13 Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit, Cocok untuk Investasi Masa Depan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 26 Januari 2024 15:24
13 Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit, Cocok untuk Investasi Masa Depan
Rumah kost 2 lantai di lahan sempit umumnya memprioritaskan efisiensi dan optimalisasi ruang untuk menghasilkan keuntungan ekonomi yang besar. Tapi, jangan lupa aspek desainnya ya!

Saat ini, bisnis kamar kos masih menjadi salah satu jenis investasi yang menarik. Pengusaha saling bersaing untuk memberikan fasilitas terbaik, harga murah, kenyamanan, hingga desain rumah kost yang indah walau berada di lahan sempit. Biasanya, rumah kos dibuat bertingkat Untuk memaksimalkan ruang di area yang terbatas, mulai dari 2 hingga 5 lantai.

Nah, artikel ini akan khusus membahas tentang inspirasi desain rumah kost 2 lantai yang dibangun di lahan sempit. Rumah kost 2 lantai ini cocok untuk mereka yang ingin membangun rumah kost namun dengan biaya terbatas atau berkonsep premium karena memprioritaskan kenyamanan penghuni. Tapi selain desain, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah kost 2 lantai berikut ini :

Lokasi yang Strategis

Salah satu pertimbangan penghuni memilih kos adalah lokasi properti. Maka dalam membangun rumah kost, perhatikan lokasi di sekitar area. Pertimbangkan juga lingkungan di sekitar rumah kost.

Pemahaman Pasar

Jangan lupa lakukan riset pasar untuk memahami permintaan dan kebutuhan sewa di wilayah tersebut. Kenali target pasar, apakah itu mahasiswa, pekerja, atau keluarga, dan sesuaikan desain dan fasilitas rumah kos dengan kebutuhan mereka.

Desain yang Efisien dan Fungsional

Desain rumah kos lantai 2 di lahan sempit sebaiknya memperhatikan efisiensi ruang dan fungsionalitas. Bangun kamar dengan luas yang cukup nyaman bagi penghuni, namun cukup menguntungkan bagi pemilik bisnis. 

Keamanan dan Kenyamanan

Pertimbangkan juga aspek kenyamanan, seperti pencahayaan yang baik, ventilasi yang cukup, dan lingkungan yang bersih. Pastikan juga rumah kost memiliki sistem keamanan yang memadai, misalnya pagar hingga CCTV.

Fasilitas Umum dan Parkir

Sediakan fasilitas umum seperti ruang tamu, ruang komunal, atau dapur bersama untuk menarik penyewa. Yang tak kalah penting, pastikan ada tempat parkir yang memadai dan aman, terutama jika lokasi berada di area perkotaan.

Perawatan dan Pemeliharaan

Pertimbangkan rencana perawatan dan pemeliharaan bangunan. Rumah kos yang terawat baik akan meningkatkan nilai properti dan menarik penyewa potensial.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu dapat membangun rumah kos yang tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga memberikan tempat tinggal yang nyaman bagi penyewa.

Selanjutnya yuk kepoin desain rumah kost 2 lantai di lahan sempit yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini : 

1 dari 9 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit

Salah satu pertimbangan desain rumah kost 2 lantai bagi para penyewa adalah adanya ruang terbuka dan pencahayan alami yang bisa mengjangkau ke dalam kamar. Cahaya alami dan sirkulasi udara yang cukup seperti pada desain berikut ini selain bikin sehat penghuninya, juga nggak bikin dinding jadi lembab.

Maksimalkan lahan sempit dengan membangun kost secara efisien. Bagian tangga bisa diletakkan di bagian luar bangunan. 

Desain Rumah Kost 2 Lantai Minimalis Modern di Lahan Sempit © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai Minimalis Modern di Lahan Sempit

Sekilas, dengan rumah kost 2 lantai di lahan sempit berikut ini tak nampak seperti bangunan kos-kosan, melainkan rumah biasa. Nah, desain ini bisa kamu aplikasikan bila membangun tak banyak kamar. Walau demikian, pastikan seluruh ruangan berfusngi efisien dan optimal, ya!

2 dari 9 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Berdesain Minimalis © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Berdesain Minimalis

Desain rumah kost 2 antai berikut ini bisa dibangun di lahan sempit berbentuk kotak. Untuk memaksimalkan area yang terbatas, dan agar setiap kamar mendapatkan cahaya alami dan sirkulasi yang cukup, bangun dengan konsep di mana ruangan saling membelakangi satu sama lain.

Sayangnya, kekurangan dari desain ini adalah kesulitan memarkirkan kendaraan penghuni.

3 dari 9 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Bertema Industrial © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Bertema Industrial

Tema bangunan industril memang lagi digandrungi, tak terkecuali untuk desain rumah kost 2 lantai di lahan sempit. Konsep industril nampak pada dinding yang dibiarkan terbuka tanpa  finishing yang menyelubungi. Eksposur material akan ngasih nuansa kasar dan autentik yang menjadi ciri khas desain industrial.

4 dari 9 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Premium © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Premium

Dilihat sekilas sudah nampak betapa cantik dan elegannya desain rumah kost 2 lantai di lahan sempit ini, bukan? Kamar dibangun dalam bangunan letter U dan saling menghadap. Rumah dibangun dengan atap miring berikut ini tentu bukan hanya untuk menonjolkan faktor estetik, malainkan memiliki keuntungan pada bangunan.

Atap miring  berikut mampu menahan dan mengurangi hawa panas masuk ke dalam rumah, jadi suhu ruangan tetap sejuk.  Bentuknya yang miring juga memungkinkan air hujan untuk langsung jatuh ke bawah tanah serta mengalir dengan cepat dan mudah.

5 dari 9 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Letter L © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Letter L

Tak masalah bila lahan berbentuk sempit memanjang, sebab kamu bisa mengaplikasikan desain rumah kost 2 lantai berikut. Bentuk L memungkinkanseluruh kamar mendapatkan cukup sinar matahari dan sirkulasi udara. Nggak hanya itu, bagian tengahnay juga bisa digunakan untuk lahan parkir atau ruang berkumpul para penghuni.

6 dari 9 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit di Ujung Gang © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit di Ujung Gang

Nampak sederhana dan ceria walau di ujung gang, desain rumah kost 2 lantai di lahan sempit berikut ini ternyata justru menguntungkan lho!

Kost berikut ini punya privasi yang lebih terjaga dan keamanan yang lebih tinggi karena tak banyak orang lalu-lalang. Selanjutnya bagian depan kost bisa digunakan sebagai tempat parkir yang aman.

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Memanjang © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Memanjang

Bangunannya memang sederhana, namun dengan pemilihan cat dan elemen yang tepat, akan menampilan desain rumah kost 2 lantai yang cantik dan elegan. Cat bagian luar rumah yang catchy bisa menjadi ciri khas bangunan sehingga mudah dikenali di lingkungan sekitar.

Nah, cocok banget untuk penghuni yang suka order makanan nih!

" Antar ke bangunan kost warna biru ya!"

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit © Diadona

Pada desain rumah kost lantai 2, tangga bisa ditempatkan di bagian paling ujung bangunan. Di area tersebut bisa juga diletakkan dapur bersama, ruang komunal dan lainnya dengan sebab pas banget karena punya sirkulasi udara dan cahaya alami yang baik.

7 dari 9 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Letter V © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Letter V

Perencanaan yang tepat bisa mengatasi bentuk lahan sempit yang unik,misalnya pada area berbentuk V seperti pada gambar di atas. Bagian tengah bangunan bisa digunakan sebagai tempat parkir kendaraan penghuni, sementara bagian sudut bangunan adalah area tangga untuk naik ke lantai 2.

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Letter U

Banyak banget pemilik bisnis yang mengadopsi konsep desain kos 2 lantai berbentuk letter U untuk menyiasai lahan yang sempit. Dengan desain penataan yang tepat, bukan nggak mungkin seluruh kamar mendapat cahaya matahari dan udara luar yang cukup. Bagian tengah bisa dimanfaatkan untuk tempat parkir atau ruang berkumpul.

8 dari 9 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Minimalis © Diadona

Desain Rumah Kost 2 Lantai di Lahan Sempit Minimalis

Nggak hanya memperhatikan aspek desain eksterior rumah kost 2 lantai di lahan sempit, namun interior juga akan sangat berpengaruh pada kenyamana dan fungsionalitas ruangan.

Pilih furnitur yang fungsional dan minimalis untuk menghemat ruang. Sediakan fasilitas dasar seperti lemari, meja, dan tempat tidur yang dirancang agar efisien dan sesuai dengan ukuran ruangan.

9 dari 9 halaman

Ruang Bersama di Rumah Kost Lantai 2 Lahan Sempit © Diadona

Ruang Bersama di Rumah Kost Lantai 2 Lahan Sempit

Walaupun memiliki area yang terbatas, tapi sediakan juga ruang bersama tempat para penguni dapat berkumpul atau menerima tamu, seperti pada desain rumah kost lantai 2 di lahan sempit berikut ini.

Ruang bersama ini akan menjadi nilai lebih bagi propertimu. Tempatkan di area yang letaknya strategis, namun tidak bisa dimanfaatkan sebagai ruang kamar.

Untuk mendatkan desain kost lantai 2 di lahan sempit yang paling sesuai dengan selear dan kantong kamu, jangan ragu untuk mencari lebih banyak informasi dan berkonsultasi dengan ahli.

Beri Komentar