9 Cara Mencegah Kebocoran Rumah yang Perlu Diketahui

Reporter : Riza Umami
Selasa, 20 Februari 2024 15:11
9 Cara Mencegah Kebocoran Rumah yang Perlu Diketahui
Lagi musim hujan, berikut ini beberapa cara mencegah kebocoran rumah.

Cara mencegah kebocoran rumah dapat menjadi informasi yang sangat bermanfaat di musim hujan seperti ini. Pemilik rumah perlu melakukan beberapa pencegahan supaya huniannya bebas bocor.

Bila rumah sudah bocor, hal ini bisa sangat mengganggu penghuni rumah. Kamu pun perlu memperbaiki kebocoran tersebut sendiri atau memanggil tukang ke rumah.

Gak cuma merusak properti, kebocoran ini juga bisa menyebabkan kerugian finansial apalagi jika sampai dibiarkan dan tumbuh jamur. Nah, berikut ini beberapa cara mencegah kebocoran rumah yang bisa kamu lakukan.

1 dari 5 halaman

1. Perawatan Atap

Cara Mencegah Kebocoran Rumah © Diadona

Atap adalah salah satu area yang rentan terhadap kebocoran. Cara mencegah kebocoran rumah yang pertama yaitu pastikan untuk memperhatikan perawatan atap secara teratur.

Perbaiki atau ganti genteng yang rusak, periksa sambungan, dan pastikan sistem pembuangan air hujan berfungsi dengan baik. Penumpukan daun atau debris di atap juga dapat menyebabkan genangan air yang mempercepat kerusakan, jadi bersihkan secara teratur.

2. Inspeksi Rutin

Langkah kedua dalam cara mencegah kebocoran rumah adalah dengan melakukan inspeksi rutin secara teratur. Periksa atap, pipa air, saluran pembuangan, dan jendela secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan atau tanda-tanda kebocoran. Perhatikan bahan-bahan yang retak, rusak, atau aus, dan perbaikilah segera.

2 dari 5 halaman

3. Perbaiki dan Segel Jendela dan Pintu

Jendela atau pintu yang bocor ternyata juga dapat menjadi sumber kebocoran air yang signifikan. Cara mencegah kebocoran rumah yang ketiga yaitu periksa dan perbaiki segel karet atau silikon yang aus atau rusak. Jika diperlukan, tambahkan lagi segel untuk mencegah air masuk saat hujan deras.

4. Perhatikan Pipa Air

Cara Mencegah Kebocoran Rumah © Diadona

Pipa air adalah komponen rumah tangga lain yang rentan terhadap kebocoran. Cara mencegah kebocoran rumah yang keempat yaitu periksa pipa secara berkala untuk tanda-tanda korosi, retak, atau kebocoran kecil.

Segera perbaiki pipa yang bocor dan ganti yang rusak dengan pipa yang baru. Jika memungkinkan, isolasilah pipa dari suhu dingin untuk mencegah pembekuan dan pecah.

3 dari 5 halaman

5. Perawatan Saluran Pembuangan

Saluran pembuangan yang tersumbat atau rusak dapat menyebabkan kebocoran di dalam rumah. Cara mencegah kebocoran rumah yang kelima yaitu dengan memastikan saluran pembuangan bersih dari debris.

Kamu perlu melakukan pemeriksaan secara teratur untuk mengetahui tanda-tanda penyumbatan atau kerusakan. Gunakan penyumbat atau filter jika diperlukan untuk mencegah kerusakan akibat debris yang masuk.

6. Gunakan Material Tahan Air

Cara Mencegah Kebocoran Rumah © Diadona

Cara mencegah kebocoran rumah yang keenam yaitu dengan menggunakan material yang tahan air. Hal ini untuk meminimalkan risiko kebocoran di masa depan.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan genteng yang tahan air, pernis tahan air untuk kayu, dan semen tahan air untuk kawat dan pipa.

4 dari 5 halaman

7. Isolasi dengan Baik

Cara Mencegah Kebocoran Rumah © Diadona

Isolasi yang baik tidak hanya membantu mengurangi biaya energi, tetapi juga dapat mencegah kebocoran akibat kondensasi. Penggunaan isolasi yang tepat juga merupakan salah satu cara mencegah kebocoran rumah.

Pastikan ruang bawah tanah, loteng, dan dinding terisolasi dengan baik untuk mencegah kelembapan berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan struktural dan kebocoran.

8. Perhatikan Kondisi Sistem Penyiraman

Sistem penyiraman yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan genangan air di sekitar rumah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kebocoran.

Cara mencegah kebocoran rumah yang kedelapan yaitu dengan memeriksa dan memperbaiki sistem penyiraman secara berkala, pastikan tidak ada kebocoran atau pipa yang rusak.

5 dari 5 halaman

9. Bertindak Cepat Saat Terjadi Kebocoran

Cara Mencegah Kebocoran Rumah © Diadona

Terlepas dari semua cara mencegah kebocoran rumah yang sudah dilakukan, kebocoran masih bisa terjadi. Penting untuk bertindak cepat saat terjadi kebocoran untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Siapkan peralatan darurat seperti penyumbat pipa dan peralatan pengering, dan ketahui di mana katup air utama berada untuk segera mematikannya jika diperlukan.

Itulah beberapa cara mencegah kebocoran rumah yang bisa kamu lakukan terutama di musim hujan seperti sekarang. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat ya Diazens, selamat mencoba.

Beri Komentar