10 Ide Desain Dinding yang Kreatif dan Fungsional

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 29 November 2023 14:56
10 Ide Desain Dinding yang Kreatif dan Fungsional
Beberapa ide desain dinding yang kreatif mampu memberikan berbagai manfaat, tidak hanya dalam segi estetika namun juga bersifat fungsional

Dinding dalam sebuah ruangan bukan hanya menjadi pembatas, namun juga menjadi sebuah hiasan untuk mengekspresikan kreativitas. Ide desain dinding yang kreatif mampu merubah atmosfer ruangan dengan memberikan sentuhan pribadi hingga mampu menciptakan ruangan tampak lebih unik. Perhiasan pada dinding menjadi komponen penting dalam merancang desain interior rumah. Berbagai ide desain dinding tersebut dapat diterapkan pada ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga hingga dapur. 

Beberapa ide desain dinding yang kreatif mampu memberikan berbagai manfaat, tidak hanya dalam segi estetika namun juga bersifat fungsional. Desain dinding dapat mencerminkan selera atau kepribadian pemilik rumah, hal ini memberikan kesempatan bagi penghuni untuk menyampaikan gaya pribadi melalui seni dan elemen desain interior dinding. Warna, pola dan elemen dekoratif pada dinding dapat mempengaruhi suasana hati dan menciptakan atmosfer positif bagi tamu yang berkunjung. 

Berbagai ide desain dinding yang kreatif kini sangat mudah ditemukan di toko offline maupun online store. Dengan harga yang bervariasi mulai dari yang paling murah hingga termahal semuanya ada, tinggal disesuaikan dengan budget atau kebutuhanmu.

Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi hiasan dinding, tak perlu khawatir karena artikel berikut ini telah merangkum sejumlah inspirasi yang dapat kamu tiru untuk semakin mempercantik ruangan dalam rumah. Yuk langsung aja simak di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Lukisan Artistik

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Lukisan artistik dapat menjadi ide desain dinding yang kreatif untuk menambahkan sentuhan senin di dalam ruangan. Jika kamu tidak ingin membuat tampilan dinding penuh dengan karya seni, lukisan artistik ini dapat menjadi pilihan yang menarik.

Berikan sentuhan artistik melalui pigura dengan desain geometris layaknya contoh di atas. Pola geometris dapat memberikan tampilan yang modern, simple dan bersih sehingga cocok untuk dijadikan hiasan dinding para ruang tamu, ruang keluarga maupun kamar tidur.

2 dari 10 halaman

Jam Dinding Dekoratif

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Jam dekoratif dapat dijadikan sebagai ide desain dinding yang kreatif, tidak hanya berfungsi sebagai mesin waktu namun juga menambah elemen dekoratif yang menawan pada suatu ruangan. Pilih jam dinding berukuran besar dengan jarum atau angka yang terlihat jelas akan menciptakan sebuah tampilan yang elegan.

Pilih jam dinding dekoratif yang memberikan efek 3D seperti contoh di atas untuk memberikan dimensi visual yang menarik. Kamu dapat menempatkannya pada area ruang tamu untuk menjadi daya tarik visual yang menawan kepada para tamu yang berkunjung.

 

3 dari 10 halaman

Kolase Foto

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Membuat kolase foto pada ruangan dapat menjadi sebuah ide desain dinding yang kreatif. Kolase foto dapat dibuat dengan mencetak atau menggantungkan foto-foto album untuk menghidupkan kenangan dari sebuah memori.

Kamu dapat menyusunnya secara teratur ke bawah atau menyamping untuk menciptakan kesan ruangan yang terasa lebih lapang, berwarna dan modern. Jika ingin terkesan vintage kamu dapat menyusun kumpulan kolase foto hitam putih untuk memberikan tampilan yang estetis dan terorganisir. 

 

4 dari 10 halaman

Anyaman Rotan Sebagai Elemen Dekoratif

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Menggunakan anyaman rotan sebagai hiasan dinding merupakan pilihan yang menawan untuk memberikan sentuhan alami, hangat dan estetis dalam suatu ruangan. Tak heran jika anyaman rotan banyak dipilih penghuni rumah sebagai ide desain dinding yang kreatif.

Pasang panel dinding anyaman sebagai elemen dekoratif yang utama. Panel dinding dari anyaman dapat berfungsi sebagai latar belakang yang menarik, terutama pada area ruang tamu atau ruang makan. 

 

5 dari 10 halaman

Makrame Rajut

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Membuat ide desain dinding yang kreatif menggunakan makrame rajut memberikan sentuhan seni dan tekstur. Makrame rajut memberikan elemen yang indah dan menarik dengan menciptakan daya tarik visual tersendiri.

Desain dinding makrame dapat menghasilkan berbagai motif, mulai dari pola geometris sederhana hingga lebih rumit yang mampu menciptakan estetika khas pada dinding. Tekstur yang dihasilkan dari tali rajut memberikan sentuhan hangat dan alami pada ruangan.

6 dari 10 halaman

Rak Dinding Kayu Serbaguna

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Ide desain dinding yang kreatif selanjutnya adalah rak kayu serbaguna untuk menyusun atau menampilkan barang-barang dengan mengikuti gaya dekorasi ruangan. Rak dinding kayu dapat menciptakan ilusi rak yang melayang pada dinding, sehingga dapat digunakan untuk menampilkan buku, hiasan atau koleksi elemen dekoratif lainnya.

Padukan rak dengan tempat pot bunga kecil untuk memberikan tampilan yang alami pada suatu ruangan. Untuk menampilkan rak kayu yang autentik, kamu dapat memasangnya pada dinding bernuansa putih agar menciptakan tampilan yang modern dan estetis.

7 dari 10 halaman

Rak Buku

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Menggunakan rak buku sebagai ide desain dinding kreatif dapat memberikan tampilan yang menarik sambil memanfaatkan ruang secara efisien. Kamu dapat memanfaatkan rak buku bertingkat untuk menciptakan dimensi visual dan memberikan kesan dinamis pada dinding.

Rak buku bertingkat dengan model terbuka akan memperlihatkan koleksi bukumu secara elegan dan tampil estetis. Susun buku-buku berdasarkan tema warna agar terlihat lebih terorganisir dan modern.

 

8 dari 10 halaman

Peta Dekoratif

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Peta dekoratif kini populer digunakan sebagai ide desain dinding yang kreatif dan unik. Tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi visual yang menarik, namun juga menambah tema atau gaya desain tertentu pada suatu ruangan.

Seperti peta modern dengan tambahan pencahayaan LED layaknya contoh di atas, cocok untuk dipadukan dengan desain interior ruangan bergaya kontemporer. Jika kamu memiliki sang buah hati, peta dinding dapat menjadi alat pembelajaran bagi anak yang efektif untuk memperkenalkan geografi, ibu kota dan lokasi suatu negara. 

 

9 dari 10 halaman

Foto Polaroid

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Kamu bingung ingin menempatkan koleksi foto polaroid dimana? Tak perlu khawatir, karena foto polaroid dapat dijadikan sebagai ide desain dinding yang kreatif untuk mengingat momen dan kenangan spesial dalam hidup. Susun foto polaroid dalam bentuk galeri di dinding secara teratur agar lebih nyaman dilihat.

Gunakan klip dekoratif untuk menggantung foto-foto polaroid agar terlihat lebih rapi. Tambahkan elemen dekoratif lainnya seperti lampu tumblr agar menciptakan nuansa yang hangat saat malam hari. 

 

10 dari 10 halaman

Neon Sign

Ide Desain Dinding yang Kreatif © Diadona

Ide desain dinding kreatif yang terakhir adalah neon sign untuk mempercantik ruangan saat malam hari. Neon sign dapat menjadi pilihan yang menarik jika kamu ingin memberikan sentuhan kilauan menarik pada interior ruangan.

Cahaya yang dihasilkan dari neon sign akan memperlihatkan warna-warna yang mencolok sehingga cocok untuk dijadikan sebagai desain yang inovatif untuk menciptakan nuansa yang menyenangkan. Kamu dapat memasangnya pada kamar tidur, sehingga ketika menjelang malam lampu neon sign akan memancarkan cahaya yang menawan. 

Nah, itulah sejumlah ide desain dinding kreatif yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik interior ruangan. Dengan menambahkan beberapa elemen dekoratif akan membuat atmosfer ruangan menjadi lebih hidup dan menawan. Bagaimana Diazen, apakah kamu tertarik untuk menerapkan beberapa elemen dekoratif di atas?

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar