Beda Sumber Udara Alami dan Buatan di Rumah, Mana yang Lebih Baik?

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 19 Agustus 2020 12:45
Beda Sumber Udara Alami dan Buatan di Rumah, Mana yang Lebih Baik?
Pilih alami atau buatan?

Udara merupakan salah satu elemen penting dalam suatu ruangan khususnya di rumah. Udara dalam rumah bisa berasal dari sumber alami yaitu angin dan buatan seperti AC.

Udara sangatlah penting karena sebagai unsur sumber kehidupan manusia, oleh sebab itu sangat perlu memikirkan kualitasnya agar penghuni rumah bisa tetap sehat dengan menghirup udara yang aman bagi kesehatan.

Umumnya, ada dua macam sumber udara di dalam rumah, selengkapnya Diadona ulas berikut ini.

1 dari 3 halaman

Sumber Udara Alami

Sumber Udara © Diadona

Pertama adalah udara yang berasal dari udara alami yaitu angin. Pergerakan angin in tentu sesuai dengan tekanan udara di suatu tempat. Kehadiran angin ini tentu akan sangat efektif untuk menggatikan udara kotor di dalam rumah dengan udara baru yang jauh lebih bersih.

Oleh sebeb itu, fungsi jendela yang merupakan salah satu desain rumah ini emmang sangat fungsional untuk hal ini, yaitu mengalirkan udara alami ke dalam rumah. Sehingga Moms harus rutin dan wajib membuka jendela rumah saat pagi hari untuk menghasilkan pergantian udara alami.

2 dari 3 halaman

Sumber Udara Buatan

Sumber Udara © Diadona

Sumber udara yang lainnya adalah berasal dari udara buatan. Yap, udara dalam rumah juga mampu dihasilkan dari udara buatan seperti Air Conditioner (AC) atau kipas angin. Tentu keduanya menghasilkan udara yang berbeda. Kipas angin cenderung hanya akan menghasilkan udara biasa, sedangkan AC akan menghasilkan udara yang disertai dengan pendingin yang akan memberikan kesan sejuk pada ruangan.

3 dari 3 halaman

Lalu, mana yang lebih baik?

Jika melihat unsur efsiensi dan manfaatnya, lebih disarankan untuk menggunakan sumber udara alami dari pada buatan. Hal ini terjadi lantaran sirkulasi udara alami  tentu ramah lingkungan serta lebih hemat biaya listrik, hemat biaya perawatan, dan bersifat natural.

 

Beri Komentar