Gak Hanya Masalah Bangun Rumah aja Moms, yuk Persiapkan Juga Perawatannya!

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 21 Agustus 2020 12:59
Gak Hanya Masalah Bangun Rumah aja Moms, yuk Persiapkan Juga Perawatannya!
Setelah bangun rumah, jangan lupa untuk memikirkan juga biaya perawatan ya Moms!

Rasa senang dan lega tentu dirasakan pada setiap orang, khusunya Moms yang baru saja berhasil membangun sebuah rumah impian. Namun, jangan keburu girang dulu ya, hehe. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk perawatannya lho.

Membangun rumah bukanlah perkara mudah karena tentu memerlukan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu, jangan karena mengejar biaya murah, Moms jadi salah memperhitungkan desain dan akhirnya memilih material yang kurang awet. Berikut ini Diadona ulas beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menekan biaya perawatan rumah.

1 dari 4 halaman

Desain Rumah

Pengeluaran paling utama pada rumah tinggal untuk jangka panjang adalah mencangkup biaya listrik, air, dan biaya perawatan bangunan yang lain.

Pada awal perancangan pembangunan, alangkah lebih baik jika Moms memikirkan perhitungan jumlah titik lampu dan ada tidaknya sistem pendingin ruang sehingga biaya bulanan bisa dihemat.

Ilustrasi Ruang Tamu © Diadona

2 dari 4 halaman

Murah yang Berkesinambungan

Alangkah lebih baik jika desain ruang mendapatkan terang dari pencahayaan alami khususnya untuk ruang yang dipakai sepanjang hari, seperti ruang keluarga dan ruang baca.

Pada area dapur dan kamar mandi sebaiknya mendapat sinar matahari langsung pada pagi atau sore hari untuk mengurangi kelembapan dan mencegah munculnya jamur.

Ilustrasi Ruang Tamu Lesehan © Diadona

3 dari 4 halaman

Kategori Ruang Khusus

Area basah sebaiknya dikumpulkan pada satu zona. Tak hanya mengurangi biaya pipa, hal ini juga akan mengurangi beban listrik untuk menarik air dari sumbernya. Limbah grey water sebisa mungkin diolah dan bisa digunakan lagi untuk menyiram tanaman.

4 dari 4 halaman

Ide Dekorasi Ruang Tamu yang Optimal © Diadona

Moms tidak perlu lagi menggunakan pendingin ruangan. Hal ini bisa diakali dengan mendesain ruangan lapang dengan banyak ruang terbuka tanpa sekat serta sistem ventilasi silang dapat mempelancar aliran udara.

Pada musim penghujan, area teritisan sebaiknya didesain dengan konsep yang cukup panjang untuk mengurangi tempias air hujan. Keberadaan tempias air yang terus menerus dapat memperpendek umur kayu hingga membuat jamur serta lumut tumbuh subur lho Moms.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk persiapan agar rumah jadi awet karena terawat dengan baik. Semoga menginspirasi.

 

 

Beri Komentar