5 Jenis Freon AC Rumah yang Perlu Kamu Ketahui

Reporter : Yoyok
Rabu, 21 Februari 2024 17:35
5 Jenis Freon AC Rumah yang Perlu Kamu Ketahui
Beda freon Ac beda juga dampak yang dihasilkan lho.

Ada bermacam-macam jenis freon AC rumah perlu diketahui. Freon merupakan salah satu bagian vital dari Air Conditioner atau disingkat AC. Semua orang pasti tahu bahwa fungsi Aca adalah mendinginkan suhu ruangan.

Di kota-kota besar dan panas seperti Jakarta, Surabaya, atau Semarang, keberadaan AC sangat dibutuhkan. Suatu ruangan bisa menjadi nyaman dan cozy banget jika terpasang AC di dalamnya. Suasana jadi sejuk dan dingin serta pastinya kamu betah berlama-lama di ruangan tersebut.

Salah satu bagian vital dari AC adalah freon. Freon berperan penting dalam pekerjaan AC menghasilkan hawa dingin. Ada beberapa jenis freon AC rumah yang perlu Diazens ketahui. Yuk kita simak guys.

1 dari 6 halaman

Apa itu Freon AC?

Jenis Freon AC Rumah © Diadona

Sebelum membahas lebih jauh tentang berbagai jenisnya, mari kita telisik lagi apa itu freon AC. Dikutip dari berbagai sumber, freon atau refrigeran adalah senyawa kimia dalam bentuk gas. Freon yang berbentuk cairan ini memiliki sifat khusus yang memungkinkannya untuk menyerap panas dari satu tempat dan membuangnya ke tempat lain, sehingga menciptakan pendinginan di area yang diinginkan.

Freon AC bertugas dalam siklus tertentu di sistem pendingin udara, mengalami perubahan fase dari bentuk gas menjadi cairan dan sebaliknya. Saat freon menguap di dalam unit evaporator (penukar panas dalam), ia menyerap panas dari lingkungan sekitar, sehingga mendinginkan udara atau ruangan. Kemudian, freon dikompres di kompresor, dan dalam bentuk gas bertekanan tinggi, dipindahkan ke kondensor (penukar panas luar). Di sini, panas yang diambil dari dalam ruangan dilepaskan ke lingkungan eksternal. Proses ini terus berulang untuk menjaga suhu di dalam ruangan pada tingkat yang diinginkan.

Nah kita sudah mengetahui apa itu freon AC. Mari kita bahas tetnang jenis-jenis freon AC yang biasa di rumah.

2 dari 6 halaman

R22 (HCFC-22)

Jenis Freon AC Rumah © Diadona

Jenis freon Ac rumah yang pertama adalah R22 (HCFC-22).Jenis freon AC R22 ini dulu merupakan primadona alias pilihan umum digunakan di berbagai jenis AC. Namun freon ini berkontribusi pada penipisan lapisan ozon, dan penggunaannya telah dibatasi atau dihentikan di banyak negara.

Maka dari itu, penggunaan R22 sudah jarang karena tidak ramah lingkungan. Sistem AC terbaru biasanya menggunakan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

3 dari 6 halaman

R410A

Jenis Freon AC Rumah © Diadona

Jenis freon AC rumah yang kedua yaitu R410A. R410A merupakan jenis freon yang umum digunakan pada AC-AC modern. Jenis freon AC satu ini tidak mengandung klorin dan tidak merusak lapisan ozon.

Banyak produsen AC atau pabrikan yang memutuskan untuk menggunakan R410A sebagai pilihan utama karena ramah lingkungan. Jadi, jenis feon AC satu ini sering kamu jumpai di berbagai tempat alias yang paling umum saat ini.

4 dari 6 halaman

R134a

Jenis Freon AC Rumah © Diadona

R134a adalah jenis freon AC di rumah selanjutnya. Jenis freon satu ini umumnya digunakan pada sistem pendinginan mobil dan pendingin udara kecil. R134a memang terbilang ramah laingkungan.

Walaupun ramah lingkungan alias tidak merusak lapisan ozon, R134a tetap merupakan gas rumah kaca. Sejumlah sistem AC rumah tangga tidak menggunakan jenis freon ini.

5 dari 6 halaman

R32

Jenis Freon AC Rumah © Diadona

Berikutnya adalah R32 sebagai jenis freon AC yang sering digunakan untuk hunian atau rumah. R32 sering menjadi alternatif freon pengganti R410A.

Bahkan, R32 dikatakan lebih ramah lingkungan daripada jenis R410A. Maka dari itu, harganya bisa lebih mahal dari R410A.

6 dari 6 halaman

R290

Jenis Freon AC Rumah © Diadona

Jenis freon AC rumah yang terakhir yaitu R290. Kini, R290 merupakan freon AC yang paling ramah lingkungan daripada yang lain. Jenis freon AC satu ini memiliki persentase penyebab pemanasan global yang sangat rendah dan tidak merusak lapisan ozon.

Namun, ada kekurangan yang cukup besar dari jenis freon satu ini. R290 merupakan jenis freon yang mudah terbakar, sehingga penggunaannya terbatas pada beberapa sistem AC yang dirancang khusus.

Itulah beberapa jenis freon AC rumah yang perlu diketahui. Dengan mengetahui berbagai jenis freon AC ini, kamu bisa memiliki mana yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk digunakan.

Beri Komentar