, idealnya kamu bisa memilih model lemari yang dilengkapi dengan rak gantungan baju dengan ukuran full.

Namun, jika kamu sering tampil kasual dengan memakai celana dan kaso, maka bisa mempertimbangkan fitur lemari dengan rak gantungan baju yang setengahnya saja.

Jika ingin menyimpan berbagai aksesoris atau pernak-pernik lainnya, kamu juga bisa mempertimbangkan model lemari dengan beberapa laci di dalamnya ya.

6 dari 10 halaman

Perhatikan Area Penempatan Lemari Pakaian

Lemari di area kamar tidur juga perlu dipertimbangkan tata letaknya. Hal ini agar tidak asal dan menjadikan ruangan tetap terlihat rapi.

Biasanya, lemari pakaian akan mendomiasi suatu area khusus di ruangan. Sehingga, akan sangat jarang berpindah-pindah tempat.

Jika kamu memiliki ruang yang terbatas, sebaiknya maksimalkan ruangan vertikal dengan memilih lemari pakaian space saving yang tinggi. Model ini dapat bermanfaat untuk penyimpanan item yang berukuran besar, selain itu juga menghindari tumpukan debu di bagian atas lemari.

7 dari 10 halaman

Pastikan Desain Lemari Sesuai Keinginan

Tips Memilih Lemari Pakaian yang Bagus © Diadona

Pemilihan desain lemari juga menjadi bagian penting untuk area kamar. Karena, menariknya ruangan juga bisa berpengaruh dari model lemari pakaian yang kamu hadirkan lho!

Pilihlah desain lemari yang sesuai dengan gaya dekorasi kamar. Ada banyak pilihan desain lemari, seperti minimalis, modern, tradisional, dan kontemporer.

Pilihlah juga warna lemari yang serasi dengan warna dinding atau furnitur lain di kamar agar lebih senada.

8 dari 10 halaman

Sesuaikan dengan Budget

Desian sudah dapat, model hingga fitur di dalam lemari juga sudah dipilih, maka pertimbangkan juga budget yang kamu miliki. Tidak dapat dipungkiri, lemari dengan material bagus cenderung berbiaya mahal.

Tetapkan anggaran yang sesuai dan perhatikan kualitas lemari. Meskipun harga yang lebih tinggi seringkali berkaitan dengan kualitas yang lebih baik, jangan lupakan untuk membandingkan harga dari berbagai merek sebelum membuat keputusan.

Lakukan survei di beberapa toko furnitur sebagai pertimbangan sebelum membeli lemari pakaian. Baca juga ulasan-ulasan dari pembeli lainnya sebelum memutuskan untuk membeli model lemari yang diinginkan.

9 dari 10 halaman

Pertimbangkan Pencahayaan Interior

Tips Memilih Lemari Pakaian yang Bagus © Diadona

Jenis-jenis lemari kini banyak dilengkapi dengan furnitur yang beragam. Salah satunya, pencahayaan interior yang membuat lemari terlihat lebih unik.

Jika memungkinkan, pilihlah lemari yang sudah dilengkapi dengan pencahayaan interior. Pencahayaan ini dapat membuat pencarian pakaian menjadi lebih mudah, terutama pada malam hari.

Selain itu, pencahayaan di dalam lemari juga membuat modelnya terlihat estetik bukan?

10 dari 10 halaman

Perhatikan Model Pintu Lemari

Jenis pintu lemari juga menjadi salah satu bagian terpenting lho! Pilihlah jenis pintu lemari yang sesuai dengan ruangan dan preferensi kamu.

Pintu geser sangat ideal untuk ruangan yang terbatas. Sementara modle lemari dengan pintu ayunan memberikan akses lebih leluasa ke seluruh bagian lemari.

Selain itu, model pintu lemari juga memberikan kesan yang lebih menarik pada furnitur yang digunakan di area kamar.

Itulah sederet tips memilih lemari pakaian yang bagus. Kamu bisa menjadikannya sebagai acuan sebelum membeli furnitur satu ini ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar