Wajib Tau, Ini lho Empat Kesalahan saat Memasang Tirai di Rumah!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 19 Agustus 2020 09:00
Wajib Tau, Ini lho Empat Kesalahan saat Memasang Tirai di Rumah!
Sebelum memasang tirai, yuk ketahui beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan Moms!

Hampir setiap rumah di Indonesia pasti menggunakan tirai untuk fungsi perlindungan dan privasi. Namun, apakah Moms sudah tahu bahwa tirai yang dipasang sudah benar? Nyatanya, banyak sekali kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan dalam memasang tirai di rumah. Melansir dari Balkonie.com, berikut beberapa kesalahan tersebut!

1 dari 4 halaman

Kesalahan saat Menggantung Tirai

Kesalahan saat Menggantung Tirai © Diadona

Pertama, Moms bisa meghindari untuk menggantung tirai terlalu rendah sehingga hampir menyentuh lantai atau bahkan mengenai lantai. Pemasangan tirai yang benar adalah dipasang di atas frame jendela. Biasanya digantung dengan jarak 10 hingga 20 cm dari frame jendela tersebut.

Moms juga harus menghindari pemasangan tirai yang terlalu tinggi jika tirai tidak cukup panjang untuk menutupi area jendela hingga bawah. Oleh sebab itu, sebelum Moms membeli tirai dan pastikan untuk mengukurnya terlebih dahulu agar mendapatkan ukuran tirai yang sesuai dengan kebutuhan jendela rumah. Umumnya, tirai memiliki ukuran panjang kira-kira 150 cm hingga 3 meter, yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan ya Moms.

2 dari 4 halaman

Kesalahan Pada Ukuran Batang Tirai

Kesalahan Pada Ukuran Batang Tirai © Diadona

Sebelum memasang tirai, pastikan batang tirai memiliki ukuran yang sesuai dengan tirai yang akan dipasang. Pastikan bahwa batang tirai yang dimiliki sesuai dengan ukuran jendela. Hal lain yang perlu dperhatikan adalah sinar matahari tidak dapat masuk ke jendela apabila tirai tersebut ditutup.Pastiakn bahwa ukuran batang tirai dan tirainya sesuai dengan ukuran jendela. Jika jendela Moms terbilang besar, maka dapat menggunakan dua panel tirai untuk menutupinya.

3 dari 4 halaman

Kesalahan Memperhatikan Material Besi Batang Tirai

Kesalahan Memperhatikan Material Besi Batang Tirai © Diadona

Terdapat berbagai jenis bahan tirai yang dapat Moms gunakan dari yang berwarna, berpola, hingga jenis kain yang berbeda. Ada beberapa jenis kain tirai yang membuat tirai menjadi sedikit lebih berat.

Kesalahan yang biasanya dilakukan adalah pengguna tirai tidak memperhatikan antara kekuatan besi batang tirai dengan beban tirai yang digantung tersebut. Pilihlah jenis besi batang tirai yang kuat yang dapat menahan beban jenis kain apapun ya Moms.

4 dari 4 halaman

Setrika Tirai Sebelum Digunakan

Setrika Tirai Sebelum Digunakan © Diadona

Salah satu kesalahan kecil yang sering dijumpai adalahmenggunakan tirai yang tidak disetrika terlebih dahulu. Tirai yang digunakan sebelum disetrika biasanya memunculkan kesan yang berantakan. Oleh sebab itu, sebaiknya Moms mensetrika tirainya terlebih dahulu sebelum dipasang pada frame jendela ya.

Beri Komentar