8 Ide Garasi Mobil Rumah Kecil yang Nggak Kelihatan Sempit Sekaligus Tetap Modern

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 3 November 2023 06:17
8 Ide Garasi Mobil Rumah Kecil yang Nggak Kelihatan Sempit Sekaligus Tetap Modern
Kendaraan dapat disimpan dengan aman dan nyaman ketika membangun garasi mobil rumah kecil.

Garasi mobil rumah kecil menjadi pertimbangan yang utama sebelum menghuni rumah. Bagi beberapa orang, kendaraan dianggap sebagai bagian penting dari kehidupan yang berguna untuk memudahkan aktivitasnya sehari-hari. Jika kamu sudah memiliki kendaraan, pastinya kamu juga harus memikirkan tempat yang bisa digunakan untuk memarkir sekaligus mengamankan kendaraan di rumah. 

Kehadiran garasi mobil sendiri bisa kamu sesuaikan dengan budget yang terbatas. Kamu bisa memilih desain minimalis dengan menggunakan bahan-bahan yang murah, tetapi punya kualitas yang bagus untuk membuat garasi. Peletakan garasi mobil juga berperan penting supaya tidak membutuhkan lahan yang luas.  

Yuk lihat rekomendasi ide garasi mobil rumah kecil yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk membangun garasi minimalis.

1 dari 8 halaman

Garasi Mobil Rumah Kecil dari Kayu

Garasi Mobil Rumah Kecil © Diadona

Model garasi yang terbuka dari bahan kayu seperti ini cocok digunakan di rumah yang punya gaya tropis. Pasalnya, bahan ini memiliki warna yang memberikan kesan hangat dan tidak membuat sakit mata saat melihatnya. 

Pembuatan garasi dengan bahan kayu juga relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Untuk mencegah kerusakan pada garasi kayu ini, sebaiknya perlu dilakukan perawatan yang dilakukan secara berulang dengan menggunakan pelapis kayu, cairan anti jamur dan anti rayap.

2 dari 8 halaman

Garasi Mobil Rumah Kecil dengan Panel Surya

Garasi Mobil Rumah Kecil © Diadona

Inspirasi garasi yang menggunakan atap panel surya bisa membantu kamu untuk menghemat pemakaian listrik di rumah sampai 30 persen. Proses kerja dari panel surya sendiri dilakukan dengan cara menyerap cahaya matahari di siang hari untuk mengubah energi panas matahari menjadi listrik.

Untuk malam hari, kamu dapat beralih dengan menggunakan listrik. Atap panel surya juga memiliki ketahanan yang cukup kuat dan sangat awet, sehingga  dapat digunakan hingga lebih dari 25 tahun.

3 dari 8 halaman

Garasi Mobil Rumah Kecil dari Kaca dan Besi

Garasi Mobil Rumah Kecil © Diadona

Penggunaan bahan besi sebagai bahan dasar untuk menyusun kerangka garasi yang ditambah dengan bahan kaca pada bagian kanopi atap bisa memberikan tampilan garasi di rumah menjadi lebih mewah.

Kedua bahan atap ini merupakan kombinasi yang pas untuk melindungi mobil kamu dari paparan sinar, hujan maupun badai. Berbagai jenis bahan kaca yang biasanya digunakan untuk memasang kanopi rumah di antaranya yaitu kaca tempered, kaca laminated dan gabungan dari dua kaca tersebut.

4 dari 8 halaman

Garasi Mobil Rumah Kecil dari Baja dan Seng

Garasi Mobil Rumah Kecil © Diadona

Garasi dengan bahan baja dan seng dianggap sebagai bahan yang memiliki sifat yang cukup kokoh dan awet saat digunakan. Keunggulan lain dari kedua bahan ini juga tidak mudah berkarat, anti gores dan bisa mengurangi panas di sekitar area mobil. 

Untuk perawatannya, bahan baja dan seng pun terbilang cukup mudah dan tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Kamu bisa temukan bahan garasi ini di seluruh toko bangunan.

5 dari 8 halaman

Garasi Mobil Rumah Kecil di Samping Rumah

Garasi Mobil Rumah Kecil © Diadona

Garasi dengan bentuk atap melengkung yang minimalis bisa memberikan tampilan rumah kamu menjadi indah dan terlihat leluasa. Atap garasi ini menggunakan bahan fiber yang mirip seperti plastik, tetapi memiliki ukuran yang cukup tebal dibandingkan plastik. Bahan fiber juga memiliki berat yang ringan, sehingga mudah untuk dipasang di atap garasi. 

Harga untuk bahan fiber juga relatif terjangkau. Saat turun hujan, kamu tidak akan terganggu dengan suara derasnya air hujan yang berisik jika menggunakan bahan ini untuk atap garasi.

6 dari 8 halaman

Garasi Mobil Rumah Kecil Depan Rumah

Garasi Mobil Rumah Kecil © Diadona

Ide garasi yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki kendaraan 1 motor dan 1 mobil kecil. Ukuran garasi ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga sangat cocok untuk rumah minimalis.

Selain itu, lokasi garasi ini juga akan memudahkan kamu untuk memarkirkan kendaraan dengan praktis. Dengan konsep garasi yang terbuka akan memungkinkan cahaya alami untuk masuk ke garasi.

7 dari 8 halaman

Garasi Mobil Rumah Kecil yang Unik

Garasi Mobil Rumah Kecil © Diadona

Tidak hanya dijadikan tempat untuk memarkir kendaraan saja, tetapi garasi ini bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Tidak usah repot-repot dalam membangun gudang di dalam rumah, sebab garasi yang digabungkan bersama dengan gudang ini berfungsi untuk menyimpan beberapa barang atau perabotan rumah lainnya yang diletakkan secara outdoor. Garasi mobil ini juga memiliki bentuk atap datar yang punya tampilan sederhana tetapi kekinian.

8 dari 8 halaman

Garasi Mobil Rumah Kecil dengan Penutup

Garasi Mobil Rumah Kecil © Diadona

Jika kamu merasa was-was dengan konsep garasi yang terbuka, kamu mungkin bisa gunakan konsep yang seperti ini. Garasi mobil yang dilengkapi dengan penutup yang berjenis rolling door ini bisa digunakan untuk menyimpan sekaligus mengamankan kendaraan atau perkakas rumah agar tidak dicuri oleh maling.

Rolling door pada garasi terbuat dari bahan besi yang penggunaannya dengan cara ditarik ke atas dan ke bawah. Akses rolling door juga menggunakan kunci pengaman khusus supaya lebih aman dan terlindungi. 

Itu dia ide garasi mobil rumah kecil yang nggak bikin kendaraanmu terparkir dengan sembarangan lagi. Dari beberapa gambar di atas, kamu suka tampilan garasi yang mana nih? 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar