7 Inspirasi Ruang Bermain Anak, Buah Hati Jadi Bebas Eksplorasi dan Berkreasi di Rumah

Reporter : Riza Umami
Selasa, 13 Februari 2024 12:00
7 Inspirasi Ruang Bermain Anak, Buah Hati Jadi Bebas Eksplorasi dan Berkreasi di Rumah
Berikut ini beberapa inspirasi ruang bermain anak yang bisa bikin buah hati makin betah di rumah.

Inspirasi ruang bermain anak merupakan lingkungan yang didesain khusus untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak secara fisik, kognitif, sosial, dan emosional.

Ruang bermain ini sering kali dilengkapi dengan berbagai macam mainan yang dirancang untuk merangsang imajinasi dan kreativitas anak-anak. Tentu gak ada salahnya menciptakan ruang bermain yang nyaman untuk buah hati di rumah.

Ruang bermain juga dapat memiliki fasilitas seperti area bermain outdoor atau indoor, perpustakaan anak, dan bahkan ruang untuk beraktivitas seni atau keterampilan lainnya, seperti melukis, bermain musik, atau merajut.

Untuk membuat ruang bermain yang menyenangkan di rumah, tentu kamu memerlukan desain ruangan yang tepat. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa inspirasi ruang bermain anak yang bisa kamu terapkan di rumah supaya anak makin bebas bereksplorasi dan berkreasi.

1 dari 7 halaman

Inspirasi Ruang Bermain Anak di Rumah

Inspirasi Ruang Bermain Anak © Diadona

Ruang bermain anak bisa didesain dengan semenarik dan senyaman mungkin supaya buah hati jadi betah berlama-lama di sana. Pilihlah mainan-mainan yang disukai oleh anak.

Untuk anak perempuan, biasanya ia suka bermain masak-masakan serta mencuci piring seperti pada gambar di atas. Selain itu, ada set meja dan kursi di sampingnya yang bisa digunakan untuk main minum teh.

2 dari 7 halaman

Inspirasi Ruang Bermain Anak di Rumah Minimalis

Inspirasi Ruang Bermain Anak © Diadona

Kamu pun bisa membuat ruang bermain yang nyaman untuk anak meski dengan lahan yang terbatas. Ruang bermain yang satu ini terlihat cozy banget apalagi ada tenda yang bisa digunakan untuk main rumah-rumahan.

Mainan-mainan anak ditata dengan rapi di rak seperti ini. Kamu pun bisa menggunakan kotak penyimpanan seperti gambar di atas supaya lebih mudah menyimpan mainan. Buku-buku anak juga bisa ditata dengan rapi di rak.

3 dari 7 halaman

Inspirasi Ruang Bermain Anak yang Nyaman

Inspirasi Ruang Bermain Anak © Diadona

Menciptakan ruang bermain yang nyaman untuk anak sebenarnya tidak didasarkan pada seberapa luas ruangan tersebut. Meski ukurannya tidak terlalu luas, bila diisi dengan permainan-permainan yang seru tentu jadi bikin anak makin betah.

Pilihlah permainan-permainan yang disukai oleh anak kamu misalnya menyiapkan papan tulis supaya ia bisa bebas coret-coret dan menggambar. Bisa pula menggunakan berbagai mainan lainnya yang disukai buah hati.

4 dari 7 halaman

Inspirasi Ruang Bermain Anak untuk Balita

Inspirasi Ruang Bermain Anak © Diadona

Menyiapkan ruang bermain untuk anak balita tentu perlu lebih hati-hati dan dalam pengawasan orang tua. Pilihlah mainan-mainan yang aman untuk anak balita sebagai contoh mandi bola.

Selain itu, anak balita biasanya suka mengeksplorasi berbagai barang yang ada di sekitarnya. Namun sebaiknya jangan gunakan mainan yang terlalu kecil karena takut dimakan dan tertelan.

5 dari 7 halaman

Inspirasi Ruang Bermain Anak yang Ceria

Inspirasi Ruang Bermain Anak © Diadona

Biasanya anak suka warna-warna yang mencolok seperti ruang bermain yang satu ini. Ruangan ini tampak ceria dengan berbagai mainan anak seperti mobil-mobilan, truk dan masih banyak lagi.

Pemasangan playmate seperti ini juga perlu digunakan supaya anak tetap aman saat bermain dan berkreasi sesuai imajinasinya. Bila sudah selesai bermain, mainan-mainan pun bisa ditata dengan rapi di rak penyimpanan.

6 dari 7 halaman

Inspirasi Ruang Bermain Anak Colorful

Inspirasi Ruang Bermain Anak © Diadona

Ruang bermain yang colorful seperti ini pasti lebih seru dan menyenangkan untuk buah hati. Anak-anak biasanya memang suka warna-warna yang mencolok seperti ini.

Selain bermain, anak juga bisa belajar warna-warna di sekitarnya. Berbagai mainan ini pun bisa melatih perkembangan fisik dan kognitif anak. Untuk anak yang masih balita, tentu perlu pengawasan ekstra.

7 dari 7 halaman

Inspirasi Ruang Bermain Anak di Area Balkon

Inspirasi Ruang Bermain Anak © Diadona

Rupanya, kamu bisa memanfaatkan area balkon di rumah jadi ruang bermain yang menyenangkan seperti ini lho. Kamu bisa memasang tenda yang bisa digunakan untuk anak bermain rumah-rumahan.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan meja belajar seperti ini yang bisa digunakan anak untuk coret-coret, menggambar atau baca buku.

Itulah beberapa inspirasi ruang bermain anak yang bisa kamu buat di rumah meski dengan lahan yang tidak terlalu luas. Pasti anak jadi makin betah di rumah karena bisa bereksplorasi dengan lebih bebas. Mana nih desain ruang bermain yang paling kamu suka?

Beri Komentar