8 Nama Perempuan dalam Lagu-Lagu Sheila on 7, Siapa Aja tuh?

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 11 Agustus 2020 19:55
8 Nama Perempuan dalam Lagu-Lagu Sheila on 7, Siapa Aja tuh?
Lagu-lagu Sheila on 7 ternyata cukup sering menyebut nama perempuan baik di judul maupun dalam lirik lagunya.

Siapa yang nggak kenal band Sheila on 7?

Sheila on 7 adalah salah satu band pop terbesar yang konsisten menciptakan karya sejak tahun 90-an hingga kini. Lagu-lagunya sanga easy listening dan personelnya tak banyak membuat sensasi sehingga rasanya sulit untuk membenci band asal Yogyakarta ini.

Penamaan band Sheila on 7 cukup unik, yakni berasal dari nama seorang siswi yang kecantikannya telah termasyhur dan sama-sama dikenal oleh para personel. Sementara kata 'on 7' sendiri menggambarkan tujuh tangga nada.

Nggak cuma nama band-nya yang berhubungan dengan perempuan. Dalam lagu-lagunya pun, setidaknya ada delapan nama perempuan yang pernah disebutkan oleh Sheila on 7. Siapa aja tuh kira-kira?

1 dari 9 halaman

Rani (Perhatikan Rani)

'Perhatikan Rani' adalah lagu yang diambil dari sudut pandang seorang adik dan diperuntukkan pada kakaknya yang bernama Rani.

Lagu ini berisi dorongan dari sang adik untuk sang kakak yang mulai beranjak dewasa dan akan segera terjun ke tahap hidup selanjutnya.

2 dari 9 halaman

Sephia

Anthem bagi kamu yang punya kekasih gelap alias selingkuhan. Lagu ini berisi ucapan perpisahan seseorang yang disampaikan pada kekasih gelapnya yang bernama Sephia.

Saking ikoniknya, Eross Chandra sang gitaris sampai membuat tulisan 'I Love My Sephia' di bagian belakang salah satu gitarnya yang sering ditunjukkan ke penonton di tengah penampilan.

3 dari 9 halaman

Niah (Jangan Beritahu Niah)

Lagu 'Jangan Beritahu Niah' mengisahkan pudarnya perasaan seseorang terhadap kekasihnya yang bernama Niah, namun ia tak tega untuk menyampaikannya langsung dan memilih tetap bersama.

Salah satu baitnya berbunyi " tolong jangan beritahu Niah bahwa kini hatiku terbawa pada seseorang di sana" . Hmm, jangan-jangan hatinya terbawa oleh Sephia nih?

4 dari 9 halaman

Khaylila (Khaylila's Song)

Salah satu lagu yang cukup sentimentil dari album 'Pejantan Tangguh'. 'Khaylila's Song' adalah lagu yang berisi pesan cinta dari Eross untuk keponakannya yang bernama Khaylila.

Lagu ini berisi harapan-harapan kepada Khaylila agar menjadi sosok yang baik dan berguna ketika dewasa kelak.

5 dari 9 halaman

Dinda (Bertahan di Sana)

'Bertahan di Sana' bisa diartikan sebagi lagu tentang pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh.

Nama Dinda muncul di bagian awal lagu tepatnya pada bait " Dinda apa kabar kau di sana?" . Selain diartikan sebagai nama orang, Dinda di sini juga bisa berarti panggilan sayang pada seorang perempuan.

6 dari 9 halaman

Disyah (Terjamah yang Lain)

Nama Disyah memang tidak muncul di dalam judul, namun muncul di dalam bait lirik lagu berjudul 'Terjamah yang Lain'.

7 dari 9 halaman

Ibu Linda

Di antara nama-nama yang identik dengan sosok perempuan muda, terselip satu sosok dewasa dalam lagu Sheila on 7 yang berjudul 'Ibu Linda'.

Lagu ini menceritakan kisah kasih tak sampai yang terhalang oleh restu orang tua. Ibu Linda adalah orang tua yang tak menyetujui hubungan anaknya dengan seseorang yang mencurahkan hatinya dalam lagu tersebut.

8 dari 9 halaman

Lia (Lia Lia Lia)

Tujuh judul sebelumnya merupaka lagu-lagu yang diciptakan oleh Eross, namun khusus untuk satu lagu ini, Duta sang vokalis menunjukkan kelihaiannya menulis lagu.

'Lia Lia Lia' diciptakan oleh Duta khusus untuk sang istri, Adelia Lontoh. Uniknya, dalam catatan lirik yang tercetak di badan album, bagian yang menyebutkan nama Lia akan dikosongi agar siapapun yang menyanyikan dapat menggantinya dengan nama orang terdekat masing-masing.

Beri Komentar