10 Pegangan Tangga Minimalis yang Kokoh dan Kuat, Aman Melindungi Saat Naik Turun

Reporter : Aditia
Senin, 11 September 2023 12:54
10 Pegangan Tangga Minimalis yang Kokoh dan Kuat, Aman Melindungi Saat Naik Turun
Pegangan tangga minimalis dapat disesuaikan dengan berbagai gaya desain interior, termasuk gaya modern, kontemporer, industri, dan lainnya

Pegangan tangga minimalis menjadi incaran banyak pemilik rumah yang menginginkan tampilan simpel pada interior rumah. pegangan tangga atau yang biasa kita sebut dengan railing merupakan elemen penting yang kadang sering terlewatkan. selain sebagai penunjang keamanan, tetapi juga dapat menjadi representasi karakter rumah kamu.

Dalam desain interior yang minimalis dan modern, pegangan tangga minimalis semakin populer karena mengkombinasikan antara fungsi dan estetika yang elegan. selain berguna untuk menjaga penghuni rumah tetap aman dan nyaman, tetapi juga desain tangga yang tepat dapat mempengaruhi keseluruhan tampilan ruangan kamu. 

Pegangan tangga minimalis dapat disesuaikan dengan berbagai gaya desain interior, termasuk gaya modern, kontemporer, industri, dan lainnya. Material yang digunakan juga bermacam-macam tergantung preferensi kebutuhan rumah minimalis kamu mulai dari stainless steel, kaca, kayu, atau besi tempa. Setiap material memiliki keunikan tersendiri jika aplikasikan menjadi railing tangga.

Dalam artikel ini, Diadona akan memberikan 10 rekomendasi pegangan tangga minimalis yang pas untuk rumahmu. Yuk! simak penjelasannya.

 

1 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Stainless Steel

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Pegangan tangga minimalis yang terbuat dari stainless steel adalah jenis pegangan tangga yang terbuat dari baja tahan karat atau stainless steel. material ini sangat populer dalam desain interior rumah karena keunggulan estetika dan kekuatan fungsionalnya. Railing dengan bahan ini sangat tahan terhadap perubahan cuaca, kelembaban, atau paparan air. Salah satu keunggulan utama pegangan tangga stainless steel adalah tampilannya yang bersih, elegan, dan minimalis sehingga cocok dengan berbagai gaya desain interior. 

 

2 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Kaca

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Pegangan tangga minimalis kaca adalah jenis pegangan tangga yang terbuat dari material kaca atau memiliki unsur kaca yang signifikan dalam desainnya. Desain ini menjadi pilihan yang populer dalam desain interior modern dan minimalis karena memberikan tampilan yang transparan, ringan, dan elegan. 

Kaca yang digunakan sebagai railing memiliki perlindungan tambahan seperti lapisan anti pecah atau laminasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pegangan tangga minimalis kaca sering dikombinasikan dengan bahan lain seperti stainless steel, alumunium, atau kayu untuk menciptakan tampilan yang unik.

 

 

3 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Kayu

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Model selanjutnya adalah pegangan tangga minimalis dengan bahan kayu. Kayu merupakan bahan alami yang sering digunakan dalam desain interior karena memberikan tampilan yang hangat, alami, dan estetik. Kayu memiliki salah satu kelebihan yaitu mudah diubah bentuknya. Sehingga kamu bisa kustomisasi bentuk railing tangga sesuai dengan kebutuhan desainmu. Untuk menjaga kualitas kayu yang kamu gunakan, hindarilah kelembaban yang berlebihan dan aplikasikan pernis agar lebih awet. 

 

4 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Bertumpuk

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Tidak kalah cantik dengan railing kayu, pegangan tangga minimalis bertumpuk memiliki keunikannya sendiri. Jenis pegangan tangga ini dirancang dengan menggunakan lapisan atau tumpukan baluster yang saling bersilangan atau bertumpuk satu sama lain. baluster-baluster ini dapat terbuat dari berbagai material, seperti logam, kayu, atau bahkan kaca. Railing bertumpuk adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang mencari interior modern untuk rumah kecil minimalis. Jangan lupa untuk mempertimbangkan keamanan.

 

5 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Dinding

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Pegangan tangga minimalis menempel pada dinding adalah pegangan tangga yang dipasang langsung pada dinding atau struktur vertikal. Jenis railing ini dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan ruang dan menciptakan tampilan yang bersih dan minimalis. Agar tampilan menjadi lebih unik dan tidak terlalu simpel, kamu bisa menambahkan pegangan vertikal pada setiap tangga demi keamanan bersama. Railing jenis ini mungkin kurang cocok digunakan jika kamu memiliki anggota keluarga yang masih balita karena dapat berbahaya.

6 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Pelana

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Pegangan tangga minimalis pelana, juga dikenal sebagai " pegangan tangga pelana," adalah jenis pegangan tangga yang memiliki desain ergonomis yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan dukungan yang optimal saat digunakan. Pegangan ini memiliki bentuk yang lebih lebar dan datar, mirip dengan bentuk pelana, sehingga pengguna dapat meletakkan tangan mereka dengan nyaman di atasnya. Penggunaan pegangan tangga pelana dapat meningkatkan keselamatan saat naik dan turun tangga karena memberikan pegangan yang stabil. 

 

 

7 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Berwarna Kontras

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Warna kontras pada pegangan tangga minimalis dirancang untuk menonjolkan warna yang berlawanan dengan warna dinding atau elemen lainnya. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk menciptakan titik fokus visual dalam ruangan dan memberikan tampilan yang dramatis dan berani. Warna-warna yang sering digunakan seperti merah, kuning, biru, atau hijau. Selain warna, railing tangga ini menggunakan material yang berbeda misalnya, tangga kayu sedangkan railing terbuat dari besi/logam. 

 

8 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Alumunium

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Sama dengan bahan stainless steel, pegangan tangga minimalis bahan alumunium sering dijadikan pilihan oleh para pemilik rumah karena banyak alasan. Salah satu keunggulan utama alumunium adalah berat ringannya sehingga memudahkan pemasangan menjadi lebih mudah. selain itu bahan ini memiliki ketahanan yang cukup lama karena tahan terhadap korosi dan karat sehingga tidak akan berubah warna seiring waktu. Tenang saja, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mewujudkan railing impianmu dengan bahan alumunium. 

 

9 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Besi Tempa

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Pegangan tangga minimalis dari besi tempa seringkai memiliki desain yang sangat artistik yang mampu menciptakan suasana klasik. Besi tempa adalah material yang terbuat dari besi yang diberi bentuk dan diolah dnegan panas. Kamu tidak perlu khawatir karena besi memiliki kekuatan yang super sehingga standar keamanan yang ditawarkan cukup tinggi. Sebanding dengan keunggulan yang dimiliki, pegangan tangga besi tempa dapat merogoh kocek yang cukup dalam dibandingkan dengan beberapa jenis material lainnya terutama jika desainnya rumit.

10 dari 10 halaman

Pegangan Tangga Minimalis Monokromatik

Pegangan Tangga Minimalis © Diadona

Pegangan tangga monokromatik didasarkan pada satu warna dasar yang dominan seperti putih, abu-abu, dan hitam. Dalam konteks pegangan tangga, ini berarti bahwa pegangan tangga, baluster, dan elemen-elemen lainnya yang terkait dengan tangga semuanya memiliki warna dasar yang sama atau sangat mirip, dengan perbedaan dalam hal nilai, intensitas, atau nuansa. Meskipun hanya menggunakan satu warna dasar saja namun dapat menciptakan fokus visual yang kuat. kamu dapat membuat orang lain gagal fokus melihat railing tanggamu. Gaya ini sangat cocok digunakan pada rumah bergaya modern dan kontemporer. 

Nah, Diazen! kamu sudah gak perlu susah-susah cari inspirasi pegangan tangga minimalis lagi. Rekomendasi diatas bisa membuat rumahmu jadi makin kece.

 

Editor: Tiara Martha

 

 

Beri Komentar