8 Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak agar Tetap Rapi dan Nyaman untuk Bermain

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 30 November 2023 11:42
8 Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak agar Tetap Rapi dan Nyaman untuk Bermain
Cara mengorganisir kamar tidur anak bisa juga dengan melibatkan anak untuk melatihnya membersihkan kamarnya sendiri

Mengorganisir kamar tidur anak dapat membantu menciptakan lingkungan yang nyaman, aman dan mampu mendukung perkembangan sang buah hati. Untuk kamu yang memiliki keluarga kecil, tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga apalagi untuk sang anak tercinta. Sebuah kamar tidur yang terorganisir tidak hanya memfasilitasi tidur yang berkualitas, namun juga membantu anak untuk lebih mengembangkan kemandirian,  tanggung jawab dan kreativitas mereka. 

Keinginan untuk membangun kamar tidur anak yang efektif terkadang terhambat oleh beberapa kendala. Seperti adanya keterbatasan ruang, kamar tidur anak terkadang memiliki ukuran yang terbatas sehingga sulit untuk menyusun furnitur atau barang-barang dengan efektif.

Selain itu, kebutuhan dan minat anak-anak dapat berubah seiring waktu sehingga penataan kamar perlu disesuaikan secara berkala. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana cara mengorganisir kamar tidur anak agar terasa nyaman dan memberikan tidur yang berkualitas. 

Dengan merencanakan penataan yang baik, memperhatikan kebutuhan anak, dan melibatkan anak dalam proses mengorganisir kamar, maka akan menciptakan ruang yang mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan anak.

Pada artikel kali ini, Diadona telah memberikan beberapa rekomendasi cara untuk mengorganisir kamar tidur anak yang mungkin dapat kamu terapkan untuk menciptakan kamar yang lebih efektif. Yuk langsung aja simak di bawah ini!

 

1 dari 8 halaman

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak © Diadona

Cara mengorganisir kamar tidur anak yang pertama adalah dengan membersihkannya secara berkala. Membersihkan kamar anak dapat menjadi kegiatan yang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan atau kesehatan sang buah hati demi menciptakan lingkungan yang nyaman. Bersihkan ruangan secara rutin, misalnya setiap minggu atau dua minggu sekali. Periksa kotak mainan, rak buku, dan tempat penyimpanan lainnya.

Sumbangkan barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan. Bersihkan lantai dengan menggunakan vacuum cleaner karena efektif menyedot debu dan membersihkan sudut-sudut ruangan yang sering terabaikan.

 

2 dari 8 halaman

Pilih dan Susun Barang Kebutuhan Anak

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak © Diadona

Memilih dan menyusun barang kebutuhan anak menjadi langkah yang penting untuk mengorganisir kamar tidur anak. Pilih barang-barang yang masih sering digunakan sesuai dengan usia dan kebutuhan anak, jika ada beberapa barang yang tidak dibutuhkan cukup sumbangkan kepada yang membutuhkan.

Tambahkan ruang penyimpanan yang sesuai dengan kategori barang seperti rak buku, kotak mainan, laci pakaian dan tempat khusus peralatan sekolah. Pilih tempat penyimpanan yang mudah diakses oleh anak. 

 

3 dari 8 halaman

Pilih Furnitur yang Multifungsi

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak © Diadona

Persoalan yang biasa dihadapi dalam mengorganisir kamar tidur anak adalah tidak bisa memaksimalkan ruangan yang terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan furnitur yang bersifat multifungsi untuk membantu mengoptimalkan ruang dan menyediakan solusi penyimpanan yang efisien.

Pilih tempat tidur anak dengan rak laci penyimpanan di bawahnya, hal ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan mainan, pakaian yang sering dipakai, sprei cadangan atau barang lainnya. Pilihan bunk bed berlaci juga dapat dipakai untuk menambah ruang dalam menyimpan berbagai barang atau peralatan anak. 

 

4 dari 8 halaman

Atur Tempat Tidur Anak dengan Baik

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak © Diadona

Mengatur tempat tidur anak dengan baik menjadi sebuah langkah yang penting untuk membantu mengorganisir kamar tidur anak menjadi lebih fungsional dan nyaman. Pertama, pilih ukuran tempat tidur yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Letakkan tempat tidur di tempat yang strategis dan aman.

Jika anak kamu masih berusia dini, pertimbangkan untuk menambahkan pembatas tidur agar lebih aman dan rawan terjatuh. Pastikan pencahayaan di sekitar tempat tidur cukup terang untuk membaca atau melakukan kegiatan lainnya. Jika memungkinkna, pilih tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya untuk menyimpan berbagai kebutuhan anak.

 

 

5 dari 8 halaman

Tambahkan Dekorasi Dinding

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak © Diadona

Mengorganisir kamar tidur anak tidak selalu berhubungan dengan menyusun tata letak kamar tidur, kamu dapat menambahkan dekorasi dinding untuk memberikan sentuhan kreatif dan personal pada kamar anak. Sehingga mampu menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi sang anak.

Pilih stiker dinding yang sesuai dengan minat anak, seperti tokoh kartun, hewan, atau elemen lainnya yang dapat memberikan kesan ceria pada kamar. Pasang lampu dinding dengan desain yang unik untuk menciptakan pencahayaan yang hangat dan menjadi elemen dekoratif saat malam hari. 

 

6 dari 8 halaman

Manfaatkan Setiap Sisi Ruang Kamar Tidur Anak

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak © Diadona

Kamar tidur anak biasanya membutuhkan beberapa storage atau wadah penyimpanan untuk menyimpan berbagai kebutuhan anak. Oleh karena itu, penting untuk memanfaatkan setiap sisi ruangan dengan maksimal untuk membantu mengorganisir kamar tidur anak. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan tempat tidur bertingkat.

Dengan ranjang bertingkat dapat menempatkan meja belajar, rak buku atau ruang penyimpanan menjadi satu di bawah tempat tidur. Tambahkan lemari pakaian dengan pintu geser, untuk memudahkan akses anak dalam mengambil pakaiannya sendiri. 

 

7 dari 8 halaman

Sisakan Ruang Bermain Anak

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak © Diadona

Dalam menata sebuah kamar tidur, biasanya terdapat ruang tersisa yang tidak digunakan dan tanggung untuk dipakai sebagai area fungsional. Ruang sisa seperti ini jangan dibiarkan begitu saja, kamu dapat memanfaatkannya sebagai ruang bermain anak. Hal ini dapat membantu untuk mengorganisir kamar tidur anak dengan mendukung kreativitas atau perkembangan mereka.

Pertimbangkan untuk menambahkan tenda atau rumah mainan di sudut kamar dilengkapi dengan rak atau kotak penyimpanan mainan untuk memudahkan akses bagi anak. Selain rumah mainan, kamu juga dapat menambahkan meja kecil untuk kegiatan kreatif sang buah hati seperti mewarnai, melukis, atau bermain puzzle. 

 

8 dari 8 halaman

Menyimpan Peralatan Anak Dalam Lemari

Cara Mengorganisir Kamar Tidur Anak © Diadona

Cara untuk mengorganisir kamar tidur anak yang terakhir adalah menyimpan berbagai peralatan ke dalam lemari. Pertama-tama, pisahkan peralatan anak ke dalam kategori yang jelas seperti pakaian, mainan, perlengkapan sekolah hingga perlengkapan tidur. Manfaatkan kotak atau laci sliding di bawah kasur untuk menyimpan berbagai peralatan atau mainan si kecil.

Hal ini dapat memudahkan mereka untuk mengambil mainan atau kebutuhan yang diinginkan tanpa harus mengambil di atas lemari. Letakkan barang-barang yang sering digunakan oleh anak pada tingkat yang mudah dijangkau oleh mereka. Hal ini membantu mereka untuk lebih mandiri ketika ingin mengambil barang-barang yang dibutuhkan. 

Itulah sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengorganisir kamar tidur agar tampak lebih rapi dan nyaman untuk ditinggali si kecil. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ruangan agar memberikan kenyamanan bagi sang buah hati ketika beristirahat. 

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar