Panduan Memilih Jenis Ukuran Kasur Sesuai Kebutuhan, Jangan Sampai Salah Pilih ya!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 21 Februari 2024 21:54
Panduan Memilih Jenis Ukuran Kasur Sesuai Kebutuhan, Jangan Sampai Salah Pilih ya!
Jangan sampai salah pilih deh daripada rugi~

Seperti yang sudah banyak kita ketahui, kasur adalah salah satu perabotan rumah tangga yang wajib untuk dimiliki. Tentu saja fungsinya adalah untuk istirahat agar lebih nyaman. Tapi pada tahu nggak sih, kalau kasur itu memiliki banyak jenis?

Jadi jenis ukuran kasur itu beda-beda ya Diazens. Di Indonesia sendiri kurang lebih ada 6 jenis ukuran. Mulai dari single, double, double XL, queen, king, dan juga super king. Semuanya punya kegunaan tersendiri sesuai dengan ukurannya.

Seperti apa uraiannya? Yuk kita simak artikelnya sampai habis ya!

1 dari 8 halaman

Jenis Ukuran Kasur © Diadona

Ukuran Single (90 x 200 cm atau 100 x 200 cm)

Jenis ukuran kasur yang pertama adalah single dengan luas 90 x 200 cm atau 100 x 200 cm. Dengan ukuran yang cukup minimalis, kasur ini sangat cocok untuk untuk kamar tidur anak-anak yang nggak begitu luas.

Kasur ini juga cocok untuk orang dewasa tapi yang dengan memang hanya muat satu orang. Kasur single memberikan cukup ruang bagi satu orang untuk tidur nyaman tanpa perlu memakan terlalu banyak ruang di kamar.

2 dari 8 halaman

Jenis Ukuran Kasur © Diadona

Ukuran Double (120 cm x 200 cm)

Kemudian ada kasur dengan ukuran Double yang luasnya 120 cm x 200 cm. Jenis kasur ini menawarkan sedikit lebih banyak ruang dibandingkan dengan single namun tetap bisa muat untuk ruangan atau kamar yang nggak begitu luas.

Jadi, ini adalah pilihan tepat buat kamu yang butuh kenyamanan ekstra namun tetap tidak berlebihan. Ukuran ini banyak dipilih untuk tempat tidur remaja yang butuh tempat tidur yang nyaman dan luas.

3 dari 8 halaman

Ukuran Double XL (140 x 200 cm)

Jenis kasur ukuran double XL memiliki lebar yang sama dengan double, tetapi dengan tambahan panjang. Membuatnya lebih cocok untuk orang yang lebih tinggi atau yang ingin memiliki sedikit lebih banyak ruang.

Ukuran double XL biasanya adalah 140 x 200 cm. Dengan tambahan panjang ini, kasur double XL memastikan bahwa kamu akan tidur dengan nyaman tanpa harus terasa terlalu sesak.

4 dari 8 halaman

Jenis Ukuran Kasur © Diadona

Ukuran Queen (160 cm x 200 cm)

Selanjutnya, ada jenis ukuran kasur Queen atau Queen Size. Jenis ini paling cocok untuk kamu yang sudah punya pasangan dan memerlukan tempat tidur bersama yang luas dan nyaman.

Dengan luas sekitar 160 cm x 200 cm, kasur queen menawarkan keseimbangan yang baik antara ukuran yang cukup besar dan masih memungkinkan untuk muat di kamar tidur standar. Ini membuatnya cocok untuk pasangan yang ingin berbagi tempat tidur tanpa merasa terlalu sempit.

5 dari 8 halaman

Jenis Ukuran Kasur © Diadona

Ukuran King (180 cm x 200 cm)

Kemudian ada jenis ukuran kasur King atai yang banyak disebut dengan King Size. Ukuran standar untuk kasur king adalah 180 cm x 200 cm, sangat luas buat pasangan yang nggak ingin berdesak-desakn di tempat tidur.

Ukuran King sendiri biasa disebut dengan kasur no. 1 ya Diazens. Oh iya nih, hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli matras ini yaitu sebaiknya sudah memiliki ruangan dengan luas minimal 3 x 2 meter, agar spring bed dapat ditempatkan dengan baik.

6 dari 8 halaman

Jenis Ukuran Kasur © Diadona

Ukuran Super King (200 cm x 200 cm)

Terakhir ada jenis ukuran kasir super king. Ini adalah jenis yang paling besar dari semua ukuran yaitu dengan luas 200 cm x 200 cm. Biasanya, tempat ini bisa kamu temukan di beberapa hotel-hotel mewah.

Jangan lupa juga kalau kamu hendak memilih jenis ini pastikan kamar tidu kamu luas ya. Jangan sampai sudah beli ini tapi nggak muat untuk masuk ke kamar, kan nggak lucu ya.

7 dari 8 halaman

Jenis Bahan atau Material Kasur

Jenis Ukuran Kasur © Diadona

Setelah mengetahui jenis ukuran kasur, mari ketahui juga jenis bahan materialnya. Tujuannya ya supaya kamu nggak sampai salah beli dan bisa tahu kebutuhan atau kebutuhan kamu dengan tepat.

Spring Bed

Spring bed merupakan jenis kasur yang menggunakan pegas atau per sebagai sistem pendukung utamanya. Pegas dalam spring bed biasanya terbuat dari baja atau logam lainnya, yang memberikan kenyamanan yang baik dan responsif saat kamu bergerak di atasnya.

Kasur Busa

Lalu ada bahan yang cukup populer akhir-akhir ini karena harganya yang lumayan terjangkau yaitu kasur busa. Kasur ini terbuat dari bahan busa poliuretan yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh dengan baik, memberikan dukungan yang merata dan nyaman selama tidur.

8 dari 8 halaman

Kasur Latex

Kemudian untuk bahan atau material kasur yang selanjutnya adalah kasur Latex. Jadi, kasur ini terbuat dari bahan alami atau sintetis yang dihasilkan dari getah pohon karet. perlu kamu ketahui juga nih, latex cenderung awet atau tahan lama dan tahan terhadap pertumbuhan bakteri serta tungau debu.

Kasur Udara

Next, ada kasur udara yang menggunakan udara sebagai bahan utamanya. Kasur ini dilengkapi dengan pompa udara yang dapat digunakan untuk mengatur tingkat kekerasan atau kelembutan kasur sesuai dengan preferensi kamu.

Kasur Kapuk

terakhir ada kasur yang paling vintage yaitu kasur kapuk. Kasur kapuk menawarkan kenyamanan yang baik serta sirkulasi udara yang optimal, menjadikannya pilihan yang baik untuk daerah dengan suhu tinggi atau iklim tropis.

Jadi itu ya Diazens beberap ajenis ukuran kasur dan juga bahannya yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membeli kasur baru. Jadi, mau beli kasur yang seperti apa nih, Diazens?

Beri Komentar