8 Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa, Auto Gak Kotor Lagi

Reporter : Yoyok
Rabu, 21 Februari 2024 15:55
8 Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa, Auto Gak Kotor Lagi
Bulu kucing memang mudah rontok dan gampang menempel di permukaan sofa.

"Gimana sih caranya menghilangkan Bulu kucing di sofa kesayanganku?" Sering kali pertanyaan semacam ini muncul buat kamu yang memelihara kucing di rumah. Seperti kita tahu, kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Tidak jarang tingkah lucu hewan berkaki empat ini bikin gemes banyak orang.

Kucing memang efektif banget dalam menghilangkan stres sepulang kerja. Atau, jika sedang senggang, kamu bisa bermain dengan kucing lucumu bak boneka hidup. Makanya, banyak pecintanya yang rela memelihara beberapa kucing di kediaman atau rumahnya.

Namun, buat kamu yang memelihara kucing juga harus menerima konsekuensi jika lingkungan menjadi kotor atau bau. Salah satu masalah yang sering ditimbulkan oleh kucing di rumah adalah bulunya yang mudah rontok. Apalagi dengan jenis kucing yang memiliki bulu lebat seperti Anggora atau Persia.

Tentunya bulunya akan bertebaran di seisi rumah dan nantinya bikin kotor. Salah satu spot favorit kucing bersantai adalah sofa yang empuk. Jadi, jangan kaget jika banyak bulu kucing bertebaran di sofa.

Sering kali orang-orang merasa kesulitan membersihkan bulu kucing yang ada di sofa. Padahal, caranya bisa banget kamu coba sekarang, hari ini, detik ini lho. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bulu kucing di sofa.

1 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa dengan Vacum Cleaner

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa © Diadona

Cara pertama yaitu dengan vacum cleaner. Bisa dibilang, membersihkan bulu kucing dengan vacum cleaner adalah cara yang paling mudah. Vacum cleaner akan secara otomatis menyedot apapun yang berada di atas sofa, baik itu debu, serpihan makanan, hingga bulu kucing.

Bersihkan sofa secara teratur jika kucing peliharaanmu sering nongkrong di atasnya. Disarankan menggunakan vacum cleaner genggam agar lebih mudah membersihkannya.

2 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa dengan Pelembut Kain

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa © Diadona

Cara berikutnya yaitu dengan pelembut kain. Pelembut kain sering digunakan untuk mencuci baju. Pelembut kain juga efektif banget dalam menghilangkan bulu kucing di atas sofa lho.

Caranya yaitu encerkan satu sendok makan pelembut kain dalam secangkir air lalu tuangkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan ke atas sofa dan biarkan selama beberapa menit. Semprotan kain pelembut tersebut nantinya akan membuat kain sofa mengendur dan membuat bulu kucing jadi longgar dan mudah untuk dikumpulkan. Setelah itu, bersihkan bulu kucing dengan vacum cleaner.

3 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa dengan Sarung Tangan Karet

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa © Diadona

Sarung tangan karet juga menghilangkan bulu kucing di atas sofa lho. Sarung tangan karet sering kali digunakan untuk mencuci piring atau membersihkan kamar mandi. Caranya pun gampang, yaitu kenankan dulu sarung karet lalu basahi sedikit permukaannya, kemudiankan usap permukaan sofa secara lembut dan perlahan.

Sarung tangan karet nantinya menciptakan tegangan permukaan yang menarik dan menangkap bulu kucing di atas sofa. Bilas bulu kucing yang terkumpul di sarung tangan lalu ulangi lagi proses yang tadi.

4 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa dengan Spons

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa © Diadona

Cara menghilangkan bulu kucing di sofa berikutnya yaitu dengan spons. Alat yang sering digunakan untuk mencuci piring ini efektif untuk membersihkan bulu kucing di sofa.

Caranya yaitu gosok spons basah yang sudah direndam dalam air hangat detergen ke permukaan sofa. Usap spons secara membelai di permukaan sofa. Setelah bersih sepenuhnya, jangan lupa untuk mengeringkan sofa.

5 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa dengan Rol Penghilang Bulu

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa © Diadona

Kamu bisa menggunakan rol penghilang bulu lho Diazens. Kamu bisa mendapatkan rol penghilang debu ini di pet shop terdekat.

Gosokkan rol pada permukaan sofa. Nantinya, bulu kucing di atas sofa akan menempel di rol. Supaya maksimal, semprotkan sedikit hairspray pada permukaan sofa sebelum digosok agar hasilnya maksimal.

6 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa dengan Selotip

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa © Diadona

Alat rumahan seperti selotip juga bisa lho menghilangkan bulu kucing di sofa. Selotip yang sifatnya lengket akan dengan mudah menganggakt bulu kucing yang ada di atas sofa.

Caranya yaitu tempelkan selotip ke permukaan sofa. Biarkan beberapa saat, lalu cabut. Nantinya bulu kucing akan menempel di selotip.

7 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kucing dengan Mencuci Sofa

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa © Diadona

Berikutnya yaitu mencuci sofa, baik itu sarung bantal ataupun permukaannya. Cara ini dilakukan setelah bulu kucing sudah kamu bersihkan dari permukaan sofa.

Kamu bisa memanggil jasa pencuci sofa atau mencucinya sendiri. Untuk sarung bantal sofa tentu bisa kamu cuci sendiri.

8 dari 8 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa dengan Melakukan Perawatan Kucing secara Rutin

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Sofa © Diadona

Kucing yang sehat maka bulunya tidak akan gampang rontok. Jadi, bisa dibilang bahwa melakukan perawatan kucing secara rutin juga bisa menjadi cara membersihkan bulunya di atas sofa.

Kamu bisa mengkonsultasikan hal ini ke dokter hewan tentang perawatan kucing yang benar. Seperti halnya berapa kali bulu kucing harus disikat, dimandikan, dan berapa kali kucing dibawa ke dokter hewan. Tentu hal ini akan membuat bulu kucing jadi sehat dan gak gampang tontok.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bulu kucing dari atas sofa. Buat cat lovers, tips yang sangat berharga nih.

Beri Komentar