10 Perabot Pendukung WFH yang Wajib Ada untuk Mempermudah Pekerjaan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 1 Desember 2023 14:11
10 Perabot Pendukung WFH yang Wajib Ada untuk Mempermudah Pekerjaan
Kamu udah punya 10 perabot pendukung WFH ini belum?

Dalam era bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) menjadi kegiatan yang semakin umum dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang efisien dan nyaman meskipun di rumah. Oleh karena itu dibutuhkan perabot pendukung WFH untuk mendukung kegiatan agar menjadi lebih produktif dan kondusif.

Dengan mempersiapkan beberapa perabot pendukung WFH dapat membantu memberikan kenyamanan bagi para pekerja. Beberapa peralatan tersebut memang disiapkan untuk menunjang kegiatan kerja atau belajar dari rumah.

Beberapa perabot pendukung WFH dapat disiapkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Peralatan elektronik seperti laptop atau komputer tentu diperlukan untuk menunjang kegiatan Work From Home yang sebagian besar dominan dilakukan secara online.

Seperti kegiatan online meeting via Zoom, Google Meets, dan lainnya. Meja dan rak penyimpanan juga dibutuhkan untuk menyimpan berbagai peralatan atau perabotan WFH agar tetap terorganisir dan enak dipandang. 

Perabotan pendukung WFH yang terorganisir dengan rapi akan meningkatkan semangat pengguna sebelum melakukan pekerjaan sehingga lebih kondusif kedepannya. Meskipun terlihat sepele, kamu juga harus mempersiapkan beberapa perabotan sebelum memulai melakukan Work From Home. Untuk menemukan inspirasi lebih lengkapnya, yuk simak beberapa perabotan di bawah ini agar suasana WFH jadi lebih produktif!

 

1 dari 10 halaman

Meja Kerja

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Meja kerja merupakan perabot pendukung WFH paling penting. Pilihan meja kerja yang tepat dapat memberikan kenyamanan dan meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah. Pilih meja yang sesuai dengan ukuran ruang kerja, pastikan meja kerja tersebut memiliki memiliki ukuran yang cukup menampung berbagai peralatan termasuk komputer, monitor tambahan dan berbagai peralatan tulis.

Pilih meja dengan sistem penyimpanan yang multifungsi seperti laci atau rak untuk membantu mengorganisir berbagai peralatan di ruang kerja.

 

2 dari 10 halaman

Jaringan Internet

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Jaringan internet menjadi perabot pendukung WFH yang sangat penting, karena tanpa internet kegiatan bekerja dari rumah tidak bisa terlaksana. Oleh karena itu diperlukan koneksi internet yang stabil demi mendukung kelancaran bekerja, apalagi jika sedang melakukan pembelajaran secara daring atau online meeting.

Jika memungkinkan pasang WiFi dengan kecepatan tinggi untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan seperti mengunggah file, melakukan online meeting dan mengakses aplikasi online. Periksa router jaringan agar selalu berada dalam kondisi yang baik untuk meningkatkan kualitas sinyal. 

 

3 dari 10 halaman

Laptop atau Komputer

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Tanpa Laptop atau Komputer kegiatan WFH tidak dapat berjalan secara efektif. Oleh karena itu, laptop menjadi sebuah perabot pendukung WFh yang paling penting. Pemilihan laptop yang tepat dapat mendukung produktivitas dan kenyamanan saat bekerja dari rumah. Pastikan laptop telah memiliki spesifikasi yang memadai untuk membantu kegiatan WFH.

Faktor seperti kecepatan prosesor, RAM dan penyimpanan internal yang cukup perlu diperhatikan agar tidak menghambat pekerjaan. Pertimbangkan untuk menambahkan fitur pelindung layar laptop yang mengandung cahaya biru, hal ini berguna untuk melindungi kesehatan mata agar tidak sakit saat menatap layar terlalu lama. 

 

4 dari 10 halaman

Pencahayaan yang Optimal

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Pencahayaan yang optimal merupakan salah satu aspek krusial dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif ketika WFH berlangsung. Kamu dapat mempertimbangkan ruang kerja dengan sumber pencahayaan yang baik seperti cahaya alami dari jendela. Namun jika tidak memungkinkan, cukup tambahkan lampu belajar dengan pencahayaan yang cukup agar mendukung suasana WFH menjadi lebih produktif.

Pilih lampu dengan pencahayaan yang sesuai dengan aktivitasmu. Cahaya putih dapat digunakan untuk memberikan pencahayaan ketika bekerja, sedangkan pencahayaan hangat cocok untuk dipakai saat suasana santai.

 

5 dari 10 halaman

Rak Penyimpanan

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Rak penyimpanan merupakan salah satu perabot pendukung WFH yang dapat mengorganisir berbagai peralatan bekerja sehingga ruangan terasa lebih efisien. Pilih rak penyimpanan yang sesuai dengan ukuran dan desain ruang kerja milikmu.

Pastikan rak tersebut mampu menampung peralatan, dokumen, dan barang-barang lain yang memudahkan akses bagi penggunanya. Rak penyimpanan terbuka dapat kamu jadikan pilihan karena memberikan akses yang lebih cepat dan mudah ketika ingin mengambil barang yang sedang kamu butuhkan.

6 dari 10 halaman

Webcam sebagai Kamera Tambahan

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Pada umumnya, sebuah laptop telah memiliki fitur kamera atau webcam yang telah terpasang untuk memudahkan kita saat melakukan kegiatan online meeting atau pembelajaran daring. Namun, terkadang beberapa device memiliki webcam dengan kualitas yang kurang memadai.

Kamu dapat menambahkan webcam eksternal untuk meningkatkan kualitas kamera menjadi lebih berkualitas dan jernih. Sehingga tidak menghambat kegiatan Work From Home (WFH) ketika sedang berlangsung.

7 dari 10 halaman

Kursi Kerja yang Nyaman

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Selain meja kerja, keberadaan kursi kerja yang nyaman juga menjadi perabot pendukung WFH agar lebih nyaman dan efektif. Berbagai model kursi kerja kini sudah tersedia dengan beragam pilihan mulai dari kursi biasa, kursi lipat, kursi beroda hingga kursi dengan sandaran yang empuk.

Kamu dapat menemukan beragam pilihan tersebut via online shop agar harganya lebih terjangkau. Pastikan untuk memilih kursi kerja yang sesuai dengan kebutuhanmu agar kegiatan WFH tetap berjalan produktif. 

 

8 dari 10 halaman

Alat Tulis

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Alat tulis sudah pasti menjadi komponen penting sebagai perabot pendukung Work From Home (WFH). Pensil, pulpen, buku catatan merupakan alat tulis dasar yang selalu diperlukan untuk mendukung kegiatan meeting atau belajar. Beberapa peralatan tersebut dapat digunakan untuk mencatat ide atau tugas saat pertemuan WFH berlangsung.

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan atau preferensi pribadi. Gunakan post-it notes untuk membuat catatan kecil yang dapat ditempel di sekitar ruang kerja. Post-it notes dapat membantu menulis poin-poin yang perlu diperhatikan atau mengingat tugas-tugas penting yang harus diselesaikan. 

 

9 dari 10 halaman

Headphone atau Earphone Berkualitas

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Jika kondisi di rumahmu sedang tidak berjalan kondusif, headphone atau earphone yang berkualitas dapat membantu untuk mendukung kegiatan WFH agar tetap berjalan produktif.

Dengan menggunakan headphone dapat membantu kamu untuk lebih berkonsentrasi tanpa takut terganggu dengan kebisingan luar. Selain membantu untuk lebih fokus, headphone atau earphone dapat membantu meningkatkan semangatmu dengan mendengarkan lagu kesukaan ketika bosan Work From Home (WFH). 

 

10 dari 10 halaman

Air Putih dan Snack

Perabot Pendukung WFH © Diadona

Pendukung Work From Home (WFH) yang tidak kalah penting adalah air putih dan makanan ringan agar menjaga tubuh kita untuk tetap terdehidrasi. Ketika duduk di waktu yang cukup lama, tubuh akan terasa mudah lapar dan haus.

Oleh karena itu, air putih dan snack juga menjadi perabot pendukung WFH yang cukup penting. Kamu dapat membawa tumblr ke dalam ruang kerja agar lebih praktis. Kedua komponen tersebut mampu meningkatkan mood atau mengurangi kejenuhan ketika bosan di tengah-tengah melakukan kegiatan Work From Home (WFH). 

Itulah sejumlah perabot pendukung Work From Home (WFH) yang dapat disiapkan untuk meningkatkan produktivitas ketika bekerja dari rumah agar tetap berjalan lancar tanpa hambatan. Dengan beberapa rekomendasi perabotan di atas, semoga dapat memperlancar kegiatan Work From Home ya!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar