9 Ide dan Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas, Makin Estetik!

Reporter : Arifina
Rabu, 21 Februari 2024 17:17
9 Ide dan Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas, Makin Estetik!
Area ruangan lebih luas bergantung pada pemasangan plafon lho!

Tips pasang plafon agar rumah kelihatan luas bisa menjadi acuan sebelum kamu merealisasikannya. Plafon merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah rumah yang tidak hanya berfungsi sebagai penutup atap, tetapi juga dapat memberikan efek estetika dan mempengaruhi luas ruangan.

Sebagai pelengkap interior ruangan, plafon juga harus dipilih dan dipasang dengan tepat. Dengan begitu, maka suasana rumah akan lebih menarik untuk dipandang.

Rumah yang terlihat luas dan lapang dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi penghuninya. Nah, memasang plafon rumah minimalis juga tidak bisa asal agar bisa menciptakan ilusi ruangan tampak luas.

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasang plafon yang tepat! Simak yuk!

1 dari 9 halaman

Pilih Warna Cerah

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Pemilihan warna plafon bisa dijadikan cuan untuk menciptakan ilusi ruangan tampak luas lho! Dalam hal ini sebaiknya kamu memilih warna-warna terang.

Warna plafon yang terang dapat menciptakan ilusi ruang terlihat lebih besar. Pilihlah warna putih, krem, atau pastel untuk plafon di rumahmu ya.

Warna-warna cerah juga dinilai mampu memantulkan cahaya dengan baik, sehingga ruangan terlihat lebih terang dan lapang. Hindari warna-warna gelap yang dapat membuat ruangan justru terasa sempit dan sumpek.

2 dari 9 halaman

Gunakan Model Dinding dan Plafon Menyatu

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Model plafon satu ini perlu dipertimbangkan buat kamu yang ingin menciptakan ruangan lebih luas. Ya, plafon yang tampak menyatu dengan dinding.

Plafon jenis ini seakan tak memiliki celah pembatas dengan dinding. Sehingga, secara tidak langsung justru akan memperlihatkan area ruangan yang lebih besar.

Usahakan, memilih jenis plafon yang tips tapi tetap kuat. Untuk menciptakan ilusi penyatuan antara plafon dan dinding, kamu bisa memanfaatkan cat dengan warna senada.

3 dari 9 halaman

Gunakan Plafon dengan Desain Sederhana

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Plafon dengan desain yang sederhana dan minimalis dapat memberikan kesan ruang yang lebih besar. Hindari menggunakan plafon dengan ornamen yang terlalu rumit, karena hal ini dapat membuat ruangan terasa lebih sempit.

Kamu bisa memilih jenis plafon polosan tanpoa pembatas untuk ruanganmu. Plafon ini biasanya berukuran besar dan bisa disesuikan dengan ukuran kebutuhan ruangan.

Model tanpa pembatas ini akan menciptakan ilusi untuk ruangan terlihat lebih lega dan nyaman.

4 dari 9 halaman

Pilih Warna Senada dengan Dinding dan Lantai

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Meski warna-warna cerah bisa menciptkn ilusi ruangan tampak lebih luas, bukan berarti kamu tidak bisa mengunakan warna lainnya. Bisa saja memilih warna plafon sedikit lebih gelap, asalkan kamu bisa membuatnya terlihat senada dengan warna dinding dan lantai.

Misalnya, warna plafon cenderung kecoklatan yang senada dengan dinding, lantai, dan beberapa interior rumah. Model yang satu ini bisa membuat ruangan tampak lebih lega.

Selain itu, ruangan juga terlihat lebih estetika dengan tampilan tersebut. Ruangan tak hanya nyaman, tapi juga terlihat cantik deh!

5 dari 9 halaman

Buat Plafon Menyerupai Desain Atap Rumah

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Biasanya kamu menjumpai plafon yang menutup bagian desain atasp keseluruhan. Model ini memang mengesankan kerapian bagi pemiliknya, tapi belum tentu selalu mencipotakan ilusi ruangan tampak luas.

Namun, jika ingin ruangan tampak lebih luas dan lega, kamu bisa membuat model plafon mengikuti desain atap rumah lho! Dengan begitu, maka area ruangan akan tampak menjulang lebih tinggi dan luas.

Tampilan plafon seperti ini juga akan menjadikan ruangan terlihat lebih natural dan simpel.

6 dari 9 halaman

Tambahkan Lampu Track pada Plafon

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Buat desain-desain lkhusus saat pemasangan plafon di area ruangan rumh. Salah satunya, dengan penambahan lampu track di sekelilingnya.

Penmbahan desain tersebut pada plafon polos dan minimalis ini bisa menjadi salah satu cara untuk menyiasati ruangan agar tampak luas. Pilih juga model desain lampu yang simpel ya.

Kamu bisa membuat desain plafon sederhana dengan lampu track di bagian tengahnya. Dengan begitu secara tidak langsung, area ruangan akan tampak lebih luas.

7 dari 9 halaman

Terapkan Konsep Coffered Ceilings

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Konsep " cofferes ceilings" pada desain plafon yang akan kamu terapkan di rumah ini bisa menjadi pilihan lho! Biasanya, bentuk plafon ini kotak-kotak sekat tebal polos dan kerap ada di restoran, hotel atau ruangan tertentu.

Kamu bisa menerapkannya di rumahmu dengan penambahan ornamen lain. Seperti, tambahan lampu downlight sebagai pencahayaan utama ruangan dan cat warna putih plafon.

Dengan penampilan tersebut, ruangan yang kamu gunakan akan memberikan kesan lebih luas.

8 dari 9 halaman

Perhatikan Ketinggian Plafon

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Pasang plafon sejajar dengan dinding atau sedikit lebih tinggi. Ketinggian plafon yang tepat dapat memberikan kesan ketinggian pada ruangan, dan membuatnya terlihat lebih luas.

Kamu bisa membuat desain plafon dengan desain miring untuk menciptakan ilusi ruangan luas. Siasati dengan pantulan cahaya dari jendela yang ada di rumah agar semakin cantik.

Hindari memasang plafon terlalu rendah, karena hal ini dapat membuat ruangan terasa sesak. Dengan metode ini, dijamin ruangan terlihat lebih lega.

9 dari 9 halaman

Buat Pemasangan Plafon LED

Tips Pasang Plafon agar Rumah Kelihatan Luas © Diadona

Nah, yang satu ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas. Kamu bisa memasang jenis plafon LED.

Selain menjadikan ruangan terlihat lebih lapang, dengan konsep ini maka akan menjadikan tampilan rumah semakin unik. Gambar LED pada langit plafon yang terbuka seakan menampilkan plafon transparan.

Hal itulah yang menjadikan ruangan terlihat lebih luas.

Beri Komentar