10 Desain Warung Minimalis, Cocok Untuk Inspirasi Bisnis Toko Kelontong sampai Kuliner

Reporter : Aditia
Selasa, 12 September 2023 15:06
10 Desain Warung Minimalis, Cocok Untuk Inspirasi Bisnis Toko Kelontong sampai Kuliner
Dengan tampilan desain warung minimalis yang tepat, nyaman, dan bersih, akan membuat pelanggan lebih loyal dan mudah mengingat warungmu

Dalam dunia bisnis kuliner, desain warung minimalis semakin populer digunakan sebagai tren industri makanan dan minuman. Dengan menggabungkan estetika dan kesederhanaan, memberikan fungsi warung yang efisien. Meskipun terlihat simpel, desain warung minimalis dapat memberikan daya tarik atau pengalaman yang unik dan berkesan bagi pengunjung. Hal ini menjadi salah satu trik pemasaran yang membuat pelanggan mau untuk datang dan berbelanja. 

Warung disebut sebagai istilah dari tempat usaha yang menjual barang, makanan dan minuman untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Mungkin setiap warung memang menjual barang yang sama, namun yang menjadi pembedanya adalah sentuhan desain yang dapat menjadi daya tarik visual warung tersebut. Warung minimalis ini dapat berupa kios atau toko berukuran kecil hingga warung makan yang dibentuk dengan gaya sederhana. Biasanya bertempat di pinggir jalan atau di depan rumah. Hadirnya warung, membantu untuk meningkatkan perekonomian pelaku UMKM dan memudahkan konsumen karena letaknya yang dekat dengan pemukiman warga. 

Sebelum membangun warung minimalis, penting bagi kamu untuk memperhatikan berbagai hal. Salah satunya tampilan desain warung minimalis yang harus dipertimbangkan dengan baik, karena menjadi wajah utama yang akan dilihat pembeli. Kamu juga harus melihat dari berbagai sudut pandang seperti posisi warung yang tidak mengganggu lahan penghuni lain, faktor keamanan, dan tata letak yang berada di pusat sehingga mudah dijangkau penduduk. Pastikan pertimbangan tersebut cukup dan sesuai dengan kebutuhanmu ya!

Dengan tampilan desain warung minimalis yang tepat dan nyaman, akan membuat pelanggan lebih loyal dan mudah mengingat warungmu. Mau merancang desain warung minimalis? Tentunya kamu butuh ide yang unik. Berikut ini ada 10 rekomendasi desain warung minimalis yang bisa kamu modifikasi sesuai dengan budgetmu.

 

1 dari 10 halaman

Desain Warung Minimalis Depan Rumah

Desain Warung Minimalis © Diadona

Apakah kamu berencana untuk membuka warung minimalis di rumah? Desain warung minimalis kelontong bisa menjadi ide bisnis yang dapat kamu coba. Tidak perlu mencari lahan dengan harga sewa yang mahal, cukup dengan memanfaatkan lahan rumah yang kosong sudah dapat dijadikan ladang cuanmu lho! Desain warung minimalis dengan memanfaatkan area depan rumah ini dapat dijadikan inspirasi untuk menjual berbagai ide bisnis dengan budget terjangkau. Seperti warung makan yang hanya buka pada waktu-waktu tertentu, menjual aneka sembako sebagai kebutuhan pokok sehari-hari, warung kopi. 

Pembuatan desain warung minimalis depan rumah ini perlu dipikirkan secara optimal, karena memanfaatkan lahan di area rumah sehingga bersangkutan dengan keamanan dan privasi penghuni rumah. Agar memberikan kenyamanan bagi sesama, kamu perlu membuat perencanaan yang matang.  

 

2 dari 10 halaman

Desain Warung Minimalis dengan Kontainer

Desain Warung Minimalis © Diadona

Untuk kamu yang ingin membangun konsep warung dengan tampilan yang unik, desain warung minimalis dengan kontainer menjadi jawabannya. Kini kontainer telah populer digunakan sebagai cafe, resto, booth makanan dan minuman, dan ide jualan lainnya. Untuk menghemat pengeluaran kamu tidak perlu memilih kontainer berukuran besar dengan memakai kontainer berukuran minimalis sudah dapat dijadikan booth untuk ide jualanmu! 

Kamu dapat menambahkan fasilitas tambahan berupa kursi dan meja untuk memberikan kenyamanan dan memudahkan pelanggan yang sedang menunggu daftar antrian.

 

3 dari 10 halaman

Desain Warung Minimalis Modern

Desain Warung Minimalis © Diadona

Rekomendasi selanjutnya adalah desain warung minimalis modern yang kini juga banyak dijadikan sebagai tren populer oleh para pebisnis. Desain warung modern ini banyak digunakan sebagai tempat usaha seperti warung kopi modern. Daya tarik yang ditawarkan dari warung minimalis modern ini adalah desainnya yang menarik dengan memadukan dekorasi aesthetic dan tampilannya yang bersih hingga menciptakan suasana nyaman bagi pelanggan. Selain itu, desain warung minimalis modern juga efisien dalam penggunaan ruang dengan memaksimalkan tata letak furnitur yang tepat pada ruang terbatas. Tipe warung ini cocok untuk dijadikan warung kopi kekinian, aneka dessert hingga warung makan sekaligus. 

 

4 dari 10 halaman

Desain Warung Makan Minimalis Menggunakan Gerobak

Desain Warung Minimalis © Diadona

Jika kamu ingin membuat warung dengan suasana jajan di pedagang kaki lima, kamu dapat memilih desain warung minimalis menggunakan gerobak. Meskipun terdengar sederhana, pelanggan akan merasakan sensasi jajan di pedagang kaki lima dengan tampilan estetika yang lebih menarik. Warung berupa gerobak seringkali menjual makanan yang mudah untuk diolah seperti street food. Untuk memberikan atmosfer layaknya di pinggir jalan, kamu dapat menambahkan furnitur berupa kursi dan meja panjang yang dapat memudahkan pelanggan ketika ingin makan di tempat.

5 dari 10 halaman

Desain Warung Minimalis dengan Memanfaatkan Tenda di Teras

Desain Warung Minimalis © Diadona

Desain warung minimalis dengan tenda di teras ini biasanya memanfaatkan area atau lahan kosong di depan rumah untuk dijadikan tempat nongkrong. Tenda di teras dapat memberikan keuntungan berupa perlindungan dari matahari dan hujan sehingga menjadi kombinasi yang menarik antara fungsionalitas dan nuansa estetika yang modern. Tipe warung ini biasanya memiliki konsep di ruang terbuka (outdoor), sehingga memberikan kebebasan untuk para pelanggan yang ingin merokok. Dengan beberapa keunggulan tersebut mampu menciptakan suasana warung yang nyaman dan santai bagi pelanggan. 

 

6 dari 10 halaman

Desain Warung Minimalis Sederhana dengan Tampilan Kaca

Desain Warung Minimalis © Diadona

Desain warung minimalis dengan tampilan kaca menjadi salah satu konsep yang menarik untuk berbagai jenis usaha seperti toko kue, toko roti, street food. Penggunaan kaca sebagai elemen utama memungkinkan pelanggan untuk melihat produk yang ditawarkan dan menciptakan suasana terbuka. Sehingga orang yang sedang berlalu-lalang dapat melihat barang jualanmu secara langsung. 

Warung yang memakai tampilan kaca ini cocok untuk dibangun di pinggir jalan. Namun, perlu dipastikan jika desain warung minimalis dengan display kaca dapat disesuaikan dengan tata letak warungmu.

 

7 dari 10 halaman

Desain Warung Minimalis Take Away

Desain Warung Minimalis © Diadona

Desain warung minimalis berkonsep take away ini menjadi konsep warung yang efisien dan sederhana yang fokus utamanya berada pada layanan pengambilan pesanan secara langsung. Tujuan dari desain warung minimalis dengan konsep take away adalah memberikan pengalaman yang cepat dan nyaman bagi pelanggan ketika mereka ingin memesan makanan atau minuman untuk dibawa pulang. 

Sediakan daerah khusus untuk pelanggan memesan makanan dan minuman. Gunakan papan menu yang jelas dan mudah dibaca atau menggunakan sistem pemesanan online sebagai cara yang efisien untuk memudahkan pelanggan dalam memilih menu. 

 

8 dari 10 halaman

Desain Warung Minimalis dengan Mini Bar

Desain Warung Minimalis © Diadona

Ingin merasakan sensasi berjualan agar terasa lebih akrab dengan pelanggan? Kamu dapat mencoba menggunakan desain warung minimalis dengan mini bar. Model desain warung minimalis ini akan menciptakan suasana nyaman bagi pelanggan yang ingin menikmati minuman atau makanan ringan sambil sediakan tempat duduk santai di bar. Kamu dapat menambahkan meja yang panjang dan kursi di depan kasir yang mampu menampung beberapa pelanggan. 

Mini bar membuat komunikasi antara penjual dengan pembeli semakin intens. Dengan trik ini pelanggan akan lebih betah dan ingin  kembali ke warung minimalis sederhana.

 

9 dari 10 halaman

Desain Warung Minimalis Sederhana Berbahan Kayu

Desain Warung Minimalis © Diadona

Pilihan cocok untuk kamu yang menyukai desain warung minimalis berbahan kayu. Material utama dari kayu dapat menciptakan suasana warung yang hangat dan alami. Karena kayu memberikan tampilan yang mampu menambah sentuhan keaslian ke dalam desain interior. 

Material utama yang digunakan pada desain warung minimalis berbahan kayu ini menggunakan jenis kayu ek atau kayu jati. Kedua jenis kayu ini memberi daya tahan yang lebih bertahan lama, awet dan menawarkan keindahannya yang bernuansa klasik.

 

10 dari 10 halaman

Desain Warung Makan Minimalis

Desain Warung Minimalis © Diadona

Kamu memiliki hobi memasak dan ingin menyalurkannya menjadi cuan? Rekomendasi desain warung makan minimalis dapat menjadi alternatif solusinya!. Desain warung makan minimalis menawarkan kepraktisan dan fungsional. Kamu dapat menambahkan furniture berupa meja kayu dengan desain minimalis dan kursi yang disusun secara rapi untuk memastikan kenyamanan pada pelanggan. 

Beberapa aksen dekoratif seperti lukisan dinding dan tanaman bisa memberikan sentuhan estetika pada desain warung minimalis milikmu. Pastikan juga untuk memberikan tampilan menu yang jelas dan perbarui secara berkala jika terdapat perubahan atau penawaran baru. 

Nah, itulah beberapa inspirasi desain warung minimalis yang menarik dan bisa kamu tiru untuk menjadi ladang pemasukan. Meskipun memiliki keterbatasan pada lahan ruang, kamu tetap bisa membangun warung minimalis dengan memanfaatkan area kosong di teras rumah. So, tunggu apalagi? Yuk tentukan desain warung minimalis yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar