12 Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton agar Kolam Lebih Jernih dan Indah

Reporter : Aditia
Kamis, 26 Januari 2023 13:49
12 Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton agar Kolam Lebih Jernih dan Indah
Jadikan kolammu makin sehat bagi para penghuninya yuk!

Memiliki kolam beton memang memberikan banyak manfaat, salah satunya dapat memelihara ikan dan juga tanaman perairan hias. Namun hal itu juga mendorong kamu untuk tahu cara menghilangkan lumut di kolam beton. Tak menutup mata, beton memang lebih mudah dihinggapi lumut dan kotoran yang mengganggu pemandangan.

Cara menghilangkan lumut di kolam beton rupanya bisa dilakukan dengan langkah-langkah mudah yang ternyata efektif untuk membuat tampilan kolammu jadi lebih bagus dan bersih. Kolam yang bersih akan membuat penghuni kolammu juga jadi lebih sehat. Hal ini akan membuat ikan, kura-kura, atau hewan air peliraanmu akan lebih banyak mendapatkan oksigen.

Cara menghilangkan lumut di kolam beton untuk membersihkan pemandangan yang tak sedap di mata apalagi jika kolam sudah mulai tampak kehijauan dan air berubah warna, nah ini saatnya kamu mulai mengumpulkan niat untuk segera menyelamatkan kolam kesayanganmu sebelum bakteri berkembang lebih banyak.

Penasaran kan gimana cara menghilangkan lumut di kolam beton ini yang mudah tapi efektif bikin kolam jadi seperti baru?

Berikut cara menghilangkan lumut di kolam beton dengan langkah yang mudah dan efektif.

1 dari 12 halaman

Batu Zeolit

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton © Diadona

Cara menghilangkan lumut di kolam beton yang pertama adalah dengan menggunakan batu zeolit. Batu zeolit mampu menyerap berbagai karbon aktif. Ini akan menghalangi lumut untuk semakin tumbuh atau muncul ke permukaan kolam.

Nah, kamu bisa gunakan batu jenis ini untuk menghiasi kolammu juga untuk mencegah tumbuhnya lumut.

2 dari 12 halaman

Kapur Dolomit

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton © Diadona

Kamu juga bisa menggunakan kapur untuk cara menghilangkan lumut di kolam beton. Salah satu jenis kapur yang baik untuk mengatasi lumut air adalah kapur dolomoit.

Kapur ini berguna untuk meningkatkan keasaman pada air kolam. Lumut akan sulit untuk tumbuh pada kondisi air yang bersih dan basa.

3 dari 12 halaman

Tumbuhan Air Anti Lumut

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton © Diadona

Tumbuhan juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan lumut di kolam beton. Tanaman air anti lumut yang bisa kamu coba tambahkan ke kolammu seperti eceng gondok dan teratai.

Selain mampu menghalangi lumut-lumut menumbuhi kolam betonmu. Kedua jenis tanaman ini juga bisa mempercantik kolammu, terlebih jika berbunga.

4 dari 12 halaman

Ikan Pemakan Lumut

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton © Diadona

Tahukah kamu, ada loh ikan pemakan lumut. Ikan jenis ini bisa membantumu mencegah pertumbuhan lumut. Cara menghilangkan lumut di kolam beton dengan ikan ini terbilang cukup efektif karena bisa sekalian memelihara ikan untuk menghiasi kolammu.

Ikan pembersih lumut ini mampu juga memakan alga, black molly, hingga chinese algae eater.

Ikan pemakan lumut ini biasanya jenis ikan nila, ikan koi, dan ikan mas lainnya.

Nah, tertarik untuk memelihara jenis ikan ini? Tentunya ikan-ikan ini bisa ikut dibudidayakan tapi tetap memberikan kesan estetik di kolammu.

5 dari 12 halaman

Obat Anti Lumut

Tak ingin banyak cara yang membutuhkan waktu, kamu juga bisa menggunakan obat untuk cara menghilangkan lumut di kolam beton.

Langkah ini terbilang yang paling mudah, namun kamu perlu memperhatikan dengan teliti bahan yang digunakan dalam obat yang kamu beli.

Terdapat beberapa obat anti lumut tidak cocok jika terkena ikan. Terlebih jika memberikan efek pada unsur air.

Jangan dilupakan juga, pastikan kamu tahu dosis yang tepat untuk kolammu.

6 dari 12 halaman

Berikan Atap

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton © Diadona

Sama halnya dengan daun dan tanaman lainnya, lumut membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis dan berkembang biak.

Cara menghilangkan lumut di kolam beton lainnya adalah dengan memberikan penghalang pada kolammu agar mengurangi sinar matahari menyinari langsung ke kolam.

Kamu bisa membuat atap di atas kolammu, atau bisa juga menggunakan jaring-jaring yang akan memecah sinar matahari.

7 dari 12 halaman

Bersihkan Sisa Makanan Ikan

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton © Diadona

Terkadang, sangking sayangnya dengan hewan peliharaan, kita kerap memberikan makanan secara cuma-cuma hingga over-feeding. Hal ini sebenarnya tidak berbahaya bagi ikan, namun justru membuat kualitas air menjadi buruk.

Hal ini lah yang akhirnya membuat lumut dapat terus berkembang.

Oleh karenanya, kamu harus rutin menyerok sisa-sisa makanan yang tak habis dimakan oleh ikan peliharaanmu untuk cara menghilangkan lumut di kolam beton.

Over-feeding atau terlalu banyak memberikan makan kepada ikan juga akan menimbulkan kotoran dan limbah ikan yang memperburuk kolam untuk ditumbuji banyak lumut.

8 dari 12 halaman

Filtrasi yang Baik

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton © Diadona

Memiliki kolam berarti juga harus memeperhatikan sistem filtrasinya atau sistem penyaringan.

Cara menghilangkan lumut di kolam beton dengan sistem filtrasi ini tak cuma untuk menghilangkan lumut namun juga tentunya akan membuat kolammu terlihat lebih jernih, hal ini karena filtrasi akan menyaring berbagai kotoran dan limbah ikan baik yang kasar hingga kotoran yang halus.

Kamu bisa coba gunakan karbon aktif seperti batu zeolit di atas untuk membantu filtrasi di kolammu.

 

9 dari 12 halaman

Ganti Air Secara Teratur

Mempunyai kolam berarti sudah menjadi kewajiban bagi pemiliknya untuk membersihkannya dengan rutin.

Ini juga jadi cara menghilangkan lumut di kolam beton. Menguras dan membersihkan air juga berguna untuk menghilangkan kelebihan amoniak dan zat berbahaya pada air.

Namun, membersihkan air juga tak boleh terlalu sering karena dapat merusak parameter kestabilan air dalam kolam.

Cara menghilangkan lumut di kolam beton dengan menguras air idealnya dilakukan sebanyak 2 bulan sekali. Hindari juga penggunaan detergen karena dapat memberikan efek yang buruk bahkan membunuh ikan. Gunakanlah air yang memiliki oksigen yang baik seperti air sumur yang bersih.

10 dari 12 halaman

Lampu UV

Kamu pasti pernah melihat indahnya kolam hias ikan yang diberi lampu UV di sekitar kolam. Rupanya, ini bukan hanya untuk mendukung kolam makin terlihat estetik dan tampak cantik.

Cara ini ternyata juga bisa untuk cara menghilangkan lumut di kolam beton.

Kamu bisa menggunakan lampu UV ini di ruang filter atau chamber kolammu. Pilihlah lampu UV yang submersible atau bisa dipasang di dalam air.

11 dari 12 halaman

Garam

Cara menghilangkan lumut di kolam beton selanjutnya adalah dengan menaburkan garam di kolammu.

Garam dipercaya dapat meruntuhkan lumut-lumut di dinding beton kolam bahkan yang sudah berkerak sekalipun.

Tak hanya itu, garam memberikan manfaat untuk ikan agar tak mudah sakit.

Namun, perlu diingat, jangan terlalu banyak menabur garam ke kolam. Gunakanlah secukupnya. Kelebihan garam di kolam justru akan membuat air berbusa dan salinitas yang terlalu tinggi hingga air menjadi lengket.

12 dari 12 halaman

Bakteri Starter

Cara menghilangkan lumut di kolam beton yang terakhir adalah dengan menggunakan bakteri starter.

Bakteri starter merupakan biakan mikroba yang ditumbuhkan dalam medium untuk menjaga keseimbangan ekosistem di dalam air kolam maupun aquarium.

Selain itu, bakteri starter juga mampu membuat air lebih jernih dan sehat.

 

Nah, itulah tadi 12 Cara menghilangkan lumut di kolam beton yang mudah dan efektif untuk membuat kolammu tampak lebih jernih. Tetap perhatikan ketentuan dan cara yang aman buat kolammu dan ikanmu ya!

 

Beri Komentar