9 Desain Teras Rumah Ala Cafe yang Estetik dan Adem untuk Nongkrong Santai

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 28 Desember 2023 16:08
9 Desain Teras Rumah Ala Cafe yang Estetik dan Adem untuk Nongkrong Santai
Gak perlu ke luar rumah, kamu juga bisa membangun desain teras rumah ala Cafe sendiri lho!

Desain teras rumah ala cafe menghadirkan keunikan dan kenyamanan yang akan membawa suasana santai serta hangat ke dalam lingkungan rumah. Dengan menerapkan elemen layaknya suasana cafe, desain ini akan menciptakan ruang outdoor yang estetis. Dengan sentuhan furnitur yang nyaman, pencahayaan yang hangat dan tambahan sentuhan alami maka teras rumah akan menjadi tempat yang ideal untuk berkumpul bersama keluarga tercinta atau kerabat terdekat. 

Desain teras rumah ala cafe merupakan sebuah ruang terbuka yang dirancang dan didesain menyerupai bentuk cafe. Teras tersebut akan memberikan suasana atau atmosfer yang nyaman, hangat dan cocok untuk dijadikan sebagai area bersantai setelah melakukan aktivitas seharian. Kamu dapat memilih furnitur outdoor yang nyaman dan tahan terhadap berbagai cuaca di luar lingkungan. Tambahkan furnitur berupa sofa dan meja kayu dengan desain yang unik untuk menambahkan karakter ala cafe.

Sebelum mendesain teras rumah ala cafe, pastikan untuk menyesuaikan dengan gaya arsitektur rumah atau kebutuhan ruang teras. Komponen terpenting dalam mendesain ruang teras tersebut adalah mampu menciptakan suasana yang ramah dan nyaman sehingga dapat menjadi tempat yang menyenangkan sebagai area bersantai atau berkumpul dengan keluarga. Kamu tertarik untuk menerapkan desain teras rumah ala cafe pada hunianmu? Yuk simak beberapa inspirasinya di bawah ini!

 

1 dari 8 halaman

Desain Teras Rumah Ala Cafe Bergaya Bohemian

Desain Teras Rumah Ala Cafe © Diadona

Desain teras rumah ala cafe bergaya bohemian menekankan unsur warna kalem dengan ornamen artistik. Gunakan palet warna yang cerah seperti putih, merah bata yang dikombinasikan dengan warna netral seperti putih dan krem agar menciptakan kombinasi yang kontras.

Pilih furnitur yang memiliki desain unik seperti sofa berbentuk vintage atau kursi anyaman. Gunakan cat dinding dengan warna putih netral yang dapat dipadukan dengan berbagai aksesoris pendukung dekorasi bohemian.

 

2 dari 8 halaman

Desain Teras Rumah Ala Cafe dengan Sentuhan Hijau

Desain Teras Rumah Ala Cafe © Diadona

Jika kamu ingin menghadirkan unsur hijau pada hunianmu, maka cobalah untuk menerapkan desain teras ala cafe dengan sentuhan hijau yang menawan. Desain teras rumah tersebut akan menghadirkan suasana yang sejuk, segar dan alami. Pilih tanaman dalam pot yang tahan terhadap berbagai cuaca di luar lingkungan.

Kamu dapat menggunakan dinding tanaman vertikal menggunakan rak atau pot gantung untuk menciptakan tampilan yang lebih terorganisir. Gunakan rumput sintetis sebagai alas teras rumah untuk mendukung nuansa alam yang hijau. 

 

3 dari 8 halaman

Desain Teras Rumah Ala Cafe Bergaya Vintage

Desain Teras Rumah Ala Cafe © Diadona

Desain teras rumah ala cafe bergaya vintage akan menghadirkan nuansa nostalgia dengan sentuhan elemen vintage atau retro. Pilih kursi dan meja dengan desain retro seperti kursi anyaman.

Gunakan palet warna yang cerah untuk mendukung nuansa retro seperti palet warna biru, oranye, hijau tosca dan lainnya. Hiasi area teras dengan aksesoris vintage seperti radio tua atau kotak barang antik. Tambahkan elemen hijau dengan pot berwarna klasik untuk mendukung kesan retro yang unik. 

 

4 dari 8 halaman

Desain Teras Rumah Ala Cafe untuk Area Balkon

Desain Teras Rumah Ala Cafe © Diadona

Mendesain teras rumah ala cafe untuk area balkon membutuhkan perhatian khusus karena diterapkan pada ruang terbatas. Pilih furnitur yang ringkas untuk mengoptimalkan ruang balkon seperti meja dengan dengan leter L yang telah dilengkapi dengan pencahayaan LED.

Pasang pergola kecil yang sesuai dengan ukuran balkon untuk memberikan kesan teduh dengan sentuhan yang estetis. Tambahkan tanaman hias gantung di railing balkon untuk dijadikan sebagai elemen dekoratif tambahan.

 

5 dari 8 halaman

Desain Teras Rumah Ala Cafe Berukuran Minimalis

Desain Teras Rumah Ala Cafe © Diadona

Jika kamu memiliki teras dengan lahan terbatas, tak perlu khawatir karena desain teras rumah ala cafe dapat menjadi pilihan yang menarik. Pilih furnitur yang bersifat multifungsi seperti bangku memanjang untuk mengoptimalkan ruang, sehingga tidak membutuhkan kursi tambahan lagi.

Pilih palet warna yang cerah seperti putih untuk memberikan tampilan yang lebih lapang dan bersih. Manfaatkan area dinding sebagai vertical garden dengan menambahkan tanaman hias atau pot gantung.

 

6 dari 8 halaman

Desain Teras Rumah Ala Cafe Bergaya Industrial

Desain Teras Rumah Ala Cafe © Diadona

Desain teras rumah ala cafe bergaya industrial menghadirkan sentuhan khas dari material logam, beton dan unsur kasar lainnya. Desain teras rumah ini akan menciptakan nuansa ala nongkrong di cafe sungguhan. Pilih furnitur dengan rangka logam seperti kursi atau bangku berdesain industrial sederhana.

Pertimbangkan untuk membiarkan dinding ekspos beton yang terlihat untuk memperkuat sentuhan khas industrial. Gunakan pencahayaan berupa lampu gantung dengan desain industri seperti material logam yang dapat memberikan nuansa hangat di malam hari.

 

7 dari 8 halaman

Desain Teras Rumah Ala Cafe Dilengkapi Atap Pergola

Desain Teras Rumah Ala Cafe © Diadona

Desain teras rumah ala cafe yang dilengkapi dengan atap pergola akan menciptakan ruang outdoor yang nyaman dan estetis untuk berkumpul. Atao pergola memberikan sentuhan arsitektur yang menarik sambil memberikan teduh dan perlindungan dari sinar matahari.

Pilih atap pergola yang transparan untuk membiarkan cahaya matahari masuk agar dapat mengurangi penggunaan listrik di siang atau pagi hari. Tambahkan furnitur outdoor seperti kursi kayu, bangku leter L yang dilengkapi dengan meja.

 

8 dari 8 halaman

Desain Teras Rumah Ala Cafe di Halaman Belakang

Desain Teras Rumah Ala Cafe © Diadona

Desain teras rumah ala cafe yang terakhir adalah bernuansa putih, dapat menciptakan tampilan yang bersih, elegan dan menyenangkan untuk berkumpul atau bersantai bersama keluarga. Gunakan palet warna yang cerah seperti putih pada area dinding, tempat duduk hingga roster pagar rumah.

Hiasi area teras dengan bantal berwarna netral untuk memberikan kenyamanan saat berkumpul bersama. Kamu dapat memilih batu kerikil sebagai alas teras untuk memberikan sentuhan alam yang tahan lama. 

Itulah sejumlah desain teras rumah ala cafe yang dapat kamu terapkan untuk mempercantik halaman depan rumah. Dari sejumlah inspirasi di atas, kira-kira mana yang sesuai dengan selera atau gaya dekorasi rumahmu? Yuk segera tentukan pilihanmu!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar